2018, Kejari Babar Tingkatkan Pengungkapan Kasus Tipikor


2018, Kejari Babar Tingkatkan Pengungkapan Kasus Tipikor

MUNTOK - Kejaksaan Negeri Bangka Barat, menargetkan ungkap kasus kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) tahun 2018 lebih dari satu. Sementara tahun 2016 dan 2017 ini, hanya satu perkara tipikor yang naik dan berhasil diungkap Kejari Babar. Kasus tersebut yakni kasus dugaan penyelewengan dana hibah KONI dan perhelatan Home Stay Fair Muntok.

"Untuk tahun 2016 dan 2017 ada satu kasus yang naik ke tahap penyidikan, yakni Home Stay dan KONI. Namun tahun depan, kami targetkan lebih dari satu kasus," ujar Neva kepada wartawan, Rabu (20/12) siang.

Dikatakan Neva, sampai saat ini target pengungkapan kasus Tipikor yang ditetapkan Kejaksaan Agung RI masih satu. Namun target tersebut bisa saja bertambah. Begitu juga dengan target pihaknya.

"Untuk sementara target dari pusat masih satu kasus, tapi tidak tahu kedepannya karena belum ada instruksi baru. Pastinya untuk kedepan, kami tergetkan lebih dari satu kasus tipikor," tegas Neva.

Selain kasus Tipikor di tahun 2017, Kejaksaan Negeri Bangka Barat juga menangani perkara Tindak Pidana Khusus lainnya.
Kasus tindak pidana khusus yang naik ditahun 2017 lain yakni, kasus penyelundupan puluhan dus rokok tanpa cukai yang sempat diamankan Polsek Simpang Teritip.

"Bahkan 4 Desember 2017 lalu, telah dilaksanakan Penyerahan Barang Bukti dan Tersangka (tahap II) dari Penyidik Pegawai Negeri Bea Cukai Pangkalpinang yaitu berkas perkara atas nama tersangka Reno," katanya.

Dikatakannya, Reno diduga melakukan Tindak Pidana sebagaimana diatur pada Kesatu Pasal 54 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1995 Tentang Oukal Sebagaimana Diubah dengan UndangUndang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2007 Jo. Pasal 55 ayat (1) Ke 1 KUHPidana.

Atau Kedua Pasal 56 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1995 Tentang Cukai Sebagaimana Diubah dengan Undang-Undang Republik lndonesia Nomor 39 Tahun 2007 Jo. Pasal 55 ayat (1) Ke 1 KUHPidana.

"Untuk kasus tindak pidana khusus lainnya yang kami tangani kasus tangkapan rokok tanpa cukai. Bahkan, pada 4 Desember lalu kasus itu sudah tahap dua (P-21)," pungkasnya. (ray)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
35 Desa di Babar Menerima Penghargaan Pencapaian Target PBB
35 Desa di Babar Menerima Penghargaan Pencapaian Target PBB
Jum'at, 06 Desember 2019 16:37 WIB
MUNTOK - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat (Babar) melalui Badan Pengelolahan Pajak dan Retribusi Daerah, memberikan penghargaan terhadap 35 desa atas
Kejari Babar Terima Pengembalian Uang Hasil Korupsi Bibit Sawit
Kejari Babar Terima Pengembalian Uang Hasil Korupsi Bibit Sawit
Kamis, 05 Desember 2019 07:46 WIB
MUNTOK - Kejaksaan Negeri Bangka Barat berhasil menyelamatkan uang negara sebesar Rp137 juta rupiah.
Pelabuhan Tanjung Ular Akan Dibangun, Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla Kunjungi Bangka Barat
Pelabuhan Tanjung Ular Akan Dibangun, Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla Kunjungi Bangka Barat
Senin, 25 November 2019 19:25 WIB
MUNTOK - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla hari ini Senin (25/11) pagi mengunjungi kawasan rencana pembangunan pelabuhan Tanjung Ular Muntok
Syekh Ali Jaber : Kalau Anak  Kita Hafal Al - Quran Orang Tuanya Beruntung
Syekh Ali Jaber : Kalau Anak Kita Hafal Al - Quran Orang Tuanya Beruntung
Selasa, 19 November 2019 18:33 WIB
MUNTOK - Pemceramah kondang Syekh Ali Jabber memenuhi undangan pimpinan rumah Tafiz Quran, H Sampurno untuk mengisi tausiyah dalam rangka