Kesbangpol bersama KPU Babel Gelar Sosialisasi Pemilu di Bangka Barat


Kesbangpol bersama  KPU Babel Gelar Sosialisasi Pemilu di Bangka Barat

MUNTOK -  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengadakan sosialisasikan Pemilu tahun 2019, bertempat di Hotel Pasadena, Muntok, Bangka Barat (Babar), Kamis (14/2).

Kepala Kesbangpol Provinsi Babel, Thamrin mengatakan, kegiatan tersebut mensosialisasikan Undang-undang Mengenai Politik Tahun 2019, yang mengusung Tema 'dengan semangat persatuan dan kesatuan kita wujudkan pemilu yang demokratis dan bermartabat', dan mengundang Ormas, OKP, Pemilih Pemula (Pelajar), serta perwakilan pemilih perempuan.

"Hari ini kami sosialisasi uu mengenai politik tahun 2019 khususnya uu no 7 tahun 2019 tentang pemilu, bekerjasama dengan KPU memberikan pencerahan  kepada stekholder terkait dalam penyelenggara pemilu 2019 nanti agar berjalan lancar dan aman," jelas Thamrin.

"Kita melakukan sosialisasi ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya keikutsertaan masyarakat dalam pemilu, partisipasi masyarakat sangat menentukan legalitas pemerintah yang terpilih dari hasil pemilu, semakin tinggi partisipasi masyarakat yang ikut memilih, maka legalitas orang yang menjadi pemerintah juga sangat tinggi." Tambahnya.

Disamping itu Ketua KPU Provinsi Babel, Davitri sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Kesbangpol, ia juga mengharapkan nantinya tamu undangan juga ikut mensosialisasikan untuk mencapai target partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 sebanyak 77.5%.

" Kita juga mengharapkan, dari peserta yang hadir ini tadi agar semuanya bisa membantu mensosialisasikan kepada komunitas dan anggotanya masing-masing, bahwa betapa pentingnya Pemilu 2019 ini," jelas Davitri kepada wartawan, usai acara.

Dirinya juga berharap kedepannya kegiatan seperti ini tetap diselenggarakan oleh pemerintah. "Kita harapkan kegiatan seperti ini dilakukan di seluruh kabupaten/kota yang ada di Babel, tentunya bekerja sama dengan KPU dan Bawaslu," Tambahnya

Dikatakannya, diskusi yang berkembang dalam sosialiasasi tersebut terkait kotak suara, bagaimana menjadi pemilih yang cerdas dan tahapan-tahapan pemilu, tata cara pencoblosan dan pentingnya peran serta masyarakat dalam mensukseskan Pemilu 2019, juga tekad KPU Babel dalam menjaga hak konstitusional semua pemilih. 

"Kita menyatakan secara tegas bahwa KPU akan menjaga Pemilu 2019 ini agar menjadi pemilu berintegritas," tandas dia.

Untuk itu Davitri memastikan, dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, KPU akan melakukannya secara transparan dan tidak akan ada yang ditutup - tutupi.

"Semuanya transparan dan semua orang bisa melihat pemungutan dan penghitungan suara pada 17 April nanti," tegasnya. (oma)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Polres Babar Imbau Nelayan Tidak Buka Jasa Penyeberangan
Polres Babar Imbau Nelayan Tidak Buka Jasa Penyeberangan
Jum'at, 03 April 2020 16:58 WIB
MUNTOK - Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau para nelayan yang biasa beraktivitas di daerah itu tidak
Cegah Penyebaran Virus Covid 19, Pelaksanaan Pilkades di Babar Sementara Waktu Ditunda
Cegah Penyebaran Virus Covid 19, Pelaksanaan Pilkades di Babar Sementara Waktu Ditunda
Selasa, 24 Maret 2020 17:32 WIB
MUNTOK -- Pemerintah berupaya menanggulangi penyebaran Virus Covid 19, termasuk Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.
Bikin resah, Beredar kabar Pasar Muntok tutup selama 3 Hari, M Zakaria : Informasi tidak benar alias HOAX
Bikin resah, Beredar kabar Pasar Muntok tutup selama 3 Hari, M Zakaria : Informasi tidak benar alias HOAX
Senin, 23 Maret 2020 19:35 WIB
MUNTOK -- Ditengah kekhawatiran masyarakat terkait penyebaran Virus Covid 19, muncul sebuah informasi yang beredar di Medsos menyebutkan aktivitas di
Pemkab Babar Belum Siapkan Anggaran Penanganan Penyebaran Virus Covid-19 di Bangka Barat
Pemkab Babar Belum Siapkan Anggaran Penanganan Penyebaran Virus Covid-19 di Bangka Barat
Senin, 23 Maret 2020 18:01 WIB
MUNTOK -- Hingga kini Pemda Bangka Barat belum menyediakan anggaran untuk menangani penyebaran Virus Covid 19 di Bangka Barat.