Kemendikbud Bidik SD Muhammadiyah Babar


Kemendikbud Bidik SD Muhammadiyah Babar

MUNTOK - Budaya mutu sekolah merupakan faktor yang penting dalam membentuk siswa menjadi manusia yang memiliki sikap penuh optimisme, berani, terampil, dan pandai menangkap peluang.

    Sekolah yang memiliki keunggulan budaya mutu dapat dilihat dari beberapa variabel seperti perolehan nilai, perilaku siswa, proses pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler, kondisi fisik sekolah, kinerja perpustakaan, lingkungan sekolah, budaya sekolah, dan manajemen sekolahnya, yang berpengaruh terhadap kinerja individu dan mutu sekolah itu sendiri.

    Dalam rangka menilai dan menjalankan tujuan tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar dan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melaksanakan pemilihan sekolah model terbaik Sekolah Berbudaya Mutu.    

    Pemilihan ini difokuskan pada penilaian mutu pendidikan secara keseluruhan (whole school), dengan tetap memberikan apresiasi kepada sekolah yang memperlihatkan katergori tertentu dari mutu yang dinilai. Kategori ini yaitu budaya mutu pembelajaran, budaya mutu ekstrakurikuler kesenian, budaya mutu manajemen berbasis sekolah serta lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, budaya mutu pengelolaan perpustakaan sekolah.

    Untuk menjalankan tugas tersebut Tim dari Kemendikbud RI menugaskan Prof Ade Hikmat datang ke Bangka Barat untuk melakukan visitasi ke sekolah SD Muhammadiyah Muntok. Tujuannya melakukan visitasi untuk melihat secara langsung kesesuaian dengan fortopolio yang jauh hari sudah dikirimkan oleh SD Muhammadiyah Muntok. "Beberapa waktu lalu kita (SD Muhammadiyah Muntok,red) sudah mengirimkan beberapa data yang terkait dengan peningkatan mutu sekolah ke Kemendikbud," ujar Maria Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Muntok, Senin (2/10) siang.

    Menurutnya, proses seleksi peningkatan mutu budaya pendidikan yang berkualitas ini dilakukan cukup ketat dan selektif. Dari 540 sekolah se Indonesia yang mengirimkan berkas, setelah dilakukan penyeleksian tahap 1 menjadi 340, tahap 2 dilakukan visitasi menjadi 240 sekolah untuk masuk grandfinal lomba budaya mutu tingkat nasional 2017 di Yogyakarta.

"Untuk tahun kemarin, tahun 2016 dapat juara 6 se Indonesia dari 240 sekolah pas waktu di grandfinal yang dilaksanakan di Balikpapan Kaltim. Kita berharap tahun ini yang pertama masuk ke grandfinal dan tentunya juga semoga dapat juara, ya paling tidak juara 3 lah," harapnya.

    Sementara Prof Ade Hikmat pada saat mendatangi SD Muhammadiyah Muntok memberikan apresiasi yang luar biasa. Dirinya mengaku sangat berbahagia sekali, ternyata kondisi SD Muhammadiyah Muntok ini sesuai dengan Portopolio yang dikirimkan dan dirinya merasa senang ternyata diujung barat Pulau Bangka ada SD Muhammadiyah yang benar-benar Islami.

"Kami mengapresiasi sekali karena apa yang diajukan oleh SD Muhammadiyah Muntok sesuai dengan portopolio yang disampaikan kepada kami. Dan yang paling penting bahwa di Babar ini terdapat sekolah SD yang benar-benar islami yakni SD Muhammadiyah Muntok, dan ini satu-satunya di Babar," ujar Ade Rahmat.

Dia berharap agar pihak sekolah mengusahakan untuk selalu mempertahankanya untuk lebih baik lagi, serta ditingkatkan lagi nuansa islaminya jangan sampai hilang kebiasaan-kebiasaan daerah yang sudah sangat membanggakan ini.

Di akhir penilaian, ia menyebutkan bahwa kegiatan Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi dan motivasi para pelaku pendidikan dalam melakukan pembinaan budaya mutu untuk mewujudkan pengembangan bakat, prestasi maupun kepribadian siswa selaras dengan program peningkatan dan pembinaan mutu sekolah dasar pada tingkat nasional.(ray)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Mantan Bupati Babar Ditunjuk Sebagai Wakil Ketua BAP Alat Kelengkapan DPD RI 
Mantan Bupati Babar Ditunjuk Sebagai Wakil Ketua BAP Alat Kelengkapan DPD RI 
Kamis, 10 Oktober 2019 19:06 WIB
MUNTOK - Salah satu senator DPD RI dari Provinsi Bangka Belitung Ustadz H Zuhri M Syazali di percaya sebagai Wakil
Beredar Kabar Maraknya Kapal Trawl Diperairan Muntok Kapal Patroli Milik DKP dan Polair Disiagakan
Beredar Kabar Maraknya Kapal Trawl Diperairan Muntok Kapal Patroli Milik DKP dan Polair Disiagakan
Rabu, 09 Oktober 2019 19:38 WIB
MUNTOK - Kapal patroli Elang Laut milik Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung disiagakan. Hari ini saja Rabu
Luncai dan Anaknya Diamankan Karena Menambang Dilahan Yang Sudah Ditambang Sebelumnya
Luncai dan Anaknya Diamankan Karena Menambang Dilahan Yang Sudah Ditambang Sebelumnya
Selasa, 01 Oktober 2019 15:53 WIB
MUNTOK -- Ada pepatah mengatakan kita yang menanam orang lain memetik hasilnya. Kira-kira pepatah ini dirasakan oleh Koswara alias Luncai
Nelayan Muntok Keluhkan Keberadaan Kapal Trawl Yang Meresahkan
Nelayan Muntok Keluhkan Keberadaan Kapal Trawl Yang Meresahkan
Senin, 30 September 2019 19:27 WIB
MUNTOK -- Sejumlah nelayan di Muntok Bangka Barat meresahkan keberadaan kapal Trawl (pukat harimau,red) yang beroperasi di seputaran perairan laut