Rp20 M untuk Minapolitan Bateng


Rp20 M untuk Minapolitan Bateng

KOBA (radarbangka.co.id) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bangka Tengah, segera mengucuran dana pembangunan kawasan minapolitan senilai Rp20 miliar untuk meningkatkan geliat pembangunan sektor kelautan dan perikanan daerah itu.

"Dana minapolitan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan masih dalam tahap pemenuhan persyaratan dan diharapkan segera dapat dikucurkan," ujar Kpala DKP Bangka Tengah, Heru Irianto, belum lama ini.

Ia menjelaskan, tahapan yang sedang dikejar antara lain pembuatan Surat Keputusan (SK) Bupati, membentuk kelompok kerja, menyusun master plan kawasan minapolitan, inventarisasi potensi, permasalahan dan upaya pencegahan masalah terhadap hasil usaha perikanan.

"Setelah tahapan selesai maka kami akan segera menghadap Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk berkoordinasi tentang segala persiapan yang sudah dilaksanakan agar dana kawasan minapolitan dapat segera dikucurkan," ujarnya.

Ia mengatakan, pada 2010 Kabupaten Bangka Tengah bersama empat kabupaten lainnya di Bangka Belitung, telah ditetapkan sebagai kawasan minapolitan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Bangka Tengah termasuk dari 197 kabupaten di Indonesia yang ditetapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai kawasan minapolitan dan ini menjadi tonggak untuk pembangunan sektor kelautan dan perikanan Bangka Tengah," katanya.

Menurut dia, Bangka Tengah memprioritaskan dua sektor pada kawasan minapolitan yakni sektor budidaya ikan kerapu dan penangkapan ikan kakap, karena populasi kedua jenis ikan itu cukup banyak sehingga cocok untuk dikembangkan secara maksimal.

"Kami akan mengembangkan perikanan tangkap dan budidaya ini dari hulu hingga hilir,"katanya.

Ia menjelaskan, selain memprioritaskan pengembangan dua sektor tersebut juga akan dibangun infrastruktur penunjang kawasan minapolitan seperti akses jalan menuju kawasan minapolitan, pelabuhan, sarana tangkap nelayan, pasar ikan, tempat pelelangan ikan dan infrastruktur lainnya.

"Kelompok usaha masyarakat di dua sektor tersebut juga akan dikuatkan melalui dana kawasan minapolitan," katanya.

Kabupaten Bangka Tengah memiliki luas 2.155,77 kilometer atau 215.577 hektare dikelilingi oleh 12 pulau-pulau kecil dengan panjang garis pantai kurang lebih 195 kilometer.

Sebanyak 12 pulau tersebut antara lain Pulau Gelasa, Pulau Ketawai, Pulau Bebuar, Pulau Panjang, Pulau Semujur, Pulau Pelepas, Pulau Busung asam dan Pulau Nangka. (ant)


Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Mahasiswa UBB Beri Edukasi Pengolahan Sampah Plastik di Desa Padang Baru
Mahasiswa UBB Beri Edukasi Pengolahan Sampah Plastik di Desa Padang Baru
Jum'at, 25 September 2020 21:54 WIB
KOBA – Mahasiswa Jurusan Sosiologi Universitas Bangka Belitung (UBB) di Desa Padang Baru, Kabupaten Bangka Tengah membuat berbagai kegiatan
Didit : Nomor 1 Atau 2 Sama Saja, Jangan Mau Diadu Domba
Didit : Nomor 1 Atau 2 Sama Saja, Jangan Mau Diadu Domba
Kamis, 24 September 2020 20:38 WIB
KOBA – Calon Bupati Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Didit Sri Gusjaya tak mempersoalkan nomor urut yang akan didapatkan Didit-Korari “BERDIKARI”.
Dapat Nomor Urut 1, H Ibnu Saleh Sebut Barokah dan Unggul
Dapat Nomor Urut 1, H Ibnu Saleh Sebut Barokah dan Unggul
Kamis, 24 September 2020 19:46 WIB
KOBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) telah menetapkan nomor urut masing-masing paslon yang bertarung di Pilkada
Pilkada Bateng, Paslon BERIMAN Nomor Urut 1, Nomor 2 BERDIKARI
Pilkada Bateng, Paslon BERIMAN Nomor Urut 1, Nomor 2 BERDIKARI
Kamis, 24 September 2020 16:22 WIB
KOBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar tahapan pengundian nomor pasangan calon (paslon) Bupati dan