Pemkab Bateng, Polda dan Korem Kompak Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional


Pemkab Bateng, Polda dan Korem Kompak Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional

KOBA - Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., menghadiri acara Penanaman Bibit Padi dan Pelepasan Benih Ikan di lokasi Ketahanan Pangan Desa Namang, Kecamatan Namang, Kamis (09/07/2020). Acara dimulai dengan disaksikannya video conference secara nasional antara Polri, TNI, 34 Polda dan Korem, serta Bupati/Walikota se-Indonesia. Program ini merupakan kesepakatan bersama TNI-Polri secara nasional untuk mewujudkan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana seperti wabah Covid-19 yang tidak terduga.

Di Kabupaten Bangka Tengah sendiri pelaksanaan program ketahanan pangan ini ditempatkan di Kecamatan Namang karena merupakan wilayah pertanian terluas di Bangka Tengah. Ibnu Saleh dalam sambutannya menyatakan bahwa saat ini Namang memiliki produk lokal seperti beras merah dan penggunaan MA-11 untuk meningkatkan produktivitas.

“Alhamdulillah, masyarakat kita semakin belajar bagaimana bercocok tanam yang baik mengingat pada awalnya pembukaan lahan persawahan bukanlah swasembada pangan, melainkan pemanfaatan lahan,” ujar Ibnu Saleh kepada Radar Bangka kamis sore (09/07/2020) di halaman rumah dinas Bupati.

Disamping itu untuk budidaya perikanan air tawar, Ibnu menyebut produksi ikan air tawar paling besar di Bangka Belitung ini masih dipegang oleh Bangka Tengah dan mendukung ketahanan pangan di wilayah setempat.

“Saat ini kami masih terus kembangkan, disamping mengatasi masa Covid-19 ini, yakni perkembangan ketahanan pangan baik hortikultura, air tawar maupun perikanan tangkap. Kegiatan seperti ini memacu kita semua untuk meningkatkan ketersediaan pangan di masyarakat, khususnya di tengah pandemi,” pungkasnya. 

Sementara itu, dari pihak Polda Bangka Belitung dan TNI dalam sambutannya menyatakan perlunya persatuan dan kesatuan seluruh pihak untuk menjaga ketahanan pangan. Harapannya, ujaran tentang swasembada pangan bukan lagi sekadar mimpi, namun bisa menjadi kenyataan yang bisa menjaga stabilitas ekonomi dan keamanan pangan masyarakat.

Hadir dalam acara ini jajaran Kepala OPD Kabupaten Bangka Tengah, yakni Kepala Dinas Pangan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perikanan, Camat Namang, Lurah Namang, perwakilan Puskesmas Namang, para penyuluh pertanian dan perikanan wilayah Namang. Selain penanaman bibit padi dan pelepasan benih ikan, juga diberikan beberapa bantuan alat-alat pertanian kepada petani setempat.(cr01)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Didit : Nomor 1 Atau 2 Sama Saja, Jangan Mau Diadu Domba
Didit : Nomor 1 Atau 2 Sama Saja, Jangan Mau Diadu Domba
Kamis, 24 September 2020 20:38 WIB
KOBA – Calon Bupati Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Didit Sri Gusjaya tak mempersoalkan nomor urut yang akan didapatkan Didit-Korari “BERDIKARI”.
Dapat Nomor Urut 1, H Ibnu Saleh Sebut Barokah dan Unggul
Dapat Nomor Urut 1, H Ibnu Saleh Sebut Barokah dan Unggul
Kamis, 24 September 2020 19:46 WIB
KOBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) telah menetapkan nomor urut masing-masing paslon yang bertarung di Pilkada
Pilkada Bateng, Paslon BERIMAN Nomor Urut 1, Nomor 2 BERDIKARI
Pilkada Bateng, Paslon BERIMAN Nomor Urut 1, Nomor 2 BERDIKARI
Kamis, 24 September 2020 16:22 WIB
KOBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar tahapan pengundian nomor pasangan calon (paslon) Bupati dan
PENGUMUMAN PENETAPAN PASANGAN CALON PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA TENGAH TAHUN 2020
PENGUMUMAN PENETAPAN PASANGAN CALON PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA TENGAH TAHUN 2020
Kamis, 24 September 2020 15:26 WIB
Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah Nomor 099/PL.02.3-Kpt/1904/KPU-Kab/IX/2020 Tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan wakil Bupati