Gubernur Babel Salurkan Zakat di Desa Perlang


Gubernur Babel Salurkan Zakat di Desa Perlang

KOBA  - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, melaksanakan kegiatan Sajadah Fajar dan menyerahkan bantuan zakat kepada sejumlah masyarakat di Desa Perlang pada Rabu (20/01/21), di Masjid Roudatus Sholihin, Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah.

Bantuan yang diberikan Mantan Bupati Bangka Tengah 2 periode itu, diharapkan dapat meringankan beban warga yang terdampak pandemi Covid-19.  Sekaligus sosialisasi budi daya tanaman jahe merah, tanaman porang, serta sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

"Bapak/Ibu, bantuan yang saya serahkan ini berasal dari zakat ASN Pemprov. Babel yang dikumpulkan melalui BAZNAS Provinsi Kepulauan Babel. Masing-masing Bapak Ibu mendapatkan Rp500.000 dan uang ini dibelanjakan untuk sembako, jangan dibelikan hal yang tidak penting,"ujarnya. 

Masih dalam kesempatan yang sama, Erzaldi juga mengajak petani meningkatkan ekonomi dengan program budi daya tanaman jahe merah dan tanaman porang yang sedang saat ini di ekspor keluar negeri. 

"Saya sarankan Ibu-ibu di sini agar meningkatkan pendapatan dengan menanam jahe merah di pekarangan rumah. Untuk modal usaha, dapat dipinjam dari program KUR mikro sebesar Rp10.000.000 tanpa agunan. Jika dalam jangka waktu 10 bulan jahe merah panen, ibu-ibu bisa menghasilkan uang sebesar Rp26.000.000," tuturnya. 

Lebih lanjut orang nomor satu di babel ini, mengatakan bahwa tanaman porang memiliki banyak kegunaan.  “Porang ini bisa dikonsumsi, bisa juga untuk bahan kosmetik, serta kebutuhan lainnya. Saat ini, pembeli tanaman porang sudah ada. Tanaman dari jenis umbi-umbian ini berpeluang baik untuk dikembangkan,” jelasnya.

Erzaldi mengajak masyarakat, agar tanaman sawit dan lada yang kurang baik diganti dengan bibit yang lebih baik, agar kualitas buah yang dihasilkan juga baik. Untuk itu, Pemprov. Babel telah menyiapkan bibit sawit dengan kualitas baik. 

"Kepada masyarakat agar selalu menjalankan protokol kesehatan supaya terhindar dari Covid-19, karena saat ini masyarakat yang terkontaminasi Covid-19 meningkat akibat masyarakat kurang disiplin menjalankan protokol kesehatan,"tutupnya mengingatkan.(cr01)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Wow, Investasi di Bateng Capai Rp 1,3 Triliun
Wow, Investasi di Bateng Capai Rp 1,3 Triliun
Kamis, 25 Februari 2021 20:46 WIB
KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Dan Tenaga Kerja
Komisi I dan III DPRD Babar Kunker ke Bateng
Komisi I dan III DPRD Babar Kunker ke Bateng
Rabu, 24 Februari 2021 21:51 WIB
KOBA – Komisi I dan III DPRD Kabupaten Bangka Barat (Babar) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah
Dinas Pendidikan Bateng Butuh 378 PPPK
Dinas Pendidikan Bateng Butuh 378 PPPK
Kamis, 18 Februari 2021 13:12 WIB
KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Pendidikan Bateng akan melakukan pengangkatan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK)
Lama Buron, Akhirnya Pencuri HP di Belilik Ditangkap
Lama Buron, Akhirnya Pencuri HP di Belilik Ditangkap
Rabu, 10 Februari 2021 16:01 WIB
KOBA - Setelah 6 bulan buron, Tim Unit Reskrim Polsek Namang dibantu Tim Tupai Polres Bangka Tengah (Bateng) berhasil meringkus