Sosiolog UBB Tanggapi Wacana Pelaksanaan New Normal Pemkab Bangka Tengah


Sosiolog UBB Tanggapi Wacana Pelaksanaan New Normal Pemkab Bangka Tengah

KOBA -- Persiapan era normal baru di Bumi Selawang Segantang masih menjadi perhatian khusus. Hingga kini jumlah warga yang terpapar COVID-19 terus bergerak naik. Butuh kesiapan panjang sebelum menyambut new normal di Kabupaten Bangka Tengah.

Dosen Sosiologi FISIP Universitas Negeri Bangka Belitung (UBB), Luna Febriani, S.Sos., M.A menuturkan, Kebijakan New Normal merupakan salah satu kebijakan yang di ambil oleh pemerintah Kabupaten Bangka Tengah guna memperbaiki kondisi sosial ekonomi politik (dll) masyarakat akibat hadirnya pandemi covid-19 dengan cara menerapkan tatanan baru, seperti membiasakan perilaku hidup sehat (menjaga jarak, menggunakan masker dan rajin mencucui tangan) sesuai dengan standar dan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Ia mengungkapkan, Salah satu implementasi kebijakan ini adalah penerapan kondisi new normal di lingkungan pemerintah berdasarkan Surat edaran yang dikeluarkan oleh Kemenpan RB tentang sistem kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Tatanan Normal Baru.

Dengan dikeluarkan surat edaran ini, maka pemerintah dapat menetapkan penyesuain kembali jam kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

"Jadi mestinya, kalau memang Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah mau menyiapkan masyarakat menyambut era new normal. Pemerintah harus siap dengan berbagai alternatif pendekatan yang tidak menghomogenisasi seluruh masyarakat Bangka Tengah dengan satu pendekatan itu," ungkapnya kepada Radar Bangka, Senin (08/06/2020).

Dosen sosiologi UBB ini menambahkan, Di Bangka Belitung, aturan ini sudah diterapkan di berbagai pemerintahan, salah satunya di Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.

Saat ini pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sudah mengaktifkan kembali jam kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara kembali seperti biasanya dan menerapkan rutinitas apel dan senam pagi dengan tetap memperhatikan standar kesehatan.

"Penerapan kondisi tatanan normal baru ini merupakan salah satu bentuk adaptasi yang dilakukan agar pelayanan birokrasi kepada masayarakat dan produktivitas pegawai dapat berjalan optimal. Terkait hal tersebut, di tengah situasi yang belum menentu akibat masih adanya peningkatan penuyebaran covid-19, maka selain perlu mempertimbangkan protokol kesehatan yang ada juga perlu mempertimbangkan kondisi atau keadaan masyarakat atau pegawai di lingkungan Pemkab Bangka Tengah, efektivitas pekerjaan, serta fleksibilitas dan lokasi pekerjaan sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan menteri.," jelasnya.

Dengan kata lain, pada proses adaptasi awal ini, pengembalian tatanan baru di Kabupaten Bangka Tengah tidak dapat dilakukan secara cepat dan singkat tapi perlu dengan dengan cara bertahap, sehingga penyebaran covid-19 dapat diantisipasi. Sederhananya perlu ada ‘toleransi-toleransi’ yang diterapkan dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi perkembangan covid-19, masyarakat dan pegawai itu sendiri.

Namun, toleransi yang diberikan setiap kepala daerah dalam menjalankan roda pemerintahan tentu harus disertai dengan kedisiplinan, baik disiplin dalam sisi kesehatan maupun disiplin dari sisi produktivitas pekerjaan, sehingga kesehatan dan produktivitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bateng masih tetap dapat terjaga di tengah kondisi pandemi ini.(Cr02)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Pemkab Bateng Komitmen Lestarikan Hutan Bakau Munjang
Pemkab Bateng Komitmen Lestarikan Hutan Bakau Munjang
Selasa, 04 Agustus 2020 12:35 WIB
KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah berkomitmen akan terus melestarikan 213 hektare areal Hutan Mangrove (bakau) Munjang di Desa Kurau
Gubernur Erzaldi Kembali Kunjungi Kesiapan Hutan Mangrove Munjang
Gubernur Erzaldi Kembali Kunjungi Kesiapan Hutan Mangrove Munjang
Senin, 03 Agustus 2020 16:10 WIB
KURAU BARAT - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman kembali mengunjungi Hutan Kemasyarakatan (HKM) Gempa 01, Mangrove Munjang, Kurau
Koba Rayakan Hari Ulang Tahun ke-166 Dengan Rapat Paripurna Istimewa
Koba Rayakan Hari Ulang Tahun ke-166 Dengan Rapat Paripurna Istimewa
Senin, 03 Agustus 2020 16:07 WIB
KOBA - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah menghadiri kegiatan rapat paripurna istimewa dalam rangka peringatan Hari Ulang
PW Muhammadiyah Babel Sembelih Qurban di SMP Muhammadiyah Koba
PW Muhammadiyah Babel Sembelih Qurban di SMP Muhammadiyah Koba
Senin, 03 Agustus 2020 16:05 WIB
KOBA - Keluarga besar Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Kepulauan Bangka Balitung (Babel), beserta jajaran Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten