KPU Gelar Rakor Dan Sosialisasi Pilkada Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020


KPU Gelar Rakor Dan Sosialisasi Pilkada Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020

KOBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi syarat pencalonan dan syarat calon pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 bertempat di Hotel Santika hari Selasa (11/7/2020). 

Kegiatan ini sendiri dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Bangka Tengah Rusdi, dengan dihadiri Kapolres Bangka Tengah, Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Pimpinan Partai Politik dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Ketua KPU Kabupaten Bangka Tengah Rusdi dalam sambutannya menyampaikan kegiatan rakor ini terkait sosialisasi tentang mekanisme pencalonan di pilkada serentak 2020 sesuai PKPU No. 1 tahun 2020 dan PKPU No. 6 tahun 2020 tentang pilkada di masa pandemi.

“Rakor ini digelar mengingat bulan september sudah memasuki tahapan pendaftaran pasangan calon, untuk itu KPU Bateng siap menerima kedatangan pasangan calon yang nanti akan menyerahkan berkas ke KPU baik itu syarat calon ataupun syarat pencalonan,” ujar Rusdi kepada Radar Bangka Selasa (11/8/2020) di Hotel Santika. 

Sementara itu Marhaendra Yuliansyah Komisioner KPU kabupaten Bangka Tengah Divisi Teknis Penyelenggaraan menjelaskan perihal mekanisme pendaftaran pasangan calon ada 14 tahapan.

“Dimulai dari pengumuman pendaftaran pasangan calon tanggal 28 agustus – 3 september 2020, tanggal 4 – 6 september KPU Bateng sudah membuka pendaftaran pasangan calon, hingga tanggal 23 september 2020 pleno penetapan pasangan calon dan pada tanggal 24 september 2020 pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon,” jelasnya.

Menurut Marhaendra KPU Kabupaten Bangka Tengah berharap melalui rakor ini partai politik yang akan mengusulkan pasangan calon bupati dan wakil bupati memahami alur tahapan pencalonan dan mendaftar dengan baik.

“Besar harapan KPU, kontestasi pemilihan kepala daerah di kabupaten Bangka Tengah dapat menarik partisipasi masyarakat umum sehingga masyrakat dapat datang berbondong-bondong menggunakan hak suara/pilih pada pemungutan dan penghitungan suara pilkada Kabupaten Bangka Tengah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Komisioner KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pudjiarti menjelaskan di masa pandemi Covid-19 ini para pasangan calon yang akan mengikuti pilkada, harus dinyatakan sehat dan bebas dari Virus Covid-19.

“Apabila nantinya ditemukan paslon yang di kemudian hari terpapar positif covid-19, tidak akan digugurkan. kecuali gugur disebabkan karena meninggal dunia,” terangya.(cr01)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
 Angin Kencang, Kanopi Pasar Rakyat Koba Ambruk
Angin Kencang, Kanopi Pasar Rakyat Koba Ambruk
Senin, 21 September 2020 17:08 WIB
KOBA – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi Minggu (20/09/2020) dini hari mengakibatkan kanopi pasar rakyat Koba yang berlokasi
23 September Penetapan Paslon, KPU Bateng Ingatkan Paslon Batasi Masa
23 September Penetapan Paslon, KPU Bateng Ingatkan Paslon Batasi Masa
Jum'at, 18 September 2020 19:15 WIB
KOBA - Masih di tengah pandemi Covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), memastikan akan membatasi jumlah pendukung
Kecamatan Pangkalan Baru Juara Umum Popda Bateng 2020
Kecamatan Pangkalan Baru Juara Umum Popda Bateng 2020
Kamis, 17 September 2020 21:20 WIB
KOBA – Kecamatan Pangkalan Baru meraih Juara Umum pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Kabupaten Bangka Tengah (Bateng)
Pemkab Bateng Gelar Rapat Tentang Keputusan Bersama MenpanRB, Mendagri, BKN, KASN dan Bawaslu Terkait Netralitas Pilkada 2020
Pemkab Bateng Gelar Rapat Tentang Keputusan Bersama MenpanRB, Mendagri, BKN, KASN dan Bawaslu Terkait Netralitas Pilkada 2020
Kamis, 17 September 2020 16:41 WIB
KOBA – Dalam upaya menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pilkada Serentak tahun 2020. Pemkab Bangka Tengah (Bateng), Kamis