Warga Resah, Siang Malam TI Rajuk Beroperasi di Kolong Marbuk


Warga Resah, Siang Malam TI Rajuk Beroperasi di Kolong Marbuk

KOBA – Meski sering kali ditertibkan, tambang liar berupa ponton TI Rajuk di kolong Marbuk, Pungguk dan Kenari, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah masih membandel, sehingga meresahkan masyarakat setempat.

Pantauan sejumlah awak media Rabu (07/10/2020), diketahui operasi ponton TI Rajuk tersebut bukan hanya pada siang hari, namun aktifitasnya beroperasi pada malam hari. Hal tersebut dibenarkan tokoh masyarakat setempat, H Ikron.

“Benar. Aktivitas TI Rajuk liar dibelakang pasar tak pernah berhenti. TI Rajuk beroperasi pada siang hari dan malam hari," keluh H Ikron kepada wartawan.

Lebih lanjut warga Berok ini, bahwa TI Rajuk mengancam keselamatan masyarakat Berok dan sekitarnya. Persoalan pertama banjir besar seperti tahun 2016 lalu kembali terulang. Pasalnya, TI sangat dekat pemukiman warga dan suara mesin yang bersumber dari mesin TI sangat mengganggu masyarakat.

"Banyak sekali dampak negatif baik sosial dan ekosistem alam dari aktivitas tambang ilegal di Marbuk, Pungguk dan Kenari. Seperti banjir besar, mengganggu pemukiman warga dan terganggu dengan suara bising mesin TI,”jelasnya.

Ikron menambahkan aktivitas TI Rajuk dibelakang pasar telah lama beroperasi secara kucing -kucingan. Dia pun heran, kenapa para penambang bisa berani menambang, bisa jadi ada indikasi keterlibatan oknum aparat yang membekingi aktivitas TI Rajuk itu.

"TI rajuk liar ini beroperasi sejak lama dan pernah diterbitkan aparat. Tapi, masih juga mengulang dan beroperasi. Kalau berani, berarti ada yang menjamin dan ada yang bekingi,”bebernya.

Ia mengharapkan kepada aparat penegak hukum untuk menertibkan aktivitas tambang liar TI Rajuk di wilayah Marbuk, Pungguk dan Kenari, supaya tidak menimbulkan keresahan bagi masyarakat.

"Kami atas nama masyarakat Berok yang tergabung dalam tiga belas RT bersepakat menolak dan tidak setuju TI Rajuk liar di belakang pasar dibuka. Kami minta aktivitas TI liar itu ditertibkan pihak penegak hukum dan minta segera diangkat,”pungkasnya.(AQB)
 




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Cabup Bateng, Heri Erfian Dinyatakan Sembuh Covid-19
Cabup Bateng, Heri Erfian Dinyatakan Sembuh Covid-19
Selasa, 27 Oktober 2020 20:52 WIB
KOBA - Setelah melewati proses perawatan intensif di RSUD Provinsi Babel, calon Bupati Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Herry Erfian akhirnya
 Cegah Paham Radikalisme dan Anti Pancasila, KNPI Bateng Gandeng Guru Ngaji dan Marbot
Cegah Paham Radikalisme dan Anti Pancasila, KNPI Bateng Gandeng Guru Ngaji dan Marbot
Minggu, 25 Oktober 2020 16:30 WIB
KOBA - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Jumat (23/10/2020) mengajak marbot masjid dan para guru ngaji
PPP Bateng Berduka, Anggota DPRD Babel M Yunus Meninggal Dunia
PPP Bateng Berduka, Anggota DPRD Babel M Yunus Meninggal Dunia
Sabtu, 17 Oktober 2020 01:41 WIB
KOBA - Keluarga besar Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mengungkapkan rasa duka cita atas meninggalnya anggota DPR
Pilkada Bateng 2020, KPU Tetapkan 129.172 DPT
Pilkada Bateng 2020, KPU Tetapkan 129.172 DPT
Sabtu, 17 Oktober 2020 01:15 WIB
KOBA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menetapkan Dafar Pemilih Tetap (DPT) pilkada Bateng sebanyak 129.172.