Bawaslu Provinsi Babel Gelar Diskusi Daring Sekolah Kader Pengawas Partisipatif


Bawaslu Provinsi Babel Gelar Diskusi Daring Sekolah Kader Pengawas Partisipatif

KOBA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyelenggarakan diskusi daring Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Tahun 2020, Kamis (11/6/2020).

Turut dihadiri narasumber antara lain Ketua bawaslu Provinsi Edy Irawan,S.Ag, Andi Budi Yulianto (Kordiv Pengawasan dan Hubal) , ST, Ir. Firman TB Pardede (Kordiv Penyelesaian Sengketa) , Dewi Rusmala, S.Pd.Ek (Kordiv Hukum, Humas dan Datin), Jafri, S.Pd.Si (Kordiv Penanganan Pelanggaran) 

Diskusi daring ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif yang diinisiasi oleh Bawaslu Republik Indonesia yang mana diselenggarakan di semua provinsi di Indonesia.

Sekolah ini mirip dengan sekolah umumnya karena didalamnya terdapat kurikulum, kegiatan pembelajaran, diskusi hingga ujian akhir. Kegiatan pembelajaran Sekolah Kader Pengawas Partisipatif ini dilakukan secara online atau daring, yang mana para peserta atau siswanya mendapatkan materi pembelajaran daring tentang Pemilu dan pilkada, mekanisme penanganan pelanggaran, kerawanan pemilih, regulasi dan yang lainnya.

Kemudian, materi ini menjadi basis peserta untuk mengikuti proses ujian kedepan, jika peserta lulus pada Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) ini maka akan mendapatkan sertifikat kelulusan dari Bawaslu RI.

Akademisi Universitas Bangka Belitung Luna Febriani, M. A, yang juga bertindak sebagai Moderator mengatakan, SKPP ini diikuti peserta sebanyak 64 orang beserta ketua dan anggota bawaslu se-Kabupaten/Kota di Bangka Belitung dan diisi oleh narasumber yang kompeten.

“Kegiatan diskusi diawali dengan penyampaian arahan sekaligus pemantik diskusi dari Ketua Provinsi Bangka Belitung, Bapak Edi Irawan, S. Ag. Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi kelompok yang membahas 9 tema pembelajaran dari peserta yang sudah dibagi per kelompok”, Kata Luna kepada Radar Bangka, Jumat (12/6/2020) Koba. 

Sementara dalam sambutannya, Ketua Provinsi Bangka Belitung Edi Irawan, S. Ag. menyampaikan kegiatan SKPP ini merupakan ikhtiar Bawaslu dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada momen pilkada di masa Pandemi seperti saat ini. 

“Harapannya dalam kegiatan pemilu dan pilkada, masyarakat tidak saja menjadi objek tapi justru menjadi subjek. Diskusi yang berlangsung selama dua jam ini mendapat sambutan dan antusiasme yang tinggi dari para peserta, ini terlihat dari banyaknya jumlah pertanyaan yang mereka ajukan terkait materi yang telah mereka dapatkan serta banyaknya masukan dan partisipasi dari jajaran Bawaslu tingkat Kabupaten/Kota di Bangka Belitung,” Ujarnya.(cr02)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Ibnu Saleh Kembangkan Sektor Wisata, Dorong Pembangunan Dermaga Penyak
Ibnu Saleh Kembangkan Sektor Wisata, Dorong Pembangunan Dermaga Penyak
Rabu, 05 Agustus 2020 15:13 WIB
KOBA - Bupati Kabupaten Bangka Tengah H. Ibnu Saleh tinjau pembangunan dermaga Desa Penyak, Kecamatan Koba. Selain berkomitmen mengembangkan Kemajuan
Pemkab Bateng Komitmen Lestarikan Hutan Bakau Munjang
Pemkab Bateng Komitmen Lestarikan Hutan Bakau Munjang
Selasa, 04 Agustus 2020 12:35 WIB
KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah berkomitmen akan terus melestarikan 213 hektare areal Hutan Mangrove (bakau) Munjang di Desa Kurau
Gubernur Erzaldi Kembali Kunjungi Kesiapan Hutan Mangrove Munjang
Gubernur Erzaldi Kembali Kunjungi Kesiapan Hutan Mangrove Munjang
Senin, 03 Agustus 2020 16:10 WIB
KURAU BARAT - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman kembali mengunjungi Hutan Kemasyarakatan (HKM) Gempa 01, Mangrove Munjang, Kurau
Koba Rayakan Hari Ulang Tahun ke-166 Dengan Rapat Paripurna Istimewa
Koba Rayakan Hari Ulang Tahun ke-166 Dengan Rapat Paripurna Istimewa
Senin, 03 Agustus 2020 16:07 WIB
KOBA - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah menghadiri kegiatan rapat paripurna istimewa dalam rangka peringatan Hari Ulang