Justiar Noer Bangga Basel Menjadi Tuan Rumah JPI


Justiar Noer Bangga Basel Menjadi Tuan Rumah JPI

TOBOALI - Menteri Olahraga Imam Nahrawi  membuka kegiatan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) yang akan berlangsung pada 5-11 Oktober 2018 di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Belitung (Babel), Sabtu (6/10). Ia meminta kegiatan tersebut tidak sekadar menjadi tema kegiatan, tapi juga bisa berkesinambungan melahirkan pemuda-pemuda yang hebat, yang akan menjadi generasi penerus bangsa ini.   

"Saya harap kegiatan ini bisa lebih sukses dari yang sebelumnya. Di kegiatan ini semangat pemuda untuk menjadi lebih kuat bersatu, lebih mandiri, lebih inovatif dan kreatif, harus bisa direalisasikan," ujarnya.

Dikatakan Imam, JPI merupakan pertemuan akbar pemuda-pemudi terbaik dari 34 provinsi di Indonesia yang diadakan sejak 2007 sampai sekarang untuk terus menggelorakan semangat anak-anak muda Indonesia, yang diharapkan dapat berperan sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan dalam masyarakat.

"JPI ini adalah merupakan kegiatan tahunan yang mana mempertemukan wakil pemuda seluruh Propinsi yang sudah menjadi sebuah proses seleksi. Artinya tidak hanya kuat secara fisik namun juga hebat secara mental. Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90, JPI menjadi bagian penting dan tak terpisahkan dari agenda nasional ini dengan mengambil tema "Pemuda Indonesia Mandiri, Kreatif, dan Inovatif," ungkapnya.

Sementara itu Bupati Basel H Justiar Noer, merasa terharu dan bangga telah dipercaya menjadi tuan rumah PJI 2018 tahun ini. Diharapkanya kegiatan ini JPI ini dapat ini menjadi yang terbaik dari kegiatan JPI sebelumnya yang dilakukan di daerah-daerah lain.  
Diharapkanya juga, JPI ini dapat memperkenalkan pariwisata dan kekayaan alam Babel khususnya Basel untuk meningkatkan perputaran ekonomi daerah setempat dan memperkenalkan produk UMKM agar bisa dipromosikan para peserta.

 "Syukur Alhmamdullilah kita panjatkan, karna tentunya ini menjadi suatu kehormatan dan menjadi kebanggan bagi kami yang dipercaya menjadi tuan rumah JPI. Semoga selama kegian ini menjadi silahturahmi dan promosi potensi - potensi daerah yang ada,”ucapnya.

Terlihat, pembukaan JPI ditandai dengan pemukulan gendang oleh Menpora didampingi Bupati Basel serta Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah dan dilanjutkan dengan pemberian cinderamata kepada Menpora. Turut hadir Wakil Bupati Basel H Riza Herdavid,Kapolres Basel AKBP Aris Sulistyono,Ketua TP PKK Basel Ekawati Justiar beserta tamu undangan lainya.

Peserta Jambore Pemuda Indonesia sebanyak 544 orang, terdiri dari Peserta sebanyak 476 orang, Pendamping 34 orang dan LO 34 orang. Selama enam hari, peserta akan tinggal di tenda, berlokasi di Area Perkantoran Kabupaten, peserta akan berinteraksi dengan peserta lainnya, serta mengikuti kegiatan perkemahan dengan berbagai kegiatan pelatihan serta penyatuan tanah dan air dari seluruh Indonesia untuk membentuk satu kesatuan tubuh. (adv/bim)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Selain Melibatkan Tenaga Lokal PT Timah Juga Menggandeng UMKM Bangka Barat Untuk Pembangunan Smelter Ausmelt
Selain Melibatkan Tenaga Lokal PT Timah Juga Menggandeng UMKM Bangka Barat Untuk Pembangunan Smelter Ausmelt
Kamis, 30 Januari 2020 20:25 WIB
MUNTOK -- Smelter yang akan menggunakan teknologi ausmelt berkapasitas 40.000 per tahun akan di bangun di Bangka Barat.
Tahun 2019,  Angka Kriminalitas di Babar Menurun
Tahun 2019, Angka Kriminalitas di Babar Menurun
Selasa, 31 Desember 2019 16:11 WIB
MUNTOK - Tahun 2019 angka kriminilitas di wilayah hukum Polres Bangka Barat mengalami penurunan. Hal ini diungkapkan Kapolres Bangka Barat
Bunda PAUD Babel Bagikan 7.500 Eksamplar Majalah MAUDI ke Bangka Barat
Bunda PAUD Babel Bagikan 7.500 Eksamplar Majalah MAUDI ke Bangka Barat
Senin, 23 Desember 2019 22:41 WIB
MUNTOK - Bunda PAUD Bangka Belitung, Hj Melati Erzaldi membagikan sebanyak 7.500 eksamplar Majalah Anak Usia Dini (Maudi) kepada Bunda
Tanaman Pangan Penopang Hidup Petani Bangka Barat
Tanaman Pangan Penopang Hidup Petani Bangka Barat
Selasa, 17 Desember 2019 19:05 WIB
MUNTOK - Dinas Pertanian dan Pangan Pemda Bangka Barat menggelar promosi tanaman pangan dan hortikultura yang berlangsung di halaman Dinas