Bawaslu Bateng Berikan Award Bagi Stakeholder dan Jajaran


Bawaslu Bateng Berikan Award Bagi Stakeholder dan Jajaran

KOBA - Pasca tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Tahun 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar kegiatan Evaluasi Pengawasan Pemilu diselenggarakan  di Soll Marina Hotel Kecamatan Pangkalan Baru pada Sabtu (4/5) sampai Minggu (5/5).

Kegiatan yang dikemas dengan acara Bawaslu Award sebagai ajang pemberian penghargaan bagi jajaran Pengawas Pemilu khususnya di Kabupaten Bateng maupun stakeholder terkait ini dihadiri Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan, Kepala Sekretariat, Panwaslu Kelurahan/Desa serta Staf Sekretariat di Lingkungan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bateng. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Edi Irawan, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Robianto, Anggota Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Muhamad Utoyo dan Wahyu Tri Buwono, Kapolres Bateng AKBP Edison LB Sitanggang, perwakilan Kejaksaan Negeri Bateng Adhilipin, Kepala BPB-Kesbangpol Bateng Jauhari, Para Kasubbag Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Givson Sianturi dan Yaumil Ikrom, serta Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bateng Indra Gunawan.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Robianto mengungkapkan bahwa Bawaslu sangat menghargai dan berterima kasih atas dedikasi tinggi jajaran Pengawas Pemilu di Kabupaten Bateng, khususnya Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan Desa serta Pengawas TPS serta lembaga-lembaga terkait yang selama ini telah bermitra bersama Bawaslu Bateng. 

Ia berharap stakeholder terkait dapat terus memberikan dukungan serta dapat bekerjasama dengan baik untuk peningkatan kualitas pengawasan Pemilu mendatang.  

"Pemilu serentak 17 April 2019 telah kita lalui bersama dan tugas pengawasan Pemilu yang kita emban untuk memastikan bahwa seluruh proses atau tahapan Pemilu dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ujar Robianto.

"Kegiatan ini juga selain sebagai bentuk pelaksanaan evaluasi internal, juga kita sertai dengan pemberian penghargaan," sambungnya.

Robianto menyampaikan pihaknya menyadari betapa beratnya tugas dan tantangan Pengawas Pemilu saat bertugas di lapangan. Untuk itu, baginya sudah sepantasnya Bawaslu Bateng memberikan penghargaan kepada jajaran Pengawas Pemilu.  "Penghargaan yang kita berikan ini didasari dengan penilaian yang objektif, termasuk Pengawas Desa/Kelurahan dan Pengawas TPS yang data awalnya tetap bersumber dari Panwaslu Kecamatan masing-masing," ungkapnya seraya berharap melalui kegiatan ini kualitas pengawasan Pemilu di Bateng dapat lebih baik lagi.

Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Edi Irawan memberikan apresiasi kepada Bawaslu Bateng atas terselenggaranya kegiatan Bawaslu Award ini sebagai bentuk penghargaan kepada jajaran yang sudah bekerja keras mengawasi seluruh tahapan Pemilu dengan baik. Ia pun menyampaikan ungkapan terima kasihnya atas kinerja Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan Desa serta Pengawas TPS khususnya di Wilayah Kabupaten Bangka Tengah.  

"Pemilu 2019 ini akhirnya sudah memasuki tahapan akhir, yaitu Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara dan semoga akan berlangsung dengan kondusif dan itu juga tidak luput dari kerjasama dan hubungan koordinasi yang baik antara jajaran baik tingkat desa, kecamatan, kabupaten hingga Provinsi," ujar Edi.

Sementara itu, Kapolres Bateng AKBP Edison LB Sitanggang SIK juga menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kinerja yang luar biasa jajaran Pengawas Pemilu di Bateng dalam mengawasi seluruh tahapan Pemilu tahun 2019, sehingga Pemilu di Bateng berlangsung kondusif, aman dan tertib. 

"Situasi Kamtibmas di wilayah hukum kita hingga penetapan perolehan suara kemarin, sangat kondusif dan patut untuk kita syukuri bersama. Ini juga tentunya tidak lepas dari pengawasan Pemilu yang sangat baik yang telah dilakukan oleh jajaran Pengawas Pemilu," ujarnya.

