Penghujung 2019, Kabupaten Bateng Meraih Penghargaan Peduli HAM


Penghujung 2019, Kabupaten Bateng Meraih Penghargaan Peduli HAM

BANDUNG - Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) untuk penilaian Tahun 2018.

Penghargaan tersebut langsung diterima oleh Bupati Bateng, DR Ir H Ibnu Saleh MM saat menghadiri peringatan hari HAM sedunia ke-71 di Gedung Merdeka Bandung, Selasa (10/12). Hadir Menkopolhukam Prof. Mahfud MD mewakili Presiden untuk memberikan penghargaan tersebut sekalian membuka acara hari HAM sedunia dengan Tema; Pelayanan Publik yang Berkeadilan.

Kabupaten Bateng sendiri sudah Lima kali mendapatkan penghargaan tersebut sejak tahun 2014, 2015, 2016, 2017 dan terakhir 2018. Dalam acara tersebut, penyerahan penghargaan tersebut dibagi menjadi 3 (tiga) kategori yakni kabupaten/kota peduli HAM, kabupaten /kota cukup peduli HAM, dan kabupaten/kota yang belum peduli HAM. Sedangkan Kabupaten Bateng secara berturut-turut mendapatkan predikat Kabupaten PEDULI HAM.

Bupati Ibnu Saleh mengucapkan syukur karena Kabupaten Bateng telah memenuhi 7 (tujuh) indakator penilaian kabupaten/kota peduli HAM, adapun 7 (tujuh) indikator penilaian Kabupaten/kota peduli HAM yaitu: Pemenuhan hak atas pendidikan, kesehatan, perempuan dan anak, kependudukan, perumahan yang layak, pekerjaan dan lingkungan hidup yang berkelanjutan.


"Alhamdulillah, penghargaan tersebut merupakan bentuk komitmen pemda dalam menjunjung tinggi human right. Kita ingin daerah kita tetap menjunjung tinggi HAM. Kita selalu melakukan hubungan baik dengan semua etnis agama maupun ras yang ada di Bateng," ungkapnya.

Ia juga mengaku, selalu melibatkan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dalam setiap keputusan yang berkaitan tentang keagamaan.

"Jika emang ada aturan yang menyinggung agama atau kelompok, kita selalu berdiskusi agar tidak ada yang merasa terkucilkan atau disampingkan," tambahnya, seraya berharap agar seluruh warga Bateng dapat saling menghargai antar sesama dan tetap kompak sehingga tidak terjadi gesekan antar suku ataupun agama. (***)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Disperindagkop UKM Bateng Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur
Disperindagkop UKM Bateng Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur
Jum'at, 20 Desember 2019 19:15 WIB
KOBA - Di penghujung tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali meraih penghargaan melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi,
Dinas Perikanan Bateng Sampaikan Program Unggulan ke Kementerian Kelautan Perikanan
Dinas Perikanan Bateng Sampaikan Program Unggulan ke Kementerian Kelautan Perikanan
Rabu, 18 Desember 2019 15:05 WIB
KOBA - Guna menyampaikan beberapa program unggulan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), maka Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bateng, Taufik bersama beberapa
Kontraktor Siap Bertanggungjawab Perbaiki Pasar Rakyat Koba
Kontraktor Siap Bertanggungjawab Perbaiki Pasar Rakyat Koba
Rabu, 18 Desember 2019 17:30 WIB
KOBA - Pihak Kontraktor Pembangunan Pasar Rakyat Koba tahun 2017, melalui pengawas lapangan yakni Iwang mengaku pihaknya siap bertanggungjawab memperbaiki
Hj Iriani Ibnu Hadiri Lomba Masak di Desa Tanjungpura
Hj Iriani Ibnu Hadiri Lomba Masak di Desa Tanjungpura
Rabu, 18 Desember 2019 17:00 WIB
SUNGAISELAN - Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Hj Iriani Melita Ibnu Saleh, menghadiri acara lomba memasak nasi goreng