Polres Bateng Tangkap 4 Kawan Pencuri Lintas Daerah


Polres Bateng Tangkap 4 Kawan Pencuri Lintas Daerah

KOBA - Empat kawanan pencuri lintas daerah di delapan Tempat Kejadian Perkara (TKP) berbeda, akhirnya berhasil ditangkap oleh anggota Polres Bangka Tengah (Bateng).

Berdasarkan pres rilis disampaikan Kapolres Bateng, AKBP Edison LB Sitanggang SIK didampingi Kasat Reskrim AKP Robby SIK di Mapolres Bateng, Senin (22/7) pagi, mengatakan,  keempat orang pelaku curat di 8 TKP ini merupakan warga yang berdomisili di wilayah Kabupaten Bateng dan Bangka Barat dengan inisial SP (47) warga Desa Tempilang Kabupaten Bangka Barat, JL (45) warga Tempilang Bangka Barat, kemudian GUN (28) warga Desa Tanjunggunung Kabupaten Bateng dan JN (34) warga Desa Sungkap Kabupaten Bangka Tengah.

Kemudian, 8 TKP tersebar di 3 Kabupaten atau lintas daerah wilayah Provinsi Babel yakni mulai dari TKP Kabupaten Bangka tepatnya di Desa Belinyu yang dicuri 4 unit mesin perahu tempel, kemudian TKP di Desa Riausilip kawanan ini mencuri 1 unit motor Yamaha Force one.

Selanjutnya, TKP di Bangka Tengah tepatnya di Desa Penyak mereka mencuri 1 unit Mesin tempel Yamaha 25 PK. Desa Nibung mereka mencuri 2 unit mesin perahu tempel merk Yamaha 40 PK dan 25 PK lalu TKP di Desa Kurau Barat kawanan ini mencuri 1 unit mesin tempel merk Yamaha 25 PK. 

Tak cukup disitu, TKP di Bateng berikutnya di bengkel Las Nunggal Desa Airmesu Timur yang dicuri peralatan bengkel. Kemudian di salah satu Taman kanak-kanak Desa Kerakas yang dicuri kipas angin dan speaker aktif.

Sedangkan TKP di Bangka Selatan, tepatnya di salah satu bengkel motor Desa Payung yang dicuri peralatan motor. 

Adapun kronologis penangkapan, Kata AKBP Edison dilakukan pihaknya pada Jum'at (18/7). Para pelaku di bekuk satu persatu oleh pihaknya dirumah masing-masing.

"Kita jemput mereka di rumah masing-masing. Merekapun mengakui perbuatannya telah terlibat sebagai penadah dan pencuri di 8 TKP tersebut," katanya.

Dari tangan keempat pelaku curat lintas daerah ini, pihak Polres Bateng berhasil mengamankan barang bukti berupa 8 unit mesin perahu tempel, 1 unit motor Force one, 3 buah ban sepeda motor, sparepart mobil, 1 unit kipas angin merk sogo dan satu set speaker aktif merk advance.

"Keempat kawanan pencuri ini merupakan komplotan yang meresahkan masyarakat selama ini, dengan kerugian materil akibat perbuatan kawan pencuri ini jika ditaksir bisa mencapai Rp.200 jutaan," kata Kapolres Edison.

Kemudian, lanjut Kapolres Edison, keempat kawanan pelaku pencurian ini memiliki peranan yakni seorang diantaranya sebagai pelaku pencurian dan tiga orang lainnya sebagai penadah barang hasil curian.

"Keempat pelaku curat ini akan dijerat pasal 363 ayat 1 dan 4 KUHP dengan tuntutan 7 tahun kurungan penjara. Selanjutnya, kami masih melakukan pengembangan kasus berdasarkan lebih lanjut keterangan pelaku," pungkasnya. (and)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Bateng Menghadiri Perayaan Tjhit Ngiat Pan
Bupati Bateng Menghadiri Perayaan Tjhit Ngiat Pan
Senin, 19 Agustus 2019 06:33 WIB
PANGKALANBARU – Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh menghadiri acara Perayaan Tjhit Ngiat Pan (Sembayang Rebut) di Desa Benteng, Batu Belubang
Lomba Kicau Mania Bupati Bangka Tengah Cup Diikuti Ratusan Peserta
Lomba Kicau Mania Bupati Bangka Tengah Cup Diikuti Ratusan Peserta
Senin, 19 Agustus 2019 06:32 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM menghadiri lomba kicau mania yang dilaksanakan dalam rangka
Bupati Ibnu "Kick Off" di Turnamen Sepak Bola Antar RT
Bupati Ibnu "Kick Off" di Turnamen Sepak Bola Antar RT
Senin, 19 Agustus 2019 06:30 WIB
NAMANG - Tendangan Pertama Bupati Bangka Tengah DR Ir H Ibnu Saleh MM sebagai tanda dimulainya final Turnamen Sepak Bola
Bupati Ibnu Letakkan Batu Pertama Masjid Uswatun Hasanah Jelutung
Bupati Ibnu Letakkan Batu Pertama Masjid Uswatun Hasanah Jelutung
Senin, 19 Agustus 2019 06:29 WIB
NAMANG - Bupati Bangka Tengah DR Ir H Ibnu Saleh MM melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Uswatun Hasanah Desa