Masyarakat Pro-kontra Tambang Kuruk Datangi Dewan dan Bupati


Masyarakat Pro-kontra Tambang Kuruk Datangi Dewan dan Bupati

Algafry Rahman: Pro-kontra Hal Biasa, Masyarakat Harus Duduk Bersama
Bupati Ibnu: Jangan Sampai Terjadi Gesekan


KOBA - Puluhan warga perwakilan warga yang pro dan kontra terkait aktivitas tambang timah di kawasan hutan Kuruk Dusun B1 Desa Lubukbesar, pada Senin (6/5) siang mendatangi kantor DPRD dan Bupati Bangka Tengah untuk menyampaikan uneg-uneg keduabelah pihak.

Dalam audiensi antara warga yang pro dan kontra bertempat di ruang rapat DPRD Bangka Tengah tersebut, perwakilan warga yang pro meminta agar aktivitas tambang di Kuruk tetap beroperasi, sementara pihak yang kontra yakni dari Pemdes Lubukbesar tetap keukeh menolak aktivitas tambang di Kuruk karena alasan untuk kemaslahatan nelayan udang dan kepiting serta kelestarian lingkungan.

Menyikapi hal itu, Ketua DPRD Bangka Tengah, Algafry Rahman ibaratkan tambang rakyat ini seperti bola bulat.

"Pro dan kontra itu biasa dalam hal tambang timah di Babel ini. Tapi pembicaraan bersama lebih bijak," kata Algafry kepada awak media seusai ditemui perwakilan warga Pro dan kontra di Kuruk dusun B1 Desa Lubuk Besar Kecamatan Lubuk Besar Bateng, Senin (6/5).

Ia mengibaratkan bola, jika ingin mulus jangan ada yang lonjong-lonjong harus bulat. Jika ada yang lonjong-lonjong, segala sesuatu tidak berjalan baik.

"Dalam hal tambang kuruk dusun B1 ini kami tidak melegalkan apa yang illegal. Tapi, dalam hal ini, masyarakat harus duduk bersama," katanya.

Usai menemui Ketua DPRD Bateng, perwakilan masyarakat pro dan kontra serta perangkat Desa Lubukbesar menemui Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh.

Bupati meminta agar kembali duduk bersama, jangan terpancing oleh situasi dan kondisi di lapangan. 

"Masyarakat jangan terpancing. Sikapi hal ini dengan bijak. Silahkan duduk bersama, musyawarahkan dan jangan sampai terjadi gesekan-gesekan diantara masyarakat," ungkap Bupati Ibnu Saleh. (and)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Kapolsek Lubuk Besar Bersyukur, Hasil Rapid Test 25 Personil Non Reaktif
Kapolsek Lubuk Besar Bersyukur, Hasil Rapid Test 25 Personil Non Reaktif
Rabu, 03 Juni 2020 21:19 WIB
KOBA - 25 personel Polsek Lubuk Besar dan pekerja harian lepas di Polsek setempat menggelar rapid test, Rabu (03/06/2020). Rapid
Jadi Sekolah Percontohan, SMKN 2 Koba Terapkan Protokol Kesehatan
Jadi Sekolah Percontohan, SMKN 2 Koba Terapkan Protokol Kesehatan
Selasa, 02 Juni 2020 19:13 WIB
KOBA - SMK Negeri 2 Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa (02/06/2020) mulai melaksanakan kegiatan
Datangi SMK Negeri 2, KNPI Bateng Bagi Masker ke Pelajar
Datangi SMK Negeri 2, KNPI Bateng Bagi Masker ke Pelajar
Selasa, 02 Juni 2020 18:36 WIB
KOBA – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Selasa (02/06/2020) pagi mendatangi Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri
Bunda Melati Pastikan Masyarakatnya Hidup Layak
Bunda Melati Pastikan Masyarakatnya Hidup Layak
Selasa, 02 Juni 2020 15:40 WIB
PANGKALAN BARU - Ketua Tim Penggerak Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi menyerahkan bantuan sembako