Antusias Dengan Program "Ibnu Saleh Besame Rakyat", Petani Jagung Ajak Bupati Berselfie


Antusias Dengan Program "Ibnu Saleh Besame Rakyat", Petani Jagung Ajak Bupati Berselfie

NAMANG - Petani jagung antusias mengajak Bupati Bangka Tengah (Bateng) Dr Ir H Ibnu Saleh MM berselfie-ria seusai panen raya jagung di Desa Cambai Selatan, Kecamatan Namang, Rabu (10/7) pagi.

Berselfie, sebagai ungkapan kekaguman petani dengan kesederhanaan sosok pemimpin Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) yang merakyat, dengan program membangun perekonomian rakyat diantaranya melalui program Ibnu Saleh Bersama Membangun Ekonomi (Besame) Rakyat atau disingkat "Ibnu Saleh Besame Rakyat" yang membuat produksi jagung pipil di Bateng terus meningkat.

Seperti diungkapkan salah satu petani jagung, Repi Samboaga, kepada sejumlah awak media di lokasi panen jagung, kekagumannya dengan sosok Bupati Ibnu Saleh sangatlah pantas karena dirinya bersama petani lainnya merasakan perhatian Pemda Bateng melalui program Bupati Ibnu Saleh.

"Kami petani jagung ini, sangat merasakan perhatian Pemda Bateng melalui program Pak Bupati Ibnu Saleh hingga kami berhasil panen jagung memuaskan," kata Repi sesuai berselfie bersama Bupati Ibnu di Perkebunan jagung Darman Desa Cambai Selatan.

Diakui Refi, kelompok tani (Koptan/Poktan) Merengkan Jaya Benteng telah mendapatkan bantuan bibit jagung pipil untuk kapasitas lahan 12 hektar dan bantuan penunjang pertanian lainnya seperti pupuk hingga teknologi melalui program Ibnu Saleh Besame Rakyat.

"Selain itu, dalam Program Ibnu Saleh Besame Rakyat ini kami juga didampingi penyuluh pertanian agar hasil panen lebih maksimal," katanya.

Repi mengaku, Koptannya berhasil memanen jagung pipil untuk pakan ternak 6 ton/hektar. Khusus Koptannya, telah menanaman jagung mencapai 12 hektar ditambah bantuan bibit untuk 12 hektar lagi sehingga akan menjadi 24 hektar yang lokasinya terpencar, ada di Kecamatan Pangkalanbaru dan ada di Kecamatan Namang.

"Untuk penjualan, kami tidak merasa kesulitan karena setiap masa panen 3 bulan sekali, pembeli atau pengepul jagung pipil datang langsung kebun jagung yang siap membeli dengan harga Rp5ribu/kg," katanya.

Diungkapkan Repi, perhatian Bupati Ibnu Saleh kepada petani sangat luar biasa. Selain bantuan penunjang pertanian dalam bentuk fisik, beliau ini selalu memotivasi petani untuk lebih maju. 

"Pak Bupati Ibnu Saleh juga memberitahukan kepada kami, bahwa beliau juga petani saat hari libur kerja sering ke kebun juga. Jadi, kami sangat berterimakasih dengan Pak Ibnu Saleh. Harapan kami tentunya, Program Ibnu Saleh Besame Rakyat harus dilanjutkan secara kontinue dan berkesinambungan, agar petani di Bateng ini semakin sejahtera dan sukses," ungkap Repi.

Sementara Bupati Ibnu Saleh mengatakan, berdasarkan data 2018, luas lahan tanama jagung di Bateng mencapai 242 hektar. Pada semester I Tahun 2019 ini sudah bertambah menjadi 317,95 hektar. Koptan Merengkan Jaya Benteng saja perluasan lahannya dibantu mencapai 12 hektar, belum koptan lainnya dan upaya peningkatan produksi ini akan terus dilakukan Pemkab Bateng kedepan.

"Kita juga telah menggaet BPTP Babel untuk berinovasi dalam pembaharuan teknologi peningkatan produktifitas jagung pipil di Bateng. Selain itu, penyuluhan rutin ke lapangan," katanya.

Saat dikonfirmasi, banyaknya petani yang antusias ingin berselfi dengannya atas keberhasilannya menjalankan Program Ibnu Saleh Besame Rakyat. Ibnu saleh hanya tersenyum, sembari menyebutkan bahwa itu tidak ada salahnya masyarakat petani mengekspresikan kebahagiaan dengan cara positif.

"Ada rakyat kita mengajak selfie, ya tidak ada salahnya. Saya mengartikan, itu bentuk perhatian dan rasa sayang mereka kepada pemimpinnya," pungkas Ibnu Saleh. (and)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bawaslu dan KPU Bateng Terima Pinjam Pakai Kendaraan Operasional
Bawaslu dan KPU Bateng Terima Pinjam Pakai Kendaraan Operasional
Senin, 18 November 2019 13:20 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) Dr Ir H Ibnu Saleh MM menyerahkan kendaraan dua unit mobil operasional pinjam pakai
Enam Fraksi DPRD Setujui Raperda APBD Bateng 2020 Jadi Perda
Enam Fraksi DPRD Setujui Raperda APBD Bateng 2020 Jadi Perda
Senin, 18 November 2019 15:00 WIB
KOBA - Keenam fraksi DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dalam gelaran paripurna, Senin (18/11) pagi, menyatakan setujui terhadap rancangan peraturan
Tegas Tolak PIP, Warga Batuberiga Sampaikan Aspirasi ke DPRD Bateng
Tegas Tolak PIP, Warga Batuberiga Sampaikan Aspirasi ke DPRD Bateng
Senin, 18 November 2019 17:00 WIB
KOBA - Puluhan masyarakat Desa Batuberiga, Kecamatan Lubukbesar, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) bersama aparatur desanya, mendatangi kantor DPRD Bateng, Senin
Bupati Ibnu Saleh Perhatikan Santri Berprestasi
Bupati Ibnu Saleh Perhatikan Santri Berprestasi
Sabtu, 16 November 2019 17:00 WIB
LUBUKBESAR - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM memberikan perhatian kepada Apriyanto Gunawan (18) warga Desa