Gubernur Erzaldi Ajak Tingkatkan Produksi Lada Dengan Ikuti Petunjuk Penyuluh Lapangan


Gubernur Erzaldi Ajak Tingkatkan Produksi Lada Dengan Ikuti Petunjuk Penyuluh Lapangan

KELAPA - Pemprov. Kepulauan Babel terus melakukan pengembangan tanaman lada sebagai sektor unggulan di bidang pertanian, untuk peningkatan ekonomi masyarakat di masa mendatang. 

Untuk mendorong sektor ini agar dapat berkembang sesuai yang diinginkan, Pemprov. Babel memberikan bantuan bibit lada ke setiap kabupaten yang ada sehingga produksi lada ke depan meningkat.

Hari ini, Gubernur Erzaldi Rosman kembali memberikan bantuan bibit lada untuk tiga desa yaitu Desa Rukam, Desa Mancung, dan Desa Bulin Kabupaten Bangka Barat yang berlangsung di Kantor Desa Bulin, Kamis, (25/6/20).

Gubernur Erzaldi dalam arahannya mengajak para petani lada agar menggunakan pupuk organik, supaya unsur hara pada tanah tetap terjaga dengan baik, lada pertumbuhan sehat terhindar dari serangan hama dan penyakit sehingga secara otomatis dapat meningkatkan produksi lada. 

"Kalau produksi lada meningkat, secara otomatis pendapatan petani meningkat, karena dengan cara seperti ini kita meningkatkan harga lada melalui peningkatan produksi. Sebab, harga lada ini kita tidak bisa mengaturnya sekalipun presiden, karena harga lada ditentukan oleh pasar dunia. Oleh karena itu, kami memberikan bibit gratis beserta pupuk organik. Ini kami lakukan semata-mata meningkatkan pendapatan petani," ungkapnya.

Untuk itu Gubernur Erzaldi Rosman menyarankan kepada petani agar menanam lada yang benar mengikuti Petunjuk Penyuluh Lapangan (PPL), supaya bibit lada ini dapat tumbuh sesuai yang diinginkan. 

Di kesempatan yang sama Gubernur Erzaldi mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan Covid -19, supaya masyarakat terhindar dari virus yang mematikan tersebut.

"Corona ini jangan dianggap sepele, kita tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19 supaya tidak tertular virus yang sangat berbahaya ini, tetap pakai masker, cuci tangan, jaga jarak," ujarnya. 

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel, Juaidi menuturkan, yang mendapatkan bantuan bibit lada hari ini untuk beberapa kelompok tani diantaranya Kelompok Tani Bina Karya Desa Rukam sebanyak 16.000 batang bibit lada beserta pupuk organik, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Rukam Berjaya sebanyak 16.000 batang, Kelompok Tani Sepakat Bersama Desa Bulin sebanyak 7.000 batang, Kelompok Tani Wira Usaha Desa Rukam sebanyak 6.750 batang, dan Gapoktan Sinar Melang Desa Mancung sebanyak 17.600 batang bibit lada, beserta pupuk organik, dan trichoderma. 
 
Salah seorang petani penerima bantuan bibit Muhajir mengucapkan terima kasih kepada Pemprov. Babel atas bantuan bibit dan pupuk organik gratis yang dinilai membantu petani dalam bercocok tanam lada. 

"Menurut saya Pak Erzaldi sangat memahami petani, terbukti dengan bantuan bibit, ini gratis lagi, kami sangat senang," ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Gubernur Erzaldi Rosman, beberapa orang anggota DPRD Bangka Barat, Kepala Dinas Pertanian Juaidi, camat, kades, dan ketua kelompok tani serta para petani lada yang menerima bantuan bibit lada.(Kominfobabel/rb)




Banner

Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Pilkada 2020, Polres Bangka Barat Terjunkan Kekuatan Penuh
Pilkada 2020, Polres Bangka Barat Terjunkan Kekuatan Penuh
Jum'at, 10 Juli 2020 20:25 WIB
MUNTOK -- Polres Bangka Barat menerjunkan 2/3 kekuatan yang ada untuk mengamankan jalannya Pilkada serentak di Kabupaten Bangka Barat.
NasDem Bangka Barat Sowan ke Tiga Partai Sekaligus
NasDem Bangka Barat Sowan ke Tiga Partai Sekaligus
Rabu, 08 Juli 2020 20:09 WIB
MUNTOK -- Jelang pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Bangka Barat, jajaran pengurus partai NasDem Bangka Barat menemui para pengurus
Papan Plang Larangan DLH Tak di Gubris
Papan Plang Larangan DLH Tak di Gubris
Rabu, 08 Juli 2020 19:55 WIB
MUNTOK -- Keberadaan investasi tambak udang yang ada di Desa Rambat Kecamatan Simpang Teritip, memicu berbagai persoalan, mulai dari hukum,
Kejari Babar Surati APIP Terkait Laporan Masyarakat Proyek Pemkab
Kejari Babar Surati APIP Terkait Laporan Masyarakat Proyek Pemkab
Senin, 06 Juli 2020 21:18 WIB
MUNTOK - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bangka Barat (Babar) menyerahkan beberapa laporan masyarakat kepada Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).