Pemkab Bateng Gelar Rakor Investasi Meningkatkan Perekonomian


Pemkab Bateng Gelar Rakor Investasi Meningkatkan Perekonomian

PANGKALANBARU - Bupati Bangka Tengah (Bateng) Dr Ir H Ibnu Saleh MM menghadiri rapat koordinasi investasi tahun 2019 diselenggarakan Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja  (DPMTK) Kabupaten Bateng di PAN Semujur Desa Tanjunggunung, Kecamatan Pangkalanbaru, Selasa (6/8) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Iwan selaku direktur pengembangan potensi daerah BKPM RI, Khusnul Khotimah dari direktorat pemberdayaan usaha BKPM RI, Kepala Dinas Penanaman Modal dan perizinan Provinsi Bangka Belitung Ferryanis, Nasution selaku ketua Apindo provinsi Bangka Belitung, Staf Ahli, Staf Ahli, Para Asisten, Kepala OPD, Kabag Humas dan Protokol, Kabid Perhubungan dan para perusahaan investasi serta tamu undangan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ibnu Saleh mengatakan, jika rapat ini sangat penting dan langka, baru pertama dilakukan rapat penting ini, dimana upaya Pemkab Bateng dalam peningkatan perekonomian dan pemerataan investasi di daerah.

"Terima kasih kepada pemilik PAN Semujur telah memfasilitasi tempat untuk kegiatan rapat investasi 2019 ini, juga ucapan terima kasih juga kepada Dinas DPMTK yang sudah melaksanakan rakor investasi ini," katanya.

Menurut Bupati Ibnu Saleh, masih banyak sekali potensi alam di Bateng digali dan dimanfaatkan, sekaligus penaatan lahan tambang hasil penambangan sangat penting dilakukan agar anak cucu dapat menikmati lahan tambang di kemudian hari.

Selain itu, wisata juga didorong dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan, mudah2an RZWP3K ditandangani dan setujui oleh Gubernur dan Ketua dewan Provinsi Babel.

"Studi kelayakan, master plan, amdal sudah ada tetapi belum ada masuk strategis nasional," katanya.

Kemudian, Lanjut Bupati Ibnu, sistem Protokol Komunikasi (OSS) tersebut kata Bupati Ibnu Saleh dilakukan pemerintah Pusat yang dilaksanakan di Bateng dalam rangka untuk mendukung peningkatan investasi bagi daerah dan akan segera dioptimalkan untuk aplikasi ini.

Dia menambahkan, rakor ini juga bersinergi dengan program unggulan Bupati untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Ekonomi Kerakyatan yang berwawasan lingkungan di Bateng sebagaimana tertuang pada visi dan misi.

"Jika investasi berjalan secara optimal, maka wirausahawan kita akan terus bertambah, dan ini akan membuka kesempatan berusaha yang seluas-luasnya dan akhirnya akan bermuara terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Bateng sebagaimana visi dan misi Pemkab Bateng," kata Bupati Ibnu.

Sementara itu, Iwan selaku direktur pengembangan potensi daerah BKPM RI mengapresiasi Bupati Ibnu Saleh yang sudah melaksanakan kegiatan investasi ini, karena kegiatan sangat membantu daerah yang sedang membangun, kita harus bergerak cepat, mekanisme baru perizinan yang mudah mendapat izin yaitu OSS, usaha lebih cepet dalam berinvestasi.

Lanjut Iwan menjelaskan Ada  7 hal indikator dalam berinvestasi yang perlu dilaksanakan yaitu modal, teknologi, market atau pemasaran, sumber daya alam, sumber daya manusia, infrastuktur, Keamanan. 

"Maka itu, kita perlu mengundang investor untuk mengajak mereka membangun daerah kita yang sesuai menurut 7 indikator tersebut, " jelas Iwan.

Selain itu sambutan kepala dinas DPMTK Bateng Hj Kartina menjelaskan, Kabupaten Bateng juga mengalami kemajuan pesat dibidang ekonomi dan investasi hal ini ditandai pertumbuhan perekonomian di Bateng semakin meningkat dengan bertambahnya sejumlah objek-objek wisata yang ada di Bateng.

"Dengan bertambahnya obyek-obyek wisata yang telah menjadi tujuan wisata yang menarik minat kunjungan para wisatawan, tentunya berdampak pada perekonomian masyarakat juga memberikan kontribusi nyata dalam investasi seperti misalnya Kolong Biru yang sudah dikenal di Nasional," tandas Kartina. (rel/and)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Ibnu Dampingi UMKM Gurih DD Terima Penghargaan Anugrah Pramakarya
Bupati Ibnu Dampingi UMKM Gurih DD Terima Penghargaan Anugrah Pramakarya
Kamis, 28 November 2019 20:40 WIB
BUPATI Bangka Tengah (Bateng) Ibnu Saleh MM mendampingi UMKM Gurih DD Desa Kurau ke Istana Wakil Presiden, beralamat di Jalan
Komisi I DPRD Bateng Kunjungi Kampung KB Desa Belimbing
Komisi I DPRD Bateng Kunjungi Kampung KB Desa Belimbing
Rabu, 27 November 2019 14:00 WIB
LUBUKBESAR - Komisi I DPRD Bangka Tengah (Bateng) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kampung KB Desa Belimbing, Kecamatan Lubukbesar, Kabupaten
Kasubsi Keimigrasian Pangkalpinang; Kedua Yachtres Singgah Miliki Dokumen Lengkap
Kasubsi Keimigrasian Pangkalpinang; Kedua Yachtres Singgah Miliki Dokumen Lengkap
Selasa, 26 November 2019 13:00 WIB
KOBA - Terkait dua orang pelayar asing (Yachtres) yakni Erienne Pierre Jackue alias Ethan (33) asal Pancis dan Carl Johan
Dua Yachtres Terdampar di Perairan Pantai Koba
Dua Yachtres Terdampar di Perairan Pantai Koba
Selasa, 26 November 2019 12:12 WIB
KOBA - Dua orang pelayar warga negara Swedia yakni Charlie (37) dan Ethan (33) asal Prancis, sempat terdampar di perairan