Kabupaten Mulai Terima Surat Suara


Kabupaten Mulai Terima Surat Suara
KPU Bateng saat menerima distribusi surat suara Pilkada Babel 2017. Foto : Devi/Radar Bangka

    MUNTOK - Sejumlah kabupaten dan kota mulai menerima distribusi surat suara Pilkada Babel. KPU Bangka Barat (Babar) misalkan, menerima 32 koli berisi surat suara yang akan digunakan pada Pilkada.

Ketua KPU Kabupaten Babar, Martono Selasa (17/1), mengatakan surat suara yang diterima langsung dari percetakan yang ditunjuk oleh KPU Provinsi Babel.

    "Selasa sekitar pukul 17.30 WIB armada distribusi sudah tiba di sekretariat KPU Kabupaten Bangka Barat, selanjutnya surat suara itu kami simpan di gudang dengan penjagaan ketat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya. Ia menerangkan, jumlah surat suara yang diterima dari percetakan sebanyak keseluruhan jumlah pemilih tetap yaitu sebanyak 123.093 pemilih ditambah 2,5 persen per TPS. Ia mengatakan, surat suara didatangkan langsung dari percetakan penyedia yang berasal dari Gresik, Jawa Timur dengan jasa pengirian menggunakan PT Pos Indonesia.

    "Setelah ini kami akan melakukan penyortiran surat suara dan proses pelipatan, hanya saja kami belum menentukan kepastian tanggal pelipatan surat suara," kata dia. Pelipatan, katanya, akan melibatkan 60 tenaga dari warga setempat. "Tenaga pelipat tetap akan dicek petugas sebelum masuk dan saat meninggalkan lokasi kerja untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran surat suara," katanya.

    Senada, KPU Bangka Tengah (Bateng) menerima logistik sekitar pukul 14.00 Wib. Setelah dilakukan pemindahan dan penyusunan rapi di ruang media centre KPU Bateng, Ketua KPU Bateng Suryansyah dikonfirmasi Radar Bangka merincikan jumlah surat suara yang telah datang sebanyak 31 karung dengan rincian sebanyak 62 kotak/koli dan masing masing-masing kotak berisi 124 ribu. Ini berdasarkan jumlah DPT ditambah 2,5 persen.

    "Jumlah ini sudah dirincikan secara total, tidak ada lagi pengiriman surat suara susulan. Apalagi ditambah 2,5 persen dan bisa dikatakan untuk susu di Bateng berdasarkan data sudah sesuai serta jumlah full," ungkap Suryansyah. Dirinya mengungkapkan kalau pengiriman surat suara yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat menggunakan kendaraan darat mobil hingga tiba di Kota Palembang dulu baru setelah itu dikirim lagi Ke Provinsi Babel.

    "Setelah menempuh perjalanan darat yang lumayan memakan waktu, akhirnya surat suara ini tiba juga di Bateng. Namun ketika tiba di Pelabuhan Muntok pada dinihari selasa sekitar jam 12.00 Wib, surat suara dibagi dulu di KPU Provinsi lalu dikirim Ke Kabupaten masing-masing tetapi untuk surat suara di Pulau Belitung dikirim melalu pesawat Garuda Indonesia yang telah dikirim Selasa kemarin," sambungnya.

    Sementara, pihaknya juga melakukan pengecekan terkait adanya indikasi basah surat suara sebanyak dua kotak yang terkena air namun setelah di cek ternyata dalam kondisi aman tetapi langsung dipindahkan dan diamankan di kotak kardus yang baru dan langsung di lem. "Kabarnya ada dua kotak yang terindikasi basah, namun kami pastikan aman dan telah dipindahkan di kardus yang baru. Kedatangan surat suara ini terbilang cepat, setelah kami hitung dan pindahkan keruang media center, barulah kami kunci ruangan ini dengan kuat dan rapat," tambahnya.(ray/cr3/ant/rb)





Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Polres Babar Siap Gelar Bhayangkara Off Road Challenge 73
Polres Babar Siap Gelar Bhayangkara Off Road Challenge 73
Kamis, 18 Juli 2019 18:14 WIB
MUNTOK – Dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangka ke-73 tahun 2019, Polres Bangka Barat (Babar) mengelar kejuaraan Off Road 4 X
Tiga Orang Tewas Akibat Laka Tambang Bukit Panjang Mayang
Tiga Orang Tewas Akibat Laka Tambang Bukit Panjang Mayang
Selasa, 16 Juli 2019 14:50 WIB
MUNTOK -- Tiga orang penambang biji timah di Bukit Panjang Desa Mayang Kecamatan Simpang Teritip tewas disebabkan tertimbun tanah. Ketiga
Bong Ming Ming : Jangan asal berinvestasi Harus Ada Kontribusi Untuk Masyarakat
Bong Ming Ming : Jangan asal berinvestasi Harus Ada Kontribusi Untuk Masyarakat
Senin, 15 Juli 2019 22:59 WIB
MUNTOK -- Politis dan juga anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bong Ming Ming menegaskan dalam waktu dekat DPRD Provinsi
Warga Cupat Tolak Tambang Bouksit, Bong Ming Ming : DPRD akan panggil pihak pihak terkait
Warga Cupat Tolak Tambang Bouksit, Bong Ming Ming : DPRD akan panggil pihak pihak terkait
Senin, 15 Juli 2019 22:48 WIB
MUNTOK -- Sejumlah perwakilan warga masyarakat Desa Cupat Desa Kecamatan Parit tiga mendatangi DPRD Provinsi Bangka Belitung. Kedatangan warga Cupat