Terkait Pelantikan Esselon, DPRD Babar : Akan Menganggu Kinerja OPD


Terkait Pelantikan Esselon, DPRD Babar : Akan Menganggu Kinerja OPD

Isunya Dalam Minggu Ini Giliran Esselon 2 Yang Akan Di Mutasi

MUNTOK -- Di masa kepemimpinan Bupati Markus pelantikan pejabat esselon struktural baru pertama kali di lakukannya yaitu pada hari Kamis tanggal (1/8) kemarin. Dimana pada pelantikan tersebut ada 106 pejabat esselon 3 dan 4 di angkat sumpah untuk menduduki jabatan tertentu yang tidak lain bertujuan mempercepat proses pembangunan di Bangka Barat untuk mewujudkan visi misi Bupati yakni Bangka Barat Hebat 2021.

Menanggapi pelantikan pejabat esselon 3 dan 4 di lingkungan Pemda Bangka Barat pada hari Kamis (1/8) kemarin, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Barat Samsir pun angkat bicara. Pasalnya menurut politisi PKS itu, proses rotasi dan mutasi jabatan yang di lakukan pada tahun anggaran berjalan akan berimplikasi pada kinerja OPD itu sendiri. Karena menurutnya, proses rotasi dan mutasi tersebut sebaiknya di lakukan pada awal tahun, sehingga pejabat yang baru di lantik dapat melanjutkan kinerja OPD itu sendiri.

"Tentunya itu akan berimplikasi pada kinerja OPD itu sendiri, jika proses ini di lakukan di tengah tahun anggaran berjalan. Terkadang, tidak semua Kepala OPD memahami teknis dari kegiatan, kalau di ganti staf yang memahami itu, akan mengganggu kinerja OPD nya, "sesal Samsir saat di konfirmasi harian ini. Senin (5/8) siang.

Dalam rangkat mewujudkan Bangka Barat Hebat 2021 pihaknya akan terus mendorong Pemda Bangka Barat. Namun, semua itu harus di dukung SDM yang handal, kredibel, dan sesuai basic ilmu yang di miliki. Sehingga, dalam pelaksanaan akan lebih nyambung dan mudah untuk di terapkan. 

"Pada prinsipnya DPRD akan terus mendorong Pemda Babar untum mewujudkan Babar Hebat 2021. Sekarang kita bicara mewujudkan ya, bukan lah menuju Babar Hebat kalau itu kapan sampainya. Hanya saja, ini dapat di lakukan apabila dalam penempatan ASN itu betul betul di isi yang mumpuni di bidangnya, "ungkap Samsir.

Dari beberapa yang ia dapatkan penempatan SDM di lingkungan Pemda Babar masih banyak yang belum tepat, sehingga masih perlu pembenahan di lingkungan internal Pemda itu sendiri.

"Masih ada yang kita temui di OPD itu di tempatkan bukan orang ahlinya, sehingga ini akan membuat kondisi yang lambat dalam pencapaian kinerja OPD. Tugas seorang Kepala OPD itu lebih kepada manegerial (megatur,red) bukan pada tekhnis, itu ada di bidang OPD itu sendiri. Jadi, ini sebatas masukan kami kepasa Bupati Babar perlu sebuah kajian yang matang dalam hal penempatan pejabat. Yah, kita tau bahwa ini adalah hak preogatif bupati itu, "pungkas Samsir.

Beredar kabar setelah melantik pejabat esselon 3 dan 4 Bupati Markus juga melakukan rotasi dan mutasi pada esselon 2 setarap Kepala OPD. Bahkan saat ini cukup santer di bicarakan di lingkungan Pemda Bangka Barat.

Selain itu, beberapa waktu lalu BKSDMPP Bangka Barat telah melakukan assestment terhadap seluruh pejabat esselon 2 di lingkungan Pemda Babar. Terkait assement ini pum beberapa waktu lalu di benarkan langsung Kasie Humas Diskominfo Babar Endi Wijaya. 

"Sekarang saya di Kantor Bupati, karena Bupati akan menghadiri assesment esselon 2. Ketua tim assesment ini pak Yanuar mantan Sekda Babar yang kini menjabat sebagai Asisten II Setda Provinsi Bangka Belitung. "Ujar Endi Wijaya saat di hubungi harian ini pada hari Sabtu (3/8) kemarin. 

Untuk memastikan informasi akan adanya pelantikan pejabat esselon 2 atau setara Kepala OPD di Bangka Barat dalam waktu dekat, harian ini pun mengkonfirmasi Kepala BKSDMPP Bangka Barat Heru Warsito.

Namun sayangnya, hingga berita ini di turunkan seperti Heru sendiri belum bersedia menanggapinya. Bahkan, pesan Washapp yang di sampaikan harian ini terlihat hanya di baca saja. Selain itu, harian ini juga mencoba menghubungi Heru Warsito Kepala BKSDMPP Babar melalui nomor ponsel pribadinya kembali gagal.(ray)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Tok..tok..tok.. DPRD Babar Setujui 17 Milyar Untuk Biaya Jaminan Kesehatan Masyarakat
Tok..tok..tok.. DPRD Babar Setujui 17 Milyar Untuk Biaya Jaminan Kesehatan Masyarakat
Rabu, 14 Agustus 2019 19:53 WIB
MUNTOK -- Setelah melewati pembahasan yang alot, DPRD Kabupaten Bangka Barat akhirnya menyetujui sekaligus mengesahkan 17 Milyar rupiah untk membiayai
256 Pasang Mata Ikuti Turnament Gaple Unmet Muntok
256 Pasang Mata Ikuti Turnament Gaple Unmet Muntok
Kamis, 08 Agustus 2019 22:52 WIB
MUNTOK -- Dalam rangka memperingati HUT PT Timah,Tbk yang ke 43 Unite Metalurgi (UNMET) Muntok menyelenggarakan turnament gaple dengan total
Jaksa Belum Siap, Sidang Tuntutan Kasus Penista Agama Di Tunda
Jaksa Belum Siap, Sidang Tuntutan Kasus Penista Agama Di Tunda
Kamis, 08 Agustus 2019 14:05 WIB
MUNTOK -- Ketua Majelis Hakim Golom Silitonga di dampingi 2 orang hakim anggota Erica Mardelina dan Listyo Arif Budiman di
Kurang Dari 24 Jam Tim Opsnal Berhasil Bekuk Tersangka Pemilik Senpi
Kurang Dari 24 Jam Tim Opsnal Berhasil Bekuk Tersangka Pemilik Senpi
Selasa, 06 Agustus 2019 22:18 WIB
MUNTOK -- Tim gabungan yang terdiri Sat Reskrim Polres Bangka Barat dan Polsek Muntok berhasil mengamankan Nang Cik (31) tahun