Tradisi Nganggung Ruwahan, Potensi Jadi Wisata Religi


Tradisi Nganggung Ruwahan, Potensi Jadi Wisata Religi

TRADISI adat budaya unik masyarakat Bangka Belitung (Babel) yakni Nganggung atau sedekah makan bersama menjadi warisan budaya dan berpotensi jadi wisata religi. Seperti sekarang ini, masyarakat tengah merayakan Nganggung Ruwahan pada pertengahan Sya'ban sejak Selasa hingga Kamis (1-3/5), dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1439 H/2018 M. 

Terpantau, seperti di setiap desa di wilayah Bangka Tengah (Bateng) mulai dari desa Sungaiselan, Air Mesu, Cambai, Namang, Belilik, Kurau, Penyak, Terentang, Guntung, Koba, Nibung, Perlang hingga Lubukbesar, tampak warga tumpah ruah melakukan ziarah dan bersih kubur, kemudian melakukan sedekah ruwahan di masjid-masjid hingga balai desa dengan menyiapkan aneka makanan, kue dan buah-buaha di dalam nampan yang ditutup dengan dulang. 

Seperti diungkapkan Kades Belilik, H Muldari, dalam Nganggung Lebaran Ruwah yang digelar di balai desa, Rabu (2/5) pagi, semua lapisan masyarakat berkumpul bersama. 

"Kita berkumpul, berdoa bersama bermunajat mohon pengampunan kepada Allah dan mendo'akan keluarga yang telah wafat. Selain itu, Nganggung Ruwahan ini dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1439 H," kata H Muldari kepada Radar Bangka, Rabu (2/5) siang.

Ia pun berharap, denngan adat budaya turun temurun ini dapat lebih mempererat dan memperkokoh kekompakan dan kebersamaan serta semangat gotong royong di kehidupan bermasyarakat. "Alhamdulillah, lebaran ruwah di Desa Belilik yang dipusatkan di balai desa ini tetap meriah, semoga keberkahan dan kebersamaan selalu terjaga kearifan lokal ini," harap Kades H Muldari. 

Senada dikatakan Sekdes Perlang, Yani Basaroni akrab disapa Roni, adat budaya lebaran "Nganggung" Ruwah yang puncaknya pada 12 Sya'ban ini selain sebagai kearifan lokal juga sebagai bentuk solidaritas kebersamaan masyarakat yang menjadi kebanggaan budaya kultural. 

"Pastinya, jika dipoles ditambah promosi maksimal. Kita yakin dan percaya, jika adat budaya Nganggung ini bisa dijadikan icon wisata budaya religi dan menjadi sebuah 'magnet' yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Saat ini, kita pun melihat Pemda Bangka Tengah tengah gencar-gencarnya mengembangkan sektor pariwisata," tandas Sekdes Roni. (and) 





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Ibnu Lanjutkan MoU dengan UBB
Bupati Ibnu Lanjutkan MoU dengan UBB
Kamis, 22 Agustus 2019 09:54 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM menghadiri penyerahan kembali mahasiswa KKN UBB dan UNS
Penertiban Tambang Alur Sungai Nibung Harus Berefek Jera, Normalisasi Sungai Terancam Mubazir
Penertiban Tambang Alur Sungai Nibung Harus Berefek Jera, Normalisasi Sungai Terancam Mubazir
Selasa, 20 Agustus 2019 21:34 WIB
KOBA - Aktivitas tambang pasir timah di alur sungai Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) belakangan ini meresahkan
Bupati Bateng Menghadiri Perayaan Tjhit Ngiat Pan
Bupati Bateng Menghadiri Perayaan Tjhit Ngiat Pan
Senin, 19 Agustus 2019 06:33 WIB
PANGKALANBARU – Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh menghadiri acara Perayaan Tjhit Ngiat Pan (Sembayang Rebut) di Desa Benteng, Batu Belubang
Lomba Kicau Mania Bupati Bangka Tengah Cup Diikuti Ratusan Peserta
Lomba Kicau Mania Bupati Bangka Tengah Cup Diikuti Ratusan Peserta
Senin, 19 Agustus 2019 06:32 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM menghadiri lomba kicau mania yang dilaksanakan dalam rangka