Dewan Bateng Soroti Pembangunan Dua Poskesdes


Dewan Bateng Soroti Pembangunan Dua Poskesdes

KOBA - Komisi I DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) baru-baru ini menyoroti kedua pembangunan gedung Poskesdes senilai Rp600jutaan, karena dinilai kurang layak. Kedua unit Poskesdes dimaksud yakni, Poskesdes Pasirgaram di Kecamatan Simpangkatis dan Poskesdes di Dusun C2 Desa Lubuklingkuk Kecamatan Lubukbesar.

"Memang benar, atas laporan dari masyarakat sebelumnya. Kami telah meninjau proyek pembangunan Poskesdes Pasirgaram pada Selasa (3/12) lalu dan Poskesdes C2 Lubukpabrik pada Kamis (5/12) lalu, kedua bangunan poskesdes yang baru selesai itu dinilai kurang sepadan atau kurang baik," ujar Ketua Komisi I DPRD Bateng, Pahlivi Sjahrun kepada sejumlah awak media di kantor DPRD Bateng, Senin (9/12) siang.

Pahlivi mengungkapkan, pihaknya menyaksikan beberapa fisik proyek  bangunan Poskesdes Pasirgaram senilai Rp300jutaan itu kondisinya sudah retak dan lepas, diantaranya listplang beton bagian belakang sudah copot, kemudian kondisi listplang atap di bawah genteng terpasang tidak rata bergelombang.

"Kemudian, saat ditinjau juga rabat terlalu kasar dan tampak kurang lebar dengan pembuangan air tak jelas, masalah plester bangunan dindingnya, hingga kabar miring tentang status sebagian tanahnya," ungkapnya.

Sementara itu, bangunan Poskesdes C2 Lubukpabrik yang nilainya juga Rp300jutaan itu jangkauannya cukup jauh malah kualitas pembangunannya lebih lumayan bagus dibandingkan pengerjaan Poskesdes Pasirgaram hanya saja kendalanya penataan tempat pembuangan limbahnya yang harus diatur sedemikian rupa.

"Kedua proyek pembangunan Poskesdes ini dikerjakan oleh kontraktor yang sama. Kami dari Komisi I DPRD Bateng yang mengelola bidang Kesehatan ini, telah meminta kepada PPK dan kontraktor untuk memperbaiki itu semua, kami beri tenggat waktu hingga 18 Desember 2019 nanti," katanya.

Pahlevi menegaskan, untuk perbaikan kedua proyek Poskesdes ini tidak ada toleransi apapun. Karena ini tempat pelayanan publik, berhubungan dengan kesehatan. 

"Semua pihak yang menggunakan uang negara, hendaknya bekerja membangun bangunan sesuai dengan RAB nya, agar bisa dipergunakan publik secara optimal. Inikan poskesdes, pastinya bakal ada limbah medis dan lainnya," katanya.

Pahlevi juga menekankan, agar kontraktor jangan bermain-main dengan istilah masa pemeliharaan dalam sebuah proyek, jangan sampai imejnya kalau tak diperiksa aman, kalau diperiksa beralasan masih masa pemeliharaan.

"Kedepan, hal seperti ini kami harap tak terulang lagi, semua OPD yang bermitra dengan Komisi I ini agar dapat bersinergi dalam pembangunan dengan tertib dan terarah. Intinya, ini teguran dari kami agar tak terulang," tegasnya.

Sementara itu, Kadinkes Bateng dr H Bahrun Siregar Sutrisno saat dikonfirmasi sejumlah awak media, mengatakan pihaknya telah bekerja sesuai pencanaan, kendati diakui memang masih ada kekurangan, karena masih masa pemeliharaan, maka dilakukan perbaikan.

"Setelah sehari dewan berkunjung, kami langsung meninjau ulang Poskesdes Pasirgaram dengan C2 juga. Kami sudah minta kepada pemborong untuk melakukan perbaikan, pemborong juga komitmen untuk itu," katanya.

Terkait adanya indikasi masalah terkait lahan desa yang terpakai oleh pembangunan Poskesdes, maka Kades Pasirgaram pun sudah didatangi. Namun yang bersangkutan beralasan tak berada di rumah. "Kalau awalnya lahan desa itu statusnya hibah, tiba-tiba minta ganti rugi. Anehkan, kalau akhirnya sampai ada masalah atau mau minta ganti rugi," tandas dr Bahrun. (and)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Tolak Tambang Liar, Warga Geruduk Kantor Bupati Bateng
Tolak Tambang Liar, Warga Geruduk Kantor Bupati Bateng
Jum'at, 27 November 2020 18:52 WIB
KOBA - Puluhan warga Desa Kelurahan Padang Mulia, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), geruduk Kantor Bupati Bateng, Kamis (26/11/2020).
Sosok Cabup dan Cawabup Bateng Nomor Urut 1 di Mata Warga
Sosok Cabup dan Cawabup Bateng Nomor Urut 1 di Mata Warga
Jum'at, 27 November 2020 17:04 WIB
KOBA - Sosok calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman - Algafry Rahman dinilai masyarakat pantas memimpin
Jika Terpilih, Algafry Siap Turun Serap Aspirasi Masyarakat
Jika Terpilih, Algafry Siap Turun Serap Aspirasi Masyarakat
Selasa, 24 November 2020 19:26 WIB
PANGKALANBARU - Meski pencalonannya sebagai Bupati Bangka Tengah, ditetapkan belum lama, namun Algafry Rahman mendapat sambuatan hangat.
Besok, PWI Bateng Gelar Workshop Pilkada 2020
Besok, PWI Bateng Gelar Workshop Pilkada 2020
Selasa, 24 November 2020 18:36 WIB
KOBA – Persatuwan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) bekerjasama dengan Polres setempat, Rabu 25 November 2020 akan menggelar