Bawaslu Bangka Tengah Aktifkan Jajaran Adhoc


Bawaslu Bangka Tengah Aktifkan Jajaran Adhoc

KOBA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah sejak pertengahan Maret 2020 karena penghentian sementara tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 akibat pandemi Covid-19, seluruh jajaran adhoc Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) sejak Minggu (14/06) kembali diaktifkan lagi.

Kepastian pengaktifan ini setelah Bawaslu Kabupaten Bateng menertibkan (Surat Keputusan) SK pengaktifan kembali bagi Panwaslu Kecamatan di 6 kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa di 63 kelurahan/desa.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng, Robianto. Mengatakan, pihaknya sudah menerbitkan SK pengaktifan kembali terhadap 18 orang anggota Panwaslu Kecamatan dan 63 orang Panwaslu Kelurahan/Desa terhitung sejak Minggu (14/06/2020).

"Iya memang benar seluruh jajaran adhoc kita pada Pilkada Serentak Tahun 2020 ini sudah kita aktifkan kembali seiring dengan telah dimulai kembali lanjutan tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020," ujarnya kepada Radar Bangka, Senin (15/06/2020).

Dengan aktifnya jajaran adhoc Bawaslu Bateng, disampaikan setelah dilakukan terbitnya Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 0197 tentang pengaktifan kembali Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa pada Pilkada Serentak 2020 menindaklanjuti telah terbitnya Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

"Pengaktifan ini diikuti dengan pengaktifan kembali sekretariat Panwaslu Kecamatan sebanyak 48 orang," ungkapnya.

"Seluruh Kantor Panwaslu Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah sudah mulai kita aktifkan kembali terhitung sejak Senin (15/06/2020)," tambahnya.

Dilanjutkan lagi oleh Robianto, pihaknya tidak henti mengingatkan jajaran adhoc ketika saat menjalankan tugas di lapangan agar tetap menerapkan protokol Covid-19 dengan tetap menjaga jarak, menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun ataupun hand sanitizer.  

"Saat ini kita sedang concern menyelesaikan berbagai kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi seluruh jajaran pengawas di setiap tingkatan khususnya saat melakukan tugas pengawasan dan kebutuhan APD ini harus tersedia pada saat pengawasan pemutakhiran daftar pemilih nanti," terangnya. 

Robianto pun menegaskan keperluan APD ini sangat penting bagi seluruh jajarannya dan guna memberikan perlindungan dari penyebaran virus Covid-19.  

"Harapan kita tentunya keselamatan jajaran pengawas merupakan hal yang utama dan penting bagi kami. Kemudian seluruh Kantor Panwaslu Kecamatan juga dalam waktu dekat akan kita lakukan penyemprotan disinfektan dan ini dilakukan secara berlanjut untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19," tandasnya. (Cr02)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Ibnu Saleh Kembangkan Sektor Wisata, Dorong Pembangunan Dermaga Penyak
Ibnu Saleh Kembangkan Sektor Wisata, Dorong Pembangunan Dermaga Penyak
Rabu, 05 Agustus 2020 15:13 WIB
KOBA - Bupati Kabupaten Bangka Tengah H. Ibnu Saleh tinjau pembangunan dermaga Desa Penyak, Kecamatan Koba. Selain berkomitmen mengembangkan Kemajuan
Pemkab Bateng Komitmen Lestarikan Hutan Bakau Munjang
Pemkab Bateng Komitmen Lestarikan Hutan Bakau Munjang
Selasa, 04 Agustus 2020 12:35 WIB
KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah berkomitmen akan terus melestarikan 213 hektare areal Hutan Mangrove (bakau) Munjang di Desa Kurau
Gubernur Erzaldi Kembali Kunjungi Kesiapan Hutan Mangrove Munjang
Gubernur Erzaldi Kembali Kunjungi Kesiapan Hutan Mangrove Munjang
Senin, 03 Agustus 2020 16:10 WIB
KURAU BARAT - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman kembali mengunjungi Hutan Kemasyarakatan (HKM) Gempa 01, Mangrove Munjang, Kurau
Koba Rayakan Hari Ulang Tahun ke-166 Dengan Rapat Paripurna Istimewa
Koba Rayakan Hari Ulang Tahun ke-166 Dengan Rapat Paripurna Istimewa
Senin, 03 Agustus 2020 16:07 WIB
KOBA - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah menghadiri kegiatan rapat paripurna istimewa dalam rangka peringatan Hari Ulang