Bawaslu Bateng Tertibkan 98 Alat Peraga Kampanye


Bawaslu Bateng Tertibkan 98 Alat Peraga Kampanye

KOBA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) bersama Panwaslu Kecamatan bekerjasama dengan Satpol PP dan kepolisian kembali menertibkan sebanyak 98 buah Alat Peraga Kampanye (APK)/Atribut/Bahan Kampanye/Alat Peraga Lainnya milik Peserta Pemilu Tahun 2019 yang melanggar aturan pemasangan di 5 (lima) kecamatan yang ada di wilayah Bateng.

"Memang benar, kami menertibkan 97 APK secara serentak pada Senin (28/1) kemarin," Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng, Robianto kepada awak media, Selasa (29/1) pagi.

Ia mengungkapkan, penertiban dilakukan menindaklanjuti Keputusan KPU Kabupaten Bangka Tengah Nomor 066/PL.01.05-Kpt/1905/KPU-Kab/XII/2018 Tentang Perubahan Atas Keputusan KPU Kabupaten Bangka Tengah Nomor 042/PL.01.05-Kpt/1905/KPU-Kab/XI/2018 Tentang Penetapan Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kabupaten Bateng, Surat Edaran Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 1990/K.Bawaslu/PM.00.00/XI/2018 Tentang Pengawasan Metode Kampanye Tahun 2019 serta Surat Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Nomor P-016/K.Bawaslu.BB-04/HK.01.00/I/2019 tentang Peringatan Penertiban Alat Peraga Kampanye/Atribut/Bahan Kampanye atau Alat Peraga Lainnya peserta Pemilu Tahun 2019.

Sebelum pelaksanaan penertiban ini, dikatakan Robianto pihaknya sudah melayangkan surat peringatan kepada peserta pemilu tahun 2019 untuk menurunkan sendiri APK/Atribut/Bahan Kampanye atau Alat Peraga Lainnya yang melanggar dalam waktu 1 x 24 jam. 

"Penertiban ini, merupakan penertiban lanjutan setelah sebelumnya telah kami lakukan secara kontinyu dan terakhir pada Senin (31/12/2018) lalu," katanya.

Lanjutnya, setelah surat peringatan tersebut dilayangkan kepada peserta Pemilu 2019, jumlah APK/Atribut/Bahan Kampanye serta Alat Peraga Lainnya yang ditertibkan sebanyak 98 buah, terdiri dari 32 buah spanduk, 30 buah baliho, 13 buah bendera, 10 buah pamflet 2 buah poster, 10 buah stiker, dan 1 buah alat peraga lainnya. Alat peraga yang ditertibkan ini terpasang di 5 Kecamatan di Kabupaten Bateng, yakni Koba, Lubuk Besar, Namang, Sungaiselan dan Pangkalan Baru.  

"Untuk di Kecamatan Simpangkatis, tidak ada penertiban APK/Atribut/Bahan Kampanye/Alat Peraga Lainnya, karena beberapa yang melanggar sudah ditertibkan sendiri oleh peserta Pemilu sebelumnya," ungkapnya.

Sementara itu, Wahyu Tri Buwono selaku Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah menambahkan, berdasarkan hasil temuan Bawaslu Bateng bersama Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bateng, diketahui APK/Atribut/Bahan Kampanye/Alat Peraga Lainnya Kecamatan Koba sebanyak 41 buah, Kecamatan Lubuk Besar sebanyak 23 buah, Kecamatan Namang sebanyak 26 buah, Kecamatan Pangkalan Baru sebanyak 67 buah, dan Kecamatan Sungaiselan sebanyak 12 buah dengan total sebanyak 169 Alat Peraga Kampanye (APK)/Atribut/Bahan Kampanye atau Alat Peraga Lainnya yang melanggar. 

"Pelanggaran didominasi tata cara pemasangannya seperti APK/Atribut/Bahan Kampanye atau Alat Peraga Lainnya yang dipaku di pohon, dipasang di tiang yang bukan milik pribadi serta yang pasang di tempat dilarang seperti di tempat ibadah termasuk halamannya, rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, gedung milik pemerintah, lembaga pendidikan, jalan protokol, jalan bebas hambatan, sarana publik dan tempat pemakaman umum," ujar Wahyu.

Kedepannya, Wahyu berharap APK/Atribut/Bahan Kampanye/Alat Peraga Lainnya yang dipasang oleh peserta Pemilu di Kabupaten Bangka Tengah dapat taat aturan dan prosedur sehingga dapat tercipta pesta demokrasi yang damai, demokratis dan bermartabat. (and)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Ibnu Saleh Meninjau UNBK SMP dan USBN SD
Bupati Ibnu Saleh Meninjau UNBK SMP dan USBN SD
Senin, 22 April 2019 19:37 WIB
"Peserta dengan nilai terbaik akan diberikan reward, terlebih jika bisa sampai terbaik tingkat Provinsi Babel" (Bupati Ibnu Saleh)
Gelar FGD, Pemda Bateng Pererat Harmonisasi Dengan Media
Gelar FGD, Pemda Bateng Pererat Harmonisasi Dengan Media
Senin, 22 April 2019 19:35 WIB
KOBA - Guna meningkatkan silaturahmi dan keharmonisan, maka Pemda Bangka Tengah (Bateng) menggelar Forum Grup Diskusi (FGD) Jurnalis dengan Pemda
Rapat Pleno Rekapitulasi Suara PPK Koba Lancar
Rapat Pleno Rekapitulasi Suara PPK Koba Lancar
Minggu, 21 April 2019 09:20 WIB
KOBA - Prosesi rapat pleno terbuka hasil penghitungan surat suara Pemilu 2019 tingkat Kecamatan Koba yang digelar di GOR Bulutangkis
Undangan Telah Disebar, Pleno Kecamatan Lubukbesar Diundur
Undangan Telah Disebar, Pleno Kecamatan Lubukbesar Diundur
Jum'at, 19 April 2019 16:42 WIB
LUBUKBESAR - Salah seorang Caleg Partai Nasdem Dapil 1 Kecamatan Koba-Lubukbesar, Yani Basaroni, meminta pihak penyelenggara mengklarifikasi kenapa pleno yang