Mendengar Kabar Bayi Lahir Tanpa Anus, Hj Melita Ibnu Langsung Berikan Bantuan


Mendengar Kabar Bayi Lahir Tanpa Anus, Hj Melita Ibnu Langsung Berikan Bantuan

SUNGAISELAN - Kabar soal seorang bayi bernama Jihan Ramadani berjenis kelamin perempuan warga Desa Tanjungpura Kecamatan Sungaiselan, Bangka Tengah (Bateng) yang terlahir tanpa memiliki lubang anus sudah sejak tanggal 7 Juli. Informasi tersebut, sudah disampaikan ke Bupati Bateng Dr Ir H Ibnu Saleh MM dan Ibu Bupati Hj Iriani Melita melalui PSM Kelurahan Sungaiselan Bunda Yanti.

Mendengar informasi itu, Bupati Ibnu Saleh sudah memerintahkan kepada Bunda Yanti untuk segera membantu kepengurusan administrasi bayi tersebut kepada Bunda Yanti petugas PSM di Kelurahan Sungaiselan.

Setiba di rumah Amri dan Misrah orang tua bayi Jihan, Kamis (17/7), Hj Iriani Melita beserta rombongan langsung masuk dan melihat kondisi Jihan yang digendong ibunya, dan Hj Iriani sempat menanyakan kondisi Jihan. Hj Iriani juga sempat memberikan bantuan uang kepada orang tua Jihan untuk membeli keperluan Jihan sebesar Rp.8juta selain mendapatkan bantuan dari Kesra dan Baznas Bateng.

"Tolong sampaikan juga perkembangan kesehatan bayi Jihan kepada saya," kata Hj Melita.

Kepada wartawan usai menjenguk Jihan  mengatakan, bahwa ia menyampaikan kepada dinas terkait untuk dapat memantau kondisi dan memperhatikan kesehatan bayi Jihan termasuk segera membawa ke rumah sakit apabila kondisi bayi Jihan sakit.

Soal pembiayaan jelas Iriani sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah kabupaten Bangka Tengah melalui program BPJS.

Bunda Yanti selaku penyuluh kesehatan masyarakat, dan sekaligus pengelola paud dan Ketua PKK Kelurahan dan merangkap ketua RT mengatakan jika sebelumnya bayi Jihan ini tidak lahir di desa Tanjungpura. Kendati demikian, dirinya telah mengurus pemberkasan KK, KTP, surat keterangan tidak mampu, foto rumah, nota berobat dari dokter, bayi tersebut sudah diurus sejak tanggal 7 Juli  2019 sebelum dibawa ke rumah sakit untuk dioperasi.

Bunda Yanti membenarkan jika orangtua bayi Jihan ini orang tidak mampu, jadi sebelum berangkat operasi pihak keluarga menelpon dan berkomunikasi kepada kita. Langsung saya sarankan bawa berobat, untuk berkas biar saya bantu mengurusnya hingga ke Kesra," terang Yanti.

Lanjutnya, kemarin bayi Jihan sempat dirawat di rumah sakit dan sekarang dalam keadaan kontrol oleh dokter rumah sakit.

Camat Sungaiselan Yardiansyah berharap dengan kejadian ini seluruh kepala desa agar peka dengan keluhan masyarakat dan dapat berkoordinasi secepatnya dengan pihak kecamatan maupun PSM di wilayah desa masing-masing karena kades langsung bersentuhan dengan masyarkat yang mengetahui keadaan warganya.

"Masyarakat jangan malu atau segan memberitahukan informasi kejadian seperti ini, silahkan masyarakat nek makai mobil APV yang ada di kecamatan untuk keperluan berobat dan lainnya selama mobil itu dak dipakai untuk keperluan dinas," kata Camat Yardi.

Sementara salah seorang Kasi Kesehatan keluarga dan Gizi Masyarakat Yumega dari Dinas Kesehatan Bangka Tengah mengatakan, mereka akan memantau kondisi Jihan sembari menyiapkan segara persayaratan adminstrasi beberapa hari ini untuk kontrol kerumah sakit.

Kedatangan Iriani Melita mengunjung bayi Jihan turut didampingi juga Camat Sungai Selan Yardiansyah, Awak Media, Kabid Perhubungan, Kades Tanjungpura, Ketua Nelayan dan masyarakat tanjung pura, Pengelola Kepegawaian puskesmas Sungai Selan A. Rizal dan Bidan Koordinasi Susanawati, Bidan Desa Tanjung Pura Riska, Kasi Perlindungan Khusus Anak  dinas PPKBP3A Suci Triaputri, Kasubag Kesejahteran Rakyat Dori, PSM Kelurahan Selan dan masyarakat setempat. (rel/rb)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Penertiban Tambang Alur Sungai Nibung Harus Berefek Jera, Normalisasi Sungai Terancam Mubazir
Penertiban Tambang Alur Sungai Nibung Harus Berefek Jera, Normalisasi Sungai Terancam Mubazir
Selasa, 20 Agustus 2019 21:34 WIB
KOBA - Aktivitas tambang pasir timah di alur sungai Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) belakangan ini meresahkan
Bupati Bateng Menghadiri Perayaan Tjhit Ngiat Pan
Bupati Bateng Menghadiri Perayaan Tjhit Ngiat Pan
Senin, 19 Agustus 2019 06:33 WIB
PANGKALANBARU – Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh menghadiri acara Perayaan Tjhit Ngiat Pan (Sembayang Rebut) di Desa Benteng, Batu Belubang
Lomba Kicau Mania Bupati Bangka Tengah Cup Diikuti Ratusan Peserta
Lomba Kicau Mania Bupati Bangka Tengah Cup Diikuti Ratusan Peserta
Senin, 19 Agustus 2019 06:32 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM menghadiri lomba kicau mania yang dilaksanakan dalam rangka
Bupati Ibnu "Kick Off" di Turnamen Sepak Bola Antar RT
Bupati Ibnu "Kick Off" di Turnamen Sepak Bola Antar RT
Senin, 19 Agustus 2019 06:30 WIB
NAMANG - Tendangan Pertama Bupati Bangka Tengah DR Ir H Ibnu Saleh MM sebagai tanda dimulainya final Turnamen Sepak Bola