Bateng Masuk Penilaian Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional


Bateng Masuk Penilaian Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional

KOBA - Tim verifikasi Kementerian kesehatan dan Kemendagri melakukan penilaian Kabupaten Sehat 2019 Tingkat Nasional di Bangka Tengah.

Tim penilaian melakukan penilaian selama 2 hari, Kamis hingga Jumat (23/8) dan mengunjungi sejumlah tempat yang masuk standar kesehatan. 

Kegiatan Penilaian Verifikasi Kabupaten Sehat dibuka langsung Bupati Bangka Tengah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Sugianto di ruang VIP Bupati Bangka Tengah, Kamis (21/8/19).

Dalam Sambutan Bupati Ibnu Saleh yang dibacakan Sugianto manyampaikan  Konsep kabupaten sehat berasal dari keinginan dan kebutuhan masyarakat dan dikelola masyarakat sedang pemerintah sebagai fasilitator,"jelas Sugianto.

Lanjutnya sugianto menjelaskan pemerintah akan terus mendukung kegiatan ini agar terpenuhinya kebutuhan masyarakat secara langsung melalui pemberdayaan masyarakat.

"Banyak pertimbangan dalam verifikasi  ini, peran Tim Pembina Bangka Tengah sangat penting agar bisa melakukan pendekatan ke masyarakat dalam memberikan arahan tentang Verifikasi Kabupaten Sehat 2019," kata Sugianto.

Atas kerja keras itu, Kabupaten Bangka Tengah patut berbangga dengan kesiapannya untuk dinilai oleh Tim Pusat.

"Mudah-mudahan dengan Kerja keras dan kerjasama pemerintah kabupaten dan Forum Selawang Segantang Sehat semoga dapat membawa pulang penghargaan piala Swasti Saba Padapa," semangat Sugianto.

Sugianto juga mengucapkan kepada Forum Selawang Segantang Sehat, semua pihak baik jajaran Pemerintah, Stakeholder maupun swasta yang telah menyelenggarkan program kabupaten sehat sehingga menghantarkan Kabupaten BangkanTengah turut berpartisipasi dalam penilaian Kabupaten Sehat Swasti Saba Padapa Tahun 2019 menuju Bangka Tengah Unggul," ungkap Sugianto.

Dalam sambutan Imam Surahman SKM MKM selaku Ketua Tim Lingkungan Kerja Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes menjelaskan Standar Kabupaten Sehat 2019 akan mengacu pada tatanan Swasti Saba Padapa,  Tatanan itu adalah, Kawasan Kehidupan masyarakat yang mandiri dan kawasan pemukiman, sarana dan prasarana sehat.

Lanjut Imam, Kabupaten Bangka Tengah bisa memberikan contoh ke Kabupaten lainnya karena saya melihat potensi-potensi yang dinilai semuanya aktif dan baik.

"Kami turun kelapangan langsung dan akan menilai secara objektif sesuai dengan kondisi lapangan," ungkap Imam.

Kedatangan Tim Verifikasi Kabupaten Sehat hari pertama, Kamis (22/08/2019) berkunjung ke Sekretariat Forum Selawang Segantang Sehat, TPA Nibung, TPA Simpang Jongkong, Sanimas Simpang Perlang, SPAM Koba, KWT Desa Nibung, Danau Kaolin, Bank Sampah Guntung, Mangrove Kurau, Terakhir di Yayasan Atap Langit Air Mesu.

Untuk hari kedua, Jumat (23/8) tim Verifikasi Kabupaten Pusat mengunjungi Pasar Namang, Wirausaha Sanitasi, Lorong Warna Warni Simpang Katis, Posyandu Pepaya Desa Benteng, Biogas Desa Terak.

Setelah penilaian selama dua hari, Pemerintah Kabupaten BangkanTengah  tinggal menunggu hasil penilaian dari kementerian kesehatan RI yang bakal diumumkan dalam beberapa waktu ke depan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Deviana selaku Subdit Kesehatan Kemendagri, Mardani selaku Ketua Tim Pendamping Kabupaten Sehat dari Bappeda Provinsi. Sekretaris PKK Bangka Tengah, para Staf Ahli, Para asisten, para kepala OPD, para Kabag, Camat Koba, Lurah, Ketua Forum Selawang Segantang Sehat beserta pengurus, Ketua Tim Pembina Kabupaten, serta tamu undangan yang hadir. (rel/RB)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Resmi, Ibnu Saleh Daftarkan Diri Jadi Calon Bupati Bateng
Resmi, Ibnu Saleh Daftarkan Diri Jadi Calon Bupati Bateng
Senin, 14 Oktober 2019 15:07 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM, mendatangi Sekretariat Dewan Perwakilan Cabang Nasdem Bateng untuk
Prajurit TNI Babel dan Persit di Imbau Bijak Mengunakan Medsos
Prajurit TNI Babel dan Persit di Imbau Bijak Mengunakan Medsos
Senin, 14 Oktober 2019 12:19 WIB
NAMANG - Komandan Korem 045/ Garuda Jaya (Gaya) Kolonel Inf Dadang Arif Abdurrahman menegaskan seluruh prajurit dan Persatuan Istri Tentara
Letjen Doni Ingatkan Kematian Tertinggi Akibat Lakalantas
Letjen Doni Ingatkan Kematian Tertinggi Akibat Lakalantas
Sabtu, 12 Oktober 2019 12:04 WIB
KOBA - Kepala BNPB, Letjen Doni Munardo mengatakan angka kematian tertinggi disebabkan kecelakaan lalulintas (Lakalantas).
Gratis, Nasdem Bateng Buka Pendaftaran Pencalonan Kepala Daerah
Gratis, Nasdem Bateng Buka Pendaftaran Pencalonan Kepala Daerah
Minggu, 13 Oktober 2019 12:00 WIB
KOBA - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) saat ini telah membuka pendaftaran Calon Kepala Daerah periode 2021-2026.