Petani di Bateng Terima Bantuan Bibit Cabe dan Bawang dari Distan


 Petani di Bateng Terima Bantuan Bibit Cabe dan Bawang dari Distan

KOBA - Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menyerahkan bantuan pertanian berupa bibit cabe dan bawang ke sejumlah  Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Bateng, Kamis (29/10/2020).

Penyerahan bibit di lahan pertanian milik Syawal, Desa Melabun, Kecamatan Sungai Selan ini dibuka langsung oleh Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman didampingi Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel, Juaidi serta Kepala Dinas Pertanian Bateng, Sajidin.

Dalam sambutannya, Erzaldi menyatakan sudah waktunya Kabupaten Bateng berfokus dalam mengelola bawang merah agar bisa memiliki nilai ekonomis tinggi. Sinergi yang dimaksudkan Erzaldi yakni dalam hal persiapan pembenihan, cara penanaman dan pengelolaan hingga menentukan harga pasar.

"Bangka Tengah telah ditunjuk untuk menjadi sentra hortikultura, untuk itu segera bentuk sinergi dan kolaborasi antara provinsi, kabupaten, kecamatan hingga desa. Bukan hanya sisi pemerintah, tapi juga yang ada di lapangan, baik penyuluh maupun petaninya," ujarnya.

Sementara itu, Kadis Pertanian Kabupaten Bateng, Sajidin menyampaikan arah kebijakan pertanian yang secara umum di Bateng. Hal ini disampaikan untuk memotivasi petani bahwa bidang pertanian diperhatikan secara serius.

"Dengan dana APBD Provinsi dan APBD Bangka Tengah telah disalurkan benih cabe merah dan bawang merah ke Bangka Tengah, baik Poktan dan Gapoktan. Insyaallah di Bangka Tengah juga akan didirikan pengembangan benih bawang merah di Lubuk, jangan sampai kita tergantung terus dari daerah lain seperti Brebes,”papar Sajidin.

Batuan yang disalurkan kali ini antara lain benih cabe merah dari dana APBN, benih bawang merah dari APBN dan dibantu APBD Kabupaten Bateng. Sedangkan untuk alat pertanian dan mesin pertanian bersumber dari Dana Insentif Daerah Bateng.

Adapun penerima bantuan pertanian kali ini terdiri dari bantuan Alat dan Mesin Pertanian, 2 Cultivator, 4 Pompa air, 5 Benih Cabe merah bagi Poktan, 3 Benih bawang merah bagi Gapoktan.

Hadir dalam acara ini para pejabat Dinas Pertanian Provinsi Babel, Kapolsek Sungai Selan, Camat Sungai Selan, Kades Melabun, para penyuluh pertanian Bateng, para petani dan perwakilan Poktan atau Gapoktan se-Kabupaten Bateng.(AQB)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
"Beriman" Ajak Masyarakat Bersatu Wujudkan Bateng Lebih Unggul
"Beriman" Ajak Masyarakat Bersatu Wujudkan Bateng Lebih Unggul
Senin, 16 November 2020 10:56 WIB
KOBA - Pasangan BERIMAN bersama Algafry Rahman-Herry Erfian mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkomitmen mewujudkan Bangka Tengah (Bateng) menjadi lebih
178 Hektar Lahan Ekstambang Berubah Jadi Lahan Jambu Mete
178 Hektar Lahan Ekstambang Berubah Jadi Lahan Jambu Mete
Senin, 28 September 2020 17:50 WIB
KERAKAS – Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memanfaatkan lahan ekstambang di Babel untuk budi daya jambu mete dengan harapan dapat
Khidmatnya Prosesi Tabur Bunga Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Pawitralaya
Khidmatnya Prosesi Tabur Bunga Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Pawitralaya
Selasa, 10 November 2020 11:51 WIB
PANGKALAN BARU - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama Forkopimda Provinsi Kepulauan Babel dan pimpinan instansi vertikal, mengikuti
Peletakan Batu Pertama Tambah Semangat Masyarakat Bangun Masjid Al-Iman
Peletakan Batu Pertama Tambah Semangat Masyarakat Bangun Masjid Al-Iman
Senin, 09 November 2020 20:58 WIB
BELULUK - Gubernur Erzaldi melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Iman di Desa Beluluk, Senin, (9/11/20). Dalam acara tersebut, Gubernur