Jalan Nasional Muntok Kembali Amblas, Kinerja Satker PJNW1 Dipertanyakan


Jalan Nasional Muntok Kembali Amblas, Kinerja Satker PJNW1 Dipertanyakan

MUNTOK - Jalan Raya Nasional Jenderal Sudirman Muntok-Pangkalpinang bertempat di pal 3 Desa Belo Laut kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat yang baru saja selesai direnovasi pada akhir tahun 2018 kembali amblas. Diketahui jalan tersebut sebelumnya juga amblas pada awal tahun 2018, ketika kota Muntok dilanda banjir.

Pantauan Radar Bangka, Kamis (10/1) pagi sekitar pukul 11.00 wib dilapangan terlihat kurang lebih panjang 2 meter dan lebar 1 meter amblas kebawah dengan kedalaman 30 centimeter di bagian pinggir dekat trotoar. Akibat kejadian tersebut jalan yang merupakan jalur dua ini ditutup dan sudah dialihkan, tepatnya dilokasi amblas juga dipasang garis pengaman.

Selain itu amblasnya badan jalan juga menyita perhatian masyarakat yang tak sedikit mengaku kekecewaannya atas kinerja Dinas terkait. "Kami sebagai masyarakat dan pengguna jalan sangat miris dengan perbaikan jalan ini, padahal belum genap tiga bulan usai diperbaiki dari amblas itu, sekarang amblas lagi, kesannya perbaikannya asal-asalan, belum puas menikmati jalan ini sudah ditutup lagi," ungkap H. Simon, warga Muntok saat ditemui dilokasi. Kepala dinas PUPR Kabupaten Bangka Barat, Suharli mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan hal tersebut ke provinsi dan dirinya memprediksikan amblasnya jalan tersebut akibat penurunan tahan yang menyerap air.

"Kalau secara kewenangan memang kewenangan APBN (Provinsi) karena itu merupakan jalan Nasional, namun karena itu di Bangka Barat tidak mungkin kita membiarkan kondisi jalan itu, minimal kita melakukan pengamanan dulu lah. Kalau ada apa-apa kita juga langsung berkoordinasi dengan Satker Jalan Nasional itu. Untuk jalan itu kalau kita lihat talutnya tidak roboh, itu kalau saya lihat lapangan talutnya tidak roboh cuman penurunan, karena mungkin kepadatannya itu belum maksimal pada saat itu, mungkin waktu itu belum ada hujan jadi dalam kondisi kering digilas dan ketika dia hujan lebat ada sedikit celahnya itu longsor jadi airnya turun dan tanah juga ikut turun,"kata Suharli, Kamis (10/1).

Disamping itu perwakilan Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 (PJNW1) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang meninjau langsung ke lokasi mengatakan nanti akan ada tim lagi dan tidak bisa langsung diperbaiki. "Belum tau, kami nggak bisa langsung memperbaiki, itukan ada aturannya, nantikan ada tim perencanaan, nanti ada tim perencanaan yang akan datang mau dibuat seperti apa, jadi belum bisa langsung diperbaiki. Kita datang ini cuma mengecek dulu." ungkap salah satu pria perwakilan PJNW1 Babel yang enggan menyebutkan namanya.

Wakil Bupati Babar, Markus saat meninjau langsung ke lokasi berharap jalan tersebut segera diperbaiki agar tidak menggangu arus lalulintas penguna jalan. "Tadi saya meninjau lokasi untuk melihat kondisi jalan yang ambles tersebut, kita sudah minta ke dinas PU kita untuk segera bekordonasi dan melaporkan hal tersebut ke balai kementrian pekerjaan umum di pangkalpinang untuk segera di perbaiki, sehinga bisa segera dilalui kendaraan seperti biasanya" ungkap Markus.(oma)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Anak "TERAS" Galang Dana Untuk Korban Bencana
Anak "TERAS" Galang Dana Untuk Korban Bencana
Minggu, 17 Maret 2019 19:22 WIB
MUNTOK - Sekelompok pelajar yang tergabung di komunitas yang dinamakan Anaka "TERAS" melakukan penggalangan dana untuk korban bencana yang akhir
Mencuri Gitar SDN 12 Jebus, DI Harus Berurusan Dengan Polisi
Mencuri Gitar SDN 12 Jebus, DI Harus Berurusan Dengan Polisi
Minggu, 17 Maret 2019 15:25 WIB
MUNTOK-- DI (23) Warga Desa Ranggi Asem, Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat (Babar) diringkus unit Reskrim Polsek Jebus, di kediamannya
14 Anak Terindikasi Stunting di Desa Air Putih Akan Didampingi IIKT Unmet Muntok
14 Anak Terindikasi Stunting di Desa Air Putih Akan Didampingi IIKT Unmet Muntok
Kamis, 14 Maret 2019 17:29 WIB
MUNTOK -- Ikatan Istri Karyawan Timah (IIKT) Unit Metalurgi (Unmet) Muntok Kabupaten Bangka Barat, akan mendampingi sebanyak 14 anak yang
Pokja Wartawan Babar Dukung Pemda Bentuk LPPL
Pokja Wartawan Babar Dukung Pemda Bentuk LPPL
Selasa, 12 Maret 2019 18:42 WIB
MUNTOK -- Sejumlah awak media yang tergabung di Pokja Wartawan Bangka Barat mendukung Pemkab Bangka Barat mendirikan Lembaga Penyiaran Publik