Pertengahan April Kursi Wabup Bateng Terisi


Pertengahan April Kursi Wabup Bateng Terisi

KOBA - DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), turut bahagia mendengar kabar telah ditetapkannya dua nama calon wabup pada Kamis (22/3) sebelumnya bertempat di ruang rapat Bupati setelah sekian lamanya proses penetapan itu berlangsung alot dalam kurun waktu 8 bulan ini.

Ditemui di rumah dinasnya, Ketua DPRD Bateng Algafry Rahman ST mengatakan, hendaknya setalah proses tersebut dua nama yang telah ada itu segera disampaikan ke Bupati untuk diserahkan ke lembaga legislatif untuk dilangsungkan proses pemilihan.

"Alhamdulillah kalau sudah ditetapkan, hendaknya segera di antar ke Bupati. Sebab, kalau diantar sebelum Banmus DPRD awal bulan depan, tanggal 2 April, kita bisa masukkan proses itu di dalam Banmus. Sehingga, kami bisa jadwalkan rapat paripurna," ujarnya, Jum'at (23/3) siang.

Ia menambahkan, apabila Bupati segera menyerahkan dua nama itu sebelum rapat Banmus, proses pemilihan Wabup Bateng akan langsung dilakukan dan di prakirakan hanya memakan waktu dua pekan.Kemudian terisilah kursi Wabup tersebut.

"Ya tidak lama hitungan saya, asalkan sebelum Banmus, setelah paripurna pembentukan pansus, pembentukan panitia pemilihan, verifikasi calon lalu proses pemilihan. Namun, tetap sesuai aturan, saya tidak bisa intervensi kawan-kawan, paling yang memakan waktu itu pada penyusunan tata tertib," terangnya.

Selain menginginkan cepat penyerahan dua nama itu ke DPRD untuk diproses sesuai aturan tanpa intervensi sedikit pun, Algafry juga menanggapi dibalik dua nama calon wabup yang telah ditetapkan namun belum dipublish itu pihaknya akan tetap memproses siapapun orangnya.

Menurut dia, partai pengusung belum mempublish dua nama yang telah ditetapkan itu ingin memberikan surprise kepada semua pihak terutama masyarakat agar menjadi tanda tanya dan dinanti-nanti, termasuk anggota DPRD sendiri dan insan pers.

"Yang diajukan partai pengusung ke Bupati, kami akan lakukan proses. Mau siapapun dia, kami tidak akan bertanya, tidak akan memakan waktu lama selain biasanya di tatib, karena itu produk hukum. Diharapkan, dua nama itu segera disampaikan sebelum Banmus, agar bisa cepat, ya kalau sudah Banmus 2 April ini baru kedua nama diserahkan, pastinya akan menggelar Banmus lagi," ungkapnya.

Sebelumnya, pada Kamis (22/3) sekira pukul 14.00 WIB partai pengusung penetapan calon Wabup Bateng melangsungkan agenda rapat kembali guna mengerucutkan dua nama tersebut dari tiga bakal calon yang ada.

Seluruh ketua partai pengusung hadir dalam rapat tersebut yang mana Pahlevi Syahrun selaku Ketua DPC Gerindra, Subandri Ketua DPC PPP, Maryam Ketua DPC Demokrat, Firmansyah Ketua DPC PKