80 CPNS Bangka Tengah Ikuti Latihan Dasar


80 CPNS Bangka Tengah Ikuti Latihan Dasar

KOBA - Pemkab Bangka Tengah mengadakan pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan III dan IV sebagai pelaksana Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah  Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (28/6) pagi.

Bupati Bangka Tengah Dr Ir H Ibnu Saleh MM didampingi Kepala BKPSDMD Wahyu Nurakhman membuka kegiatan pelatihan dasar ini sekaligus sebagai Pemateri. Adapun materi yang disampaikan oleh Bupati Bangka Tengah dengan Tema kebijakan pengembangan SDM aparatur dan nilai-nilai ASN. 

Kegiatan dihadiri juga oleh Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Erwan, Kasubid pendidikan dan pelatihan Dedy Lasmono, para instruktur, dan para peserta.

Pelatihan dasar CPNS Golongan III angkatan III dan IV ini dilaksanakan di Badan Diklat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bangka Tengah selama 51 hari dengan 21 hari on kelas dan 30 hari off kelas  yang berjumlah 80 peserta, untuk angkatan III berjumlah 40 orang dan Angkatan IV berjumlah 40 orang terdiri dari tenaga teknis, Tenaga Kesehatan dan Tenaga Pendidik.

Bupati Ibnu Saleh mengatakan, dalam Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dikatakan merupakan syarat wajib dalam pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil.

Untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil harus melalui Pendidikan dan Pelatihan Pra jabatan (PRAJAB) yang dalam  Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 12 tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar CPNS.

PNS sebagai unsur utama sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN), lanjut Bupati Ibnu Saleh, memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

"Pelatihan dasar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan untuk pembentukan loyalitas kepada pimpinan, besarkan pimpinan, pembentukan karakter kepribadian, Disiplin dalam melaksanakan tugas dan etika selaku pegawai, selalu membuat Inovasi yang membangun, bekerja keras dan bekerja cerdas," katanya.

"Pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya supaya mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat," lanjutnya.

Ia berharap, peserta pelatihan dasar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, menjaga kesehatan serta menyimak dan melaksanakan arahan dari para pembina dan instruktur untuk suksesnya kegiatan ini.

"Selanjutnya, mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh dari pelatihan ini dalam pelaksanaan tugas-tugas nanti ketika kembali ke Perangkat Daerah masing-masing," tandasnya. (rel/RB)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Ibnu Hadiri HKG PKK ke-47
Bupati Ibnu Hadiri HKG PKK ke-47
Kamis, 17 Oktober 2019 12:30 WIB
KOBA - Bupati Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM, menghadiri kegiatan puncak Hari Kesatuan Gerakan PKK
Disdukcapil Bateng Sosialisasikan Kebijakan Kependudukan
Disdukcapil Bateng Sosialisasikan Kebijakan Kependudukan
Kamis, 17 Oktober 2019 13:00 WIB
KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mensosialisasikan kebijakan kependudukan melalui penyuluhan pendaftaran
KPU Bateng Audiensi RPP Bersama Pemilih Pemula
KPU Bateng Audiensi RPP Bersama Pemilih Pemula
Rabu, 16 Oktober 2019 11:45 WIB
KOBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) tingkatkan kualitas pendidikan kepemiluan terhadap pemilih pemula melalui program audiensi
Dinkes Bateng Fasilitasi Program Baksos Kejaksaan RI
Dinkes Bateng Fasilitasi Program Baksos Kejaksaan RI
Rabu, 16 Oktober 2019 12:30 WIB
KOBA - Program Nasional Kejaksaan RI Bakti Sosial Operasi Katarak dan Hernia digelar di RSUD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) difasilitasi