Kisruh Isu Penambangan Timah Laut Desa Batuberiga Sudah Terjawab


Kisruh Isu Penambangan Timah Laut Desa Batuberiga Sudah Terjawab

LUBUKBESAR - Terkait isu yang meresahkan di Desa Batuberiga belakangan ini, tentang penambangan timah di laut Batuberiga dengan sistem Ponton Isap Produksi (PIP) bahkan puncaknya masyarakat didampingi Pemdes mendatangi DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) hingga DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel) baru-baru ini. Maka, hal ini terjawab sudah melalui surat pemberitahuan dari PT Timah Tbk, tertanggal 21 November 2019.

Kades Batuberiga, Abdul Gani saat dikonfirmasi awak media, Senin (25/11) pagi, menegaskan jika isu atau rencana akan beroperasinya PIP di perairan laut Batuberiga tersebut sebelumnya tidak pernah ada sosialisasi langsung ke masyarakat.

"Tidak pernah (sosialisasi, red), rencana yang akan beroperasi tersebut CV Timbus Jaya," kata Kades Gani.

Terkait, ada segelintir pihak yang mengatasnamakan Masyarakat pro tambang PIP Babtuberiga. Ditegaskan Kades Gani itu hanya terpengaruh saja, tidak ada yang pro, semua masyarakat bulat menolak.

"Dan sekarang ini masyarakat sudah adem, tenang, damai dan saya minta janganlah mengganggu kedamaian dan ketentraman masyarakat kami," tegas Kades Batuberiga.


Selain itu, Kades Gani juga menunjukkan surat pemberitahuan dari pihak PT Timah yang diterimanya pada 22 November 2019 kemarin. Berisikan, surat pemberitahuan yang disampaikan kepada Kades Batuberiga dan masyarakat tersebut dgn nomor: 13/Tbk/UM-3110.1.1/19-S2.3, tertanggal 21 November 2019, perihal: Penting.

Ada dua point disampaikan dalam surat yang ditandatangani oleh Kepala Bidang PTP Area 1 PT Timah Tbk, Benny Purydar yakni, Pertama; Unit penambangan laut PT Timah Tbk belum bermitra dgn CV Timbus Jaya. Kemudian, Kedua; Surat Perintah Kerja (SPK) CV Rachmawidya Prasetya adalah SPK pengangkutan dan bukan SPK penambangan laut Ponton Isap Produksi (PIP).

Ditegaskan dalam surat tersebut, jika ada pihak tertentu mengatasnamakan PT Timah Tbk, maka bukan menjadi tanggungjawab PT Timah Tbk. 

Sementara itu, Humas PT Timah Tbk, Anggi Siahaan saat dikonfirmasi awak media via WhatsApp, Senin (25/11) pagi, terkait kebenaran surat pemberitahuan untuk Kades dan masyarakat Desa Batuberiga dimaksud belum merespon. (and)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Ibnu Dampingi UMKM Gurih DD Terima Penghargaan Anugrah Pramakarya
Bupati Ibnu Dampingi UMKM Gurih DD Terima Penghargaan Anugrah Pramakarya
Kamis, 28 November 2019 20:40 WIB
BUPATI Bangka Tengah (Bateng) Ibnu Saleh MM mendampingi UMKM Gurih DD Desa Kurau ke Istana Wakil Presiden, beralamat di Jalan
Komisi I DPRD Bateng Kunjungi Kampung KB Desa Belimbing
Komisi I DPRD Bateng Kunjungi Kampung KB Desa Belimbing
Rabu, 27 November 2019 14:00 WIB
LUBUKBESAR - Komisi I DPRD Bangka Tengah (Bateng) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kampung KB Desa Belimbing, Kecamatan Lubukbesar, Kabupaten
Kasubsi Keimigrasian Pangkalpinang; Kedua Yachtres Singgah Miliki Dokumen Lengkap
Kasubsi Keimigrasian Pangkalpinang; Kedua Yachtres Singgah Miliki Dokumen Lengkap
Selasa, 26 November 2019 13:00 WIB
KOBA - Terkait dua orang pelayar asing (Yachtres) yakni Erienne Pierre Jackue alias Ethan (33) asal Pancis dan Carl Johan
Dua Yachtres Terdampar di Perairan Pantai Koba
Dua Yachtres Terdampar di Perairan Pantai Koba
Selasa, 26 November 2019 12:12 WIB
KOBA - Dua orang pelayar warga negara Swedia yakni Charlie (37) dan Ethan (33) asal Prancis, sempat terdampar di perairan