PAN Dianggap Keluar Koalisi, Partai Pengusung Tak Dapat Jatah di AKD Babar


PAN Dianggap Keluar Koalisi, Partai Pengusung Tak Dapat Jatah di AKD Babar

    MUNTOK - Tiga partai pengusung Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat (Babar) Parhan Ali-Markus yakni PDIP, PAN dan Hanura tak lagi mendapat jatah dalam Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Babar. Ketua DPC PDIP Babar Aryanto menanggapi hal itu mengaku kecewa. Ia bahkan menyalahkan PAN yang dianggap tidak mendukung instruksi yang diberikan oleh partai.

    "Kemaren kita instruksikan Marudur (kader PDIP) untuk dipilih di Komisi 2, tapi PAN membelot dan lebih memilih untuk tidak mengindahkan instuksi partai. Oleh karena itu dengan demikian PAN sudah keluar dari Fraksi PDIP," tegas Aryanto kepada harian ini, Minggu sore (11/1). Aryanto pun menilai pada proses pemilihan AKD kemarin, terdapat 2 kelompok yang masing-masing memilik kepentingan. 

    "Yah, ini kan ada 2 kelompok makanya terjadi seperti ini. Tapi yang jelas, PDIP bersama Hanura selaku partai pengusung pemerintahan sekarang ini tetap mendukung kebijakan Pemda terutama yang pro rakyat. PAN kami anggap sudah keluar dari partai pengusung," ungkapnya. Disinggung apakah PDIP merasa dirugikan ketika tidak mendapat kursi AKD di legislatif? Aryanto menganggap bahwa hal tersebut biasa dalam dinamika politik.

    "PDIP sudah biasa dengan hal seperti ini, nanti kita lihat partai pengusung mana yang betul-betul konsisten. Selain itu, koalisi yang mana yang betul-betul punya kepentingan pribadi apa masyarakat, semuanya dapat di lihat nanti, dan masyarakat pun bisa menilai," tandas Aryanto. Ia menambahkan, selain mengeluarkan PAN dari fraksi partai yang ada di DPRD Babar, PDIP juga akan memberikan sanksi tegas lainnya kepada PAN yang masuk pada fraksi PDIP. "Sanksi lain nanti akan kami bahas lagi di DPC PDIP," pungkasnya.

    Ketua DPD PAN Babar Dafitri menegaskan bahwa PAN tidak merasa keluar dari partai koalisi maupun frakasi PDI P. "Kami tidak merasa seperti itu, kalau PDIP menganggap demikian silakan saja, yang jelas PAN sebagai partai pengusung pemerintahan sekarang ini tetap mengawal dan mendukung kebijakan pemerintah dibawah kepemimpinan H Parhan Ali Bupati Babat," tegas Dafitri.

    Dafitri juga merasa heran tiba-tiba saja Aryanto menganggap PAN keluar fraksi PDIP maupun sebagai partai koalisi. Karena menurut Dafitri PAN sendiri tidak pernah berbuat kesalahan baik di internal fraksi maupun koalisi partai. "Alasannya kita dikeluarkan itu apa? kita tidak punya masalah dengan PDIP. Jangan sampai kita disalahkan terus," sesalnya.  Dafitri pun menuding Aryanto selaku ketua partai tidak memiliki kemampuan untuk melakukan lobi politik. Hal tersebut terbukti tidak terpilihnya kader PDI P yang dipasangkan untuk duduk sebagai Ketua Komisi II.

    "Tidak terpilihnya Marudur sebagai Ketua Komisi II jangan salahkan PAN, itu menandakan bahwa ketua partai maupun ketua fraksi tidak mampu melakukan lobi politik dengan parpol lain. Kalau PAN tetap memilih Marudur pada waktu itu, posisinya tetap kalah juga karena 5 banding 2, PKS, Nasdem, dan Golkar tidak memberikan dukungan," ucap Dafitri.(ray)




Banner

Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Kejari Babar Tulis Buku Berjudul "Kawal Keuangan Negara Penanganan Covid-19"
Kejari Babar Tulis Buku Berjudul "Kawal Keuangan Negara Penanganan Covid-19"
Selasa, 30 Juni 2020 14:55 WIB
MUNTOK -- Hampir semua orang menerima kondisi pandemi covid-19, adalah suatu hal yang membawa dampak negatif dari semua lini kehidupan,
Kapolri Cabut Maklumat Tentang Kerumunan, Ketua KPU Babar : Aturan Kampanye Pilkada Masih Menunggu PKPU
Kapolri Cabut Maklumat Tentang Kerumunan, Ketua KPU Babar : Aturan Kampanye Pilkada Masih Menunggu PKPU
Senin, 29 Juni 2020 16:24 WIB
MUNTOK -- Penyelenggaraan pilkada serentak yang akan di laksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 nanti, menyisakan berbagai dilema bagi penyelenggara
Pemkab Bangka Barat Bantu Sembako Melalui Kegiatan Pasar Murah
Pemkab Bangka Barat Bantu Sembako Melalui Kegiatan Pasar Murah
Minggu, 28 Juni 2020 20:02 WIB
MUNTOK - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan bahan pangan pokok kepada warga membutuhkan dan terdampak
Akhiri Kegiatan di Bangka Barat, Gubernur Erzaldi Lakukan Rapat Persiapan Geopark Bangka
Akhiri Kegiatan di Bangka Barat, Gubernur Erzaldi Lakukan Rapat Persiapan Geopark Bangka
Sabtu, 27 Juni 2020 20:44 WIB
BAKIT - Mengakhiri serangkaian kegiatan di Bangka Barat, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman bersama Forkopimda Babel melakukan rapat dengan