Stok Sembako di Babar Aman


Stok Sembako di Babar Aman

MUNTOK - Stok barang kebutuhan pokok di Kabupaten Bangka Barat (Babar), hingga akhir bulan ramadan dipastikan aman, baik pasokan dari sub agen maupun distributor. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Koperasi UMK dan Perindustrian, Miwani di ruang kerjanya, Senin (5/6) siang.
    Menurut Miwani, meski pun pihaknya baru-baru ini sempat menerima laporan terjadi beberapa kendala dari distributor, namun hal itu tidak mempengaruhi stok dan harga jual barang di pasaran. "Kami pastikan hingga lebaran nanti barang kebutuhan pokok di Kabupaten Bangka Barat aman. Memang, kemarin sempat ada beberpa distributor yang mengaku mengalami kendala, tapi itu tidak mempengaruhi stok dan harga jual barang," terang Miwani. 
    Menurut Miwani, saat ini harga kebutuhan masih relatif stabil. Hanya saja komoditi cabe rawit dan daging ayam boyler yang sedikit mengalami kenaikan. Sementara, barang kebutuhan pokok lain seperti, beras gula pasir, gandum, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, telur masih stabil.
    "Dari hasil pemantauan kami, saat ini yang masih mengalami kenaikan hanya cabai rawit dan ayam boyler. Sedangkan yang lain, kayak beras, gandung, miyak goreng dan lain sebagainya masih stabil," jelasnya.
    Pihaknya ditegaskan Miwani tidak memiliki kewenangan terhadap penindakan praktik nakal dari pedagang atupun distributor. Sebab menurutnya, kewenangan tersebut ada di provinsi. Pihaknya hanya sebagai leader pemantau sekaligus pembuat laporan.
    Diakui Miwani, saat ini pihaknya tengah menyiapkan laporan terkait harga jual minyak goreng dan gula pasir di Kabupaten Bangka Barat. Laporan ini menyusul temuan adanya kenaikan harga penjualan gula pasir dan minyak goreng dari ketentuan harga yang dipatok pihak kementerian.
    Adapun harga yang dipatok kementerian diantaranya, harga daging sapi beku Rp 80.000 perkilo, gula pasir Rp 12.500 minyak goreng fortune kemasan sederhana Rp 11.000 perkilo. "Ini kami lagi menyiapkan laporan ke provinsi karena harga gula dan minyak goreng melebihi harga yang dipatok kementrian. Kalau kami tidak bisa menindak, karena kewenangan itu ada di provinsi dan kami hanya melaporkannya saja," paparnya.
    Mengantisipasi terjadinya lonjakan harga daging sapi segar, pedagang daging sapi di seluruh Kabupaten di Babel membuat surat pernyataan, tidak mematok harga jual tinggi. Tak terkecuali pedagang daging di Kabupaten Bangka Barat. Menurut Miwani, komitmen dan penandatangan surat pernyataan tersebut disaksikan para pemangku kepentingan, termasuk jajaran Polda Babel melalui satgas pangannya.
    "Beberapa waktu lalu para pedagang daging sapi berkumpul membuat surat pernyataan tidak menjual daging sapi dengan harga tinggi. Dan pertemuan itu dihadiri dan disaksikan para pemangku kepentingan termasuk Polda Babel. Alhamdullillah sampai saat ini harga daging segar masih relatif stabil," imbuhnya.(ray)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Selain Melibatkan Tenaga Lokal PT Timah Juga Menggandeng UMKM Bangka Barat Untuk Pembangunan Smelter Ausmelt
Selain Melibatkan Tenaga Lokal PT Timah Juga Menggandeng UMKM Bangka Barat Untuk Pembangunan Smelter Ausmelt
Kamis, 30 Januari 2020 20:25 WIB
MUNTOK -- Smelter yang akan menggunakan teknologi ausmelt berkapasitas 40.000 per tahun akan di bangun di Bangka Barat.
Tahun 2019,  Angka Kriminalitas di Babar Menurun
Tahun 2019, Angka Kriminalitas di Babar Menurun
Selasa, 31 Desember 2019 16:11 WIB
MUNTOK - Tahun 2019 angka kriminilitas di wilayah hukum Polres Bangka Barat mengalami penurunan. Hal ini diungkapkan Kapolres Bangka Barat
Bunda PAUD Babel Bagikan 7.500 Eksamplar Majalah MAUDI ke Bangka Barat
Bunda PAUD Babel Bagikan 7.500 Eksamplar Majalah MAUDI ke Bangka Barat
Senin, 23 Desember 2019 22:41 WIB
MUNTOK - Bunda PAUD Bangka Belitung, Hj Melati Erzaldi membagikan sebanyak 7.500 eksamplar Majalah Anak Usia Dini (Maudi) kepada Bunda
Tanaman Pangan Penopang Hidup Petani Bangka Barat
Tanaman Pangan Penopang Hidup Petani Bangka Barat
Selasa, 17 Desember 2019 19:05 WIB
MUNTOK - Dinas Pertanian dan Pangan Pemda Bangka Barat menggelar promosi tanaman pangan dan hortikultura yang berlangsung di halaman Dinas