Kajari Bateng Musnahkan Barang Bukti, Narkotika Ratusan Juta Dimusnahkan


Kajari Bateng Musnahkan Barang Bukti, Narkotika Ratusan Juta Dimusnahkan

KOBA – Sejumlah barang bukti tindak pidana umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Tengah (Bateng) dimusnahkan. Pemusnahan barang bukti yang dilakukan merupakan lanjutan tugas penuntut umum untuk mengeksekusi barang bukti tindak pidana yang telah berkekuatan hukum tetap.

“Pemusnahan ini merupakan lanjutan dari tugas penuntut umum untuk mengeksekusi barang bukti tindak pidana yang telah berkekuatan hukum tetap,” ujar Kajari Bateng, Baharuddin kepada Radar Bangka, Kamis (16/07/2020) di halaman Kantor Kejari Bateng disela-sela pemusnahan barang bukti.

Dominasi barang bukti yang dimusnahkan, yakni narkotika, kemudian alat elektronik, sajam beserta senjata api jenis airsoft gun.

“Kita merasa prihatin , bahwa dari perkara-perkara yang masuk saat ini lebih di dominasi oleh perkara narkotika. Ukuran kota kecil tidak dijangkau oleh narkotika terbantahkan oleh karena itu kita berkomitmen tidak main-main dalam penegakan hukum”, tegasnya.

Ia juga mengatakan bahwa di kegiatan kali ini untuk mengantisipasi jangan sampai barang bukti yang ada disalahgunakan kembali, dan ia berharap agar masyarakat dapat melihat bahwa penegak hukum tidak main-main dengan penyalahgunaan narkotika dan tindak pidana umum lainnya.

“Untuk pemusnahan barang bukti kali ini terdiri dari tindak pidana narkotika adapun barang bukti yang dimusnahkan jenis sabu ada 100 kg,81 gram dan 1 butir pil ekstasi”, tambahnya.

Giat pemusnahan barang bukti tahun ini, setiap pemusnahan barang bukti, selalu yang mendominasi adalah narkotika, dan dibandingkan dengan pemusnahan barang bukti yang pertama dan kedua, pemusnahan barang bukti narkotika kali ini meningkat.

“Untuk pemusnahan kedepan masih dalam tahap proses persidangan, dan mungkin akan dijadwalkan untuk di pemusnahan barang bukti selanjutnya setelah inkrah dan ada putusan hukum tetap”, terangnya. 

Pihaknya mengungkapkan setelah inkrah dan ada putusan hukum tetap akan segera di eksekusi saat ini masih dalam tahapan pemeriksaan alat bukti. 

Pantauan Radar Bangka dilapangan, pemusnahan barang bukti tersebut di hadiri perwakilan Pemkab Bateng, Polres Bateng, BNK Bateng dan Pengadilan Negeri Bateng.(cr01)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
  Algafry : Peran Stakholder Jadikan Bateng Raih Anugerah Parahita Ekapraya
Algafry : Peran Stakholder Jadikan Bateng Raih Anugerah Parahita Ekapraya
Rabu, 17 Maret 2021 21:36 WIB
KOBA- Bupati Bangka Tengah (Bateng) Algafry Rahman hadiri acara Kegiatan Verifikasi Lapangan dalam rangka Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) secara
Algafry Rahman Minta Rukun Tetangga Jalin Silaturahmi Dengan Baik di Masyarakat
Algafry Rahman Minta Rukun Tetangga Jalin Silaturahmi Dengan Baik di Masyarakat
Rabu, 17 Maret 2021 21:33 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) Algafry Rahman menghadiri kegiatan penyerahan Surat Keputusan (SK) sekaligus honorarium bagi Rukun Tetangga (RT),
Bupati Bateng dan Danlanal Babel Tandatangani NHPD
Bupati Bateng dan Danlanal Babel Tandatangani NHPD
Rabu, 17 Maret 2021 21:30 WIB
KOBA - Dalam upaya mendukung sarana dan prasaran Angkatan Laut Bupati Bangka Tengah (Bateng) Algafry Rahman menandatangani Naskah Perjanjian Hibah
 Bupati Bateng Minta PGRI Tingkatkan Kualitas dan Mutu Pendidikan di Bateng
Bupati Bateng Minta PGRI Tingkatkan Kualitas dan Mutu Pendidikan di Bateng
Rabu, 17 Maret 2021 07:54 WIB
KOBA – Bupati Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Algafry Rahman menerima audiensi Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bateng periode tahun