Meraih Narwasita Tantra, Kabupaten Bateng Dikunjungi DPRD Batang


Meraih Narwasita Tantra, Kabupaten Bateng Dikunjungi DPRD Batang

KOBA - Komisi D DPRD Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah, mengunjungi Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang telah berhasil mendapatkan Nirwasita Tantra, Senin (5/8) pagi.

Kegiatan kunjungan kerja pihak DPRD Batang yang diterima di ruang VIP Bupati Bateng tersebut, dihadiri para Staf Ahli, Para Asisten, Kepala OPD, Para Kabag, Sekretaris, Kepala Bidang Pemkab Bateng, sementara dari DPRD Batang yaitu Ketua Komisi D H. Tofani Dwi Arieyanto, Wakil Ketua Komisi D, Sekretaris Komisi, beserta anggota komisi yang berjumlah 13 orang.

Kegiatan tersebut, dalam rangka koordinasi dan konsultasi Komisi D Kabupaten Batang mencari kiat-kiat solusi mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra seperti yang diraih Kabupaten Bateng.

Asisten II bidang perekonomian dan pembangunan A. Syarifullah Nizam dalam membacakan sambutan Bupati Bateng DR Ir H Ibnu Saleh MM menyampaikan bahwa Kebijakan Pemkab Bateng dalam penanganan lingkungan sudah dilaksanakan dengan mengoptimalkan sistem pelayanan persampahan dan bank sampah.

Lanjutnya, penghargaan Nirwasita Tantra tersebut diraih berkat kerja team Bateng didukung seluruh elemen masyarakat sehingga membentuk komitmen kuat dalam penataan lingkungan dengan dokumen indeks kualitas lingkungan hidup daerah.

Untuk itu, Pemkab Bateng telah memberikan kewenangan penangan kebersihan kepada dinas Lingkungan Hidup untuk mengelola sampah. Adapun inovasi telah dilakukan Kabupaten Bateng dalam Nirwasita Tantra yaitu Pengolahan pupuk kompos balok, pemanfaatan lahan eks tambang di darat untuk usaha budidaya pertanian yaitu bawang merah, cabe dan nanas, kolong eks tambang juga jadi sumber air baku, tambak budidaya ikan, hingga tempat wisata seperti contohnya Kolong Biru atau dikenal dengan Danau Kaolin. 

"Sedangkan untuk mengatasi kerusakan lingkungan, misalnya perlu adanya sinergitas dari berbagai pihak," kata Syarifullah di hadapan Komisi D Kabupaten Batang.

Sementara itu ketua Komisi D Kabupaten Batang, H Tofani Dwi Arieyanto mengucapkan terimakasih atas sambutan Pemkab Bateng dengan baik. Dikatakannya, maksud dan tujuan dalam kegiatan ini untuk mengetahui isu-isu prioritas dan isu lingkungan dalam meraih Nirwasita Tantra di Bateng.

Melalui diskusi ini, diharapkan jadi awal dari pencarian solusi untuk mengembalikan fungsi kawasan di daerah Jawa Tengah yang telah rusak akibat kegiatan penambangan maupun kegiatan lainnya sehingga lingkungan dan hutan kembali lestari dapat dinikmati oleh generasi penerus dimasa mendatang.

"Terimakasih atas sambutan Pemkab Bateng, kedatangan kami kesini untuk mengetahui langsung bagaimana kiat-kiat Kabupaten Bateng mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra, ternyata memang Kabupaten Bateng ini luar biasa," tandas Tofani. (and)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Ibnu Dampingi UMKM Gurih DD Terima Penghargaan Anugrah Pramakarya
Bupati Ibnu Dampingi UMKM Gurih DD Terima Penghargaan Anugrah Pramakarya
Kamis, 28 November 2019 20:40 WIB
BUPATI Bangka Tengah (Bateng) Ibnu Saleh MM mendampingi UMKM Gurih DD Desa Kurau ke Istana Wakil Presiden, beralamat di Jalan
Komisi I DPRD Bateng Kunjungi Kampung KB Desa Belimbing
Komisi I DPRD Bateng Kunjungi Kampung KB Desa Belimbing
Rabu, 27 November 2019 14:00 WIB
LUBUKBESAR - Komisi I DPRD Bangka Tengah (Bateng) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kampung KB Desa Belimbing, Kecamatan Lubukbesar, Kabupaten
Kasubsi Keimigrasian Pangkalpinang; Kedua Yachtres Singgah Miliki Dokumen Lengkap
Kasubsi Keimigrasian Pangkalpinang; Kedua Yachtres Singgah Miliki Dokumen Lengkap
Selasa, 26 November 2019 13:00 WIB
KOBA - Terkait dua orang pelayar asing (Yachtres) yakni Erienne Pierre Jackue alias Ethan (33) asal Pancis dan Carl Johan
Dua Yachtres Terdampar di Perairan Pantai Koba
Dua Yachtres Terdampar di Perairan Pantai Koba
Selasa, 26 November 2019 12:12 WIB
KOBA - Dua orang pelayar warga negara Swedia yakni Charlie (37) dan Ethan (33) asal Prancis, sempat terdampar di perairan