Senada, Ketua KPU Kabupaten Bateng, Rusdi menyampaikan terimakasih atas pengawalan dan pengawasan melekat yang selama ini dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah dalam setiap tahapan yang dilakukan pihaknya, sehingga Pemilu 2019 ini dapat berlangsung dengan kondusif dan lancar.  

"Terima kasih untuk semua jajaran Pengawas Pemilu. Rekan-rekan semua mulai dari tingkatan yang paling bawah, kami akui sangat luar biasa tanggung jawabnya dalam melaksanakan tugas. Dan kami juga berterima kasih atas sinergitas yang telah dibangun dengan baik, sehingga Pemilu 2019 ini berlangsung lancar dan tertib," imbuhnya.

Di penghujung acara, Bawaslu Kabupaten Bateng memberikan penghargaan kepada lembaga terkait atas dukungan dan kerjasamanya dalam menyukseskan Pengawasan Pemilu 2019. Penghargaan ini diberikan kepada Polres Bateng, Kejari Bateng, Bakesbangpol Kabupaten Bateng, dan Sat Pol PP Kabupaten Bateng. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa dan Pengawas TPS.

Khusus Panwaslu Kecamatan, ada 8 kategori penghargaan yang diberikan berdasarkan hasil pemantauan, evaluasi dan Pleno Pimpinan Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah. Untuk Pengawas TPS terbaik diraih oleh Pengawas TPS 01 Desa Batu Belubang Kecamatan Pangkalan Baru Darmawan Saputra dan Panwaslu Kelurahan Desa terbaik diraih oleh Panwaslu Desa Penyak Kecamatan Koba Anderi. (rel/and)

1. Pencegahan Pelanggaran Terbaik: Panwaslu Kecamatan Simpangkatis
2. Pengelolaan Administrasi Terbaik : Panwaslu Kecamatan Koba
3. Sosialisasi Pengawasan Terbaik : Panwaslu Kecamatan Lubuk Besar
4. Hubungan Antar Lembaga Terbaik : Panwaslu Kecamatan Simpangkatis
5. Pengelolaan Keuangan Terbaik : Panwaslu Kecamatan Sungaiselan
6. Penindakan Pelanggaran Terbaik : Panwaslu Kecamatan Pangakalan Baru
7. Pengelolaan SDM dan Organisasi Terbaik : Panwaslu Kecamatan Namang
8. Pengawasan Tahapan Terbaik : Panwaslu Kecamatan Koba
9. Panwaslu Kelurahan Desa Terbaik : Panwaslu Desa Penyak Anderi
10. Pengawas TPS terbaik : Pengawas TPS 01 Desa Batu Belubang Darmawan Saputra





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Dumptruk Nyungsep di Kurau Sebabkan Kemacetan Panjang
Dumptruk Nyungsep di Kurau Sebabkan Kemacetan Panjang
Rabu, 23 Oktober 2019 15:50 WIB
KOBA - Satu unit dumptruk BN 8056 OL bermuatan batu gunung keluar lajur jalan raya Desa Kurau, hingga akhirnya nyungsep
Tes Urine Dadakan, Pegawai Pemkab Bateng Bebas dari Narkoba
Tes Urine Dadakan, Pegawai Pemkab Bateng Bebas dari Narkoba
Rabu, 23 Oktober 2019 14:50 WIB
KOBA - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Pemkab Bangka Tengah (Bateng), melakukan test urine mendadak
Bupati Ibnu Panen Bawang Bersama Gapoktan Permai Melabun
Bupati Ibnu Panen Bawang Bersama Gapoktan Permai Melabun
Rabu, 23 Oktober 2019 12:35 WIB
SUNGAISELAN - Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali membuktikan jika holtikultura bawang merah, sangat cocok dibudidayakan di Bateng. Terbukti, Bupati Bateng
Bupati Ibnu Saleh Wujudkan Petani Milenial Unggul
Bupati Ibnu Saleh Wujudkan Petani Milenial Unggul
Rabu, 23 Oktober 2019 11:00 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM, terus berupaya kembangan pembangunan pertanian di Kabupaten Bateng, dengan