Mulai Malam Ini, Bawaslu Bateng Lakukan Patroli Pengawasan Pemilu


Mulai Malam Ini, Bawaslu Bateng Lakukan Patroli Pengawasan Pemilu

KOBA - Guna mengantisipasi kemungkinan kegiatan politik uang dan menciptakan pemilu demokratis dan bermartabat, maka Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Robianto SE, menegaskan pihaknya akan melakukan patroli pengawasan mulai Sabtu (13/4) malam ini.

"Untuk patroli pengawasan, mulai dilakukan tepat pada pukul 00.00 WIB malam ini dan tim patroli pun sudah terbentuk," ujar Robianto kepada Radar Bangka, Sabtu (13/4) siang. 

Lanjutnya, terkait kendala atau kesulitan dalam pengungkapan politik uang karena minimnya saksi, sehingga kabar yang beredar tidak dapat dibuktikan secara hukum. Namun, apapun kendalanya pihaknya tetap berusaha maksimal dalam upaya melakukan pencegahan, terutama menyampaikan himbauan kepada peserta pemilu maupun kepada masyarakat.

"Selain itu, dalam memininalisir terjadinya dugaan politik uang, kita juga sudah membuka 7 posko pengaduan anti politik uang yang dibuka di setiap kantor panwascam dan kantor Bawaslu Kabupaten Bateng," ungkapnya. 

Selain itu, pihaknya juga sudah menyebarkan berbagai spanduk dan baliho himbauan di seluruh desa/kelurahan. "Total ada 63 spanduk anti politik uang yang dipasang di seluruh desa/kelurahan dan 7 buah baliho himbauan yang dipasang di setiap pusat kecamatan yang didalamnya memuat call center yang dapat dihubungi 1x24 jam jika masyarakat hendak melaporkan ketika mengetahui adanya praktik-praktik politik uang," katanya. 

"Kemudian, kita juga sudah memasang iklan di media massa maupun di media elektronik terkait anti politik uang agar gerakan ini menjadi bentuk kesadaran bersama seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan Pemilu tahun 2019 yang demokratis dan bermartabat," sambungnya.

Robianto pun bersyukur hingga saat ini tidak ada intimidasi yang dialami oleh jajaran Pengawas Pemilu di Bateng. Ia pun berharap intimidasi-intimidasi terhadap seluruh jajaran pengawas tidak terjadi. Dan guna memberikan keamanan jajaran pengawas di lapangan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Polres Bateng yang akan selalu standby di Kantor Panwaslu Kecamatan hingga selesainya tahapan rekapitulasi penghitungan di tingkat kecamatan. 

"Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pak Kapolres Bateng yang telah membantu dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh jajaran pengawas di Bateng dalam melakukan tugas-tuga pengawasan di lapangan," ungkapnya.

Kemudian pula, untuk mendorong gerakan anti politik uang, pihaknya juga sudah menyampaikan himbauan terhadap 92 masjid di Bateng agar dapat menyampaikan pesan-pesan moral kepada masyarakat terkait anti politik uang pada Pemilu tahun 2019 ini. "Pesan ini kami harapkan dapat disampaikan saat sholat Jum'at kemarin," tandasnya. (and)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Rapat Pleno Rekapitulasi Suara PPK Koba Lancar
Rapat Pleno Rekapitulasi Suara PPK Koba Lancar
Minggu, 21 April 2019 09:20 WIB
KOBA - Prosesi rapat pleno terbuka hasil penghitungan surat suara Pemilu 2019 tingkat Kecamatan Koba yang digelar di GOR Bulutangkis
Undangan Telah Disebar, Pleno Kecamatan Lubukbesar Diundur
Undangan Telah Disebar, Pleno Kecamatan Lubukbesar Diundur
Jum'at, 19 April 2019 16:42 WIB
LUBUKBESAR - Salah seorang Caleg Partai Nasdem Dapil 1 Kecamatan Koba-Lubukbesar, Yani Basaroni, meminta pihak penyelenggara mengklarifikasi kenapa pleno yang
Bawaslu Bateng Tertibkan 10.605 APK
Bawaslu Bateng Tertibkan 10.605 APK
Selasa, 16 April 2019 13:10 WIB
KOBA - Masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 secara resmi telah berakhir sejak Sabtu (13/4) kemarin. Bertepatan dengan masa
Bawaslu Bateng Pastikan Kesiapan Logistik Sebelum Distribusi
Bawaslu Bateng Pastikan Kesiapan Logistik Sebelum Distribusi
Selasa, 16 April 2019 12:45 WIB
KOBA – Menjelang pendistribusian Logistik Pemilu 2019 ke seluruh desa/kelurahan, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah mengawasi ketat proses