Pemkab Bangka Barat Dorong Peningkatan PAD


Pemkab Bangka Barat Dorong Peningkatan PAD

MUNTOK - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong peningkatan pendapatan asli daerah pada 2019 demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2018 belum memberikan kontribusi besar dalam hal pendapatan daerah, ini menjadi pekerjaan bersama agar tahun ini bisa meningkat signifikan," kata Plt Bupati Bangka Barat, Markus di Muntok, Senin (25/03).

Menurut dia, peningkatan PAD bisa dilakukan dengan berbagai pola, salah satunya menggiatkan potensi unggulan lokal yang berpotensi meningkatkan pendapatan.

Ia mengatakan, sejumlah program dan kegiatan telah disusun dan diselenggarakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis untuk meningkatkan pendapatan daerah dengan tetap bermuara pada terwujudnya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Pada 2018 Pemda Bangka Barat melaksanakan 27 urusan wajib dan tujuh urusan pilihan dalam rangka menciptakan pemerataan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

"Melalui berbagai program dan kegiatan itu kami juga ingin menciptakan pemerintahan yang transparan dan akuntabel," ujar Markus.

Hal ini dikatakan Markus pada kegiatan laporan keterangan pertanggungjawaban yang digelar di Gedung Mahligai Betason Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Bangka Barat.

Kegiatan LKPJ akhir tahun anggaran itu digelar berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 yang menyatakan kepala daerah mempunyai kewajiban untuk memberikan laporan keterangan pertanggungjawaban kepada DPRD yang dilakukan satu kali dalam satu tahun paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Pada kesempatan itu, Markus mengungkapkan penyampaian LKPJ merupakan bahan evaluasi kinerja pemerintahan yang telah dijabarkan dalam program dan kegiatan satuan kerja perangkat daerah, sebagai wujud pelaksanaan pembangunan yang berkesinambungan dan konsisten serta berwawasan lingkungan.(ant/rb)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Tok..tok..tok.. DPRD Babar Setujui 17 Milyar Untuk Biaya Jaminan Kesehatan Masyarakat
Tok..tok..tok.. DPRD Babar Setujui 17 Milyar Untuk Biaya Jaminan Kesehatan Masyarakat
Rabu, 14 Agustus 2019 19:53 WIB
MUNTOK -- Setelah melewati pembahasan yang alot, DPRD Kabupaten Bangka Barat akhirnya menyetujui sekaligus mengesahkan 17 Milyar rupiah untk membiayai
256 Pasang Mata Ikuti Turnament Gaple Unmet Muntok
256 Pasang Mata Ikuti Turnament Gaple Unmet Muntok
Kamis, 08 Agustus 2019 22:52 WIB
MUNTOK -- Dalam rangka memperingati HUT PT Timah,Tbk yang ke 43 Unite Metalurgi (UNMET) Muntok menyelenggarakan turnament gaple dengan total
Jaksa Belum Siap, Sidang Tuntutan Kasus Penista Agama Di Tunda
Jaksa Belum Siap, Sidang Tuntutan Kasus Penista Agama Di Tunda
Kamis, 08 Agustus 2019 14:05 WIB
MUNTOK -- Ketua Majelis Hakim Golom Silitonga di dampingi 2 orang hakim anggota Erica Mardelina dan Listyo Arif Budiman di
Kurang Dari 24 Jam Tim Opsnal Berhasil Bekuk Tersangka Pemilik Senpi
Kurang Dari 24 Jam Tim Opsnal Berhasil Bekuk Tersangka Pemilik Senpi
Selasa, 06 Agustus 2019 22:18 WIB
MUNTOK -- Tim gabungan yang terdiri Sat Reskrim Polres Bangka Barat dan Polsek Muntok berhasil mengamankan Nang Cik (31) tahun