Warga Enam Desa Minta Blok B 10 Perkebunan Kelapa Sawit PT Sawindo Kencana Dibebaskan Untuk Tambang Rakyat


Warga Enam Desa Minta Blok B 10 Perkebunan Kelapa Sawit PT Sawindo Kencana Dibebaskan Untuk Tambang Rakyat

MUNTOK - Masyarakat dari enam desa di Kecamatan Tempilang meminta PT Timah, Tbk untuk mengeluarkan izin pertambangan yang dilakukan oleh rakyat berlokasi di dalam areal perkebunan kelapa sawit milik PT Sawindo Kencana.


"Blok B 10 yang sekarang kebunnya milik PT Sawindo adalah IUP PT Timah, masak boleh IUP dan HGU nya tumpang tindih. Dan B10 ini adalah lahan eks tambang, jadi kita minta dikeluarkan untuk ditambang dengan cara pertambangan rakyat, "ungkap Toni salah satu perwakilan dari enam desa yang meminta PT Timah untuk mengeluarkan izin pertambangam rakyat di Blok B10 milik PT Sawindo Kencana, Selasa (10/9) siang.


Toni mengatakan, Senin (9/9) kemarin perwakilan dari empat desa sudah dipertemukan oleh Polsek Tempilang dengan pihak PT Timah dan PT Sawindo Kencana. Hanya saja, pada pertemuan tersebut belum ada jawaban baik dari PT Timah selaku pemilik IUP maupun PT Sawindo pihak pemegang HGU perkebunan kelapa sawit.


"Kemarin kami difasilitasi oleh Polsek Tempilang untuk membahas ini dengan PT Timah dan PT Sawindo, namun belum ada jawaban. Kami diberikan waktu satu minggu lagi karena baik PT Timah maupun PT Sawindo masing-masing akan melaporkan persoalan ini ke atasannya. Hanya saja, sudah ada lampu hijau baik kedua pihak tersebut, "sebut Toni.


Sementara itu, Kapolsek Tempilang Iptu Ruben Isaak membenarkan adanya pertemuan antara perwakilan emlat desa di Kecamatan Tempilang dengan PT Timah dan PT Sawindo Kencana, pada Senin (9/9) kemarin. 


Kepada wartawan Ruben mengaku bahwa pihaknya hanya sebatas menjembatani antara ketiga pihak tersebut. Dengan harapan, kondisi kamtibmas dibwilayah hukum Polsek Tempilang tetap terjaga kondusif.


"Kami hanya sebatas menjembatajlni saja antara warga dengan PT Timah dan PT Sawindo Kencana. Supaya, kondisi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Tempilang tetap berjalan kondusif, "ujar Iptu Ruben seizin Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto.(ray)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Selain Melibatkan Tenaga Lokal PT Timah Juga Menggandeng UMKM Bangka Barat Untuk Pembangunan Smelter Ausmelt
Selain Melibatkan Tenaga Lokal PT Timah Juga Menggandeng UMKM Bangka Barat Untuk Pembangunan Smelter Ausmelt
Kamis, 30 Januari 2020 20:25 WIB
MUNTOK -- Smelter yang akan menggunakan teknologi ausmelt berkapasitas 40.000 per tahun akan di bangun di Bangka Barat.
Tahun 2019,  Angka Kriminalitas di Babar Menurun
Tahun 2019, Angka Kriminalitas di Babar Menurun
Selasa, 31 Desember 2019 16:11 WIB
MUNTOK - Tahun 2019 angka kriminilitas di wilayah hukum Polres Bangka Barat mengalami penurunan. Hal ini diungkapkan Kapolres Bangka Barat
Bunda PAUD Babel Bagikan 7.500 Eksamplar Majalah MAUDI ke Bangka Barat
Bunda PAUD Babel Bagikan 7.500 Eksamplar Majalah MAUDI ke Bangka Barat
Senin, 23 Desember 2019 22:41 WIB
MUNTOK - Bunda PAUD Bangka Belitung, Hj Melati Erzaldi membagikan sebanyak 7.500 eksamplar Majalah Anak Usia Dini (Maudi) kepada Bunda
Tanaman Pangan Penopang Hidup Petani Bangka Barat
Tanaman Pangan Penopang Hidup Petani Bangka Barat
Selasa, 17 Desember 2019 19:05 WIB
MUNTOK - Dinas Pertanian dan Pangan Pemda Bangka Barat menggelar promosi tanaman pangan dan hortikultura yang berlangsung di halaman Dinas