Bupati Bateng Menghadiri Perayaan Tjhit Ngiat Pan


Bupati Bateng Menghadiri Perayaan Tjhit Ngiat Pan

PANGKALANBARU – Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh menghadiri acara Perayaan Tjhit Ngiat Pan (Sembayang Rebut) di Desa Benteng, Batu Belubang dan Kampung Semujur Kecamatan Pangkalanbaru, Jumat malam (15/8/2019). Dalam perayaan itu Bupati Ibnu didampingi Kabag Humas dan Protokol Riandi.

Adapun Klenteng yang dikunjungi Ibnu Saleh Jumat malam untuk wilayah Kecamatan Pangkalan Baru yaitu Klenteng Setia Bakti Benteng, Klenteng Setia darma Batu Belubang yang berdiri tahun 1923 dengan ketua Cung Su sekaligus Bupati Ibnu memberikan bantuan untuk klenteng Setia Darma, kemudian Klenteng Darma Bakti Kampung Semujur dengan ketuanya Lo Jun Haw dengan usia klenteng lebih dari 100 tahun dan juga Ibnu Saleh mengunjungi perayaan sembahyang rebut di Koba Kecamatan Koba dan Desa Trubus Kecamatan Lubukbesar.

Dalam sambutannya Ibnu menyampaikan sembahyang rebut ini dilakukan untuk mengenang arwah para leluhur yang sudah tiada dan merupakan tradisi warga keturunan Tionghoa atau Khonghucu sedari dahulu.

"Saya berharap, agar kegiatan sembahyang rebut di daerah kite Bangka Tengah ini menjadi haritage kepariwisataan kedepannya karena ini aset budaya yang harus terus dijaga dan dilestarikan. Nanti, kita agendakan menjadi kunjungan wisata di setiap tahunnya," ungkap Bupati Ibnu.

Ibnu menjelaskan memaknakan "heritage" sebagai segala sesuatu yang ingin diselamatkan orang, termasuk budaya material maupun alam. Selama ini warisan budaya lebih ditujukan pada warisan budaya secara publik, seperti berbagai benda yang tersimpan di museum. Padahal menurut Ibnu Saleh tiap orang juga punya latar belakang kehidupan yang bisa jadi warisan tersendiri.

"Saya berharap semua warga masyarakat kita dapat saling menghormati dan menjaga kerukunan antar sesama dan umat beragama. Semoga Bateng dapat menjadi contoh sebagai daerah yang dapat menjaga kerukunan umat beragama," harap Bupati Ibnu.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bateng sangat-sangat mendukung Perayaan tjhit Ngiat Pan ini, diharapkan di tahun dapat lebih ditingkatkan dan lebih meriah serta masuk agenda pariwisata Bangka Tengah.

Bupati Ibnu Saleh juga sangat mengapresiasi panitia yang telah melaksanakan kegiatan ini dan  masyarakat sedang merayakan sembayang rebut yang sudah menjaga kerukunan beragama, karena bukan saja masyarakat khonghucu saja yang hadir namun masyarakat melayu turut hadir. Inilah yang harus dijaga, keharmonisan dan kerukunan umat beragama," ungkapnya. Ketua Klenteng Setia Bakti Tjhie Muk Lim selaku Ketua MAKIN Pangkalan Baru.

mengungkap terimakasihnya kepada Bupati Ibnu Saleh karena sudah berkenan hadir diacara perayaan sembayang rebut kami, dan juga ucapan terima kasih telah mendukung baik itu moril maupun materil pembangunan klenteng, sehingga kegiatan sembahyang rebut ini bisa terlaksana.

"Usia klenteng ini sudah hampir 165 tahun. Klenteng ini berdiri sejak zaman Belanda, kemudian diklenteng ini terdapat prasasti yang sudah ada tahun 1850, ada juga sejarah tentang 7 pendekar di desa Benteng, Kuburan Pendekarnya ada di Desa Benteng dan para pendekar meninggal di wilayah Batubelubang tepatnya di Pan Semujur, untuk benteng pertahanannya ada di bukit Tanjunggunung, itulah sejarah yang ada di desa Benteng," jelas Muk Lim.

Selain Bupati Ibnu Saleh, hadir juga pegawai Kecamatan beserta anggota Pol PP, Anggota Polres Pangkalpinang Mursalin dan Marwan selaku Perwira Pengendali Pengamanan dengan jumlah personil jumlah 12 orang, Kepala Desa beserta perangkat Desa, Ketua BPD, Ketua Klenteng Setia Bakti, serta tokoh agama dan masyarakat yang hadir. (rel/RB)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Resmi, Ibnu Saleh Daftarkan Diri Jadi Calon Bupati Bateng
Resmi, Ibnu Saleh Daftarkan Diri Jadi Calon Bupati Bateng
Senin, 14 Oktober 2019 15:07 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM, mendatangi Sekretariat Dewan Perwakilan Cabang Nasdem Bateng untuk
Prajurit TNI Babel dan Persit di Imbau Bijak Mengunakan Medsos
Prajurit TNI Babel dan Persit di Imbau Bijak Mengunakan Medsos
Senin, 14 Oktober 2019 12:19 WIB
NAMANG - Komandan Korem 045/ Garuda Jaya (Gaya) Kolonel Inf Dadang Arif Abdurrahman menegaskan seluruh prajurit dan Persatuan Istri Tentara
Letjen Doni Ingatkan Kematian Tertinggi Akibat Lakalantas
Letjen Doni Ingatkan Kematian Tertinggi Akibat Lakalantas
Sabtu, 12 Oktober 2019 12:04 WIB
KOBA - Kepala BNPB, Letjen Doni Munardo mengatakan angka kematian tertinggi disebabkan kecelakaan lalulintas (Lakalantas).
Gratis, Nasdem Bateng Buka Pendaftaran Pencalonan Kepala Daerah
Gratis, Nasdem Bateng Buka Pendaftaran Pencalonan Kepala Daerah
Minggu, 13 Oktober 2019 12:00 WIB
KOBA - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) saat ini telah membuka pendaftaran Calon Kepala Daerah periode 2021-2026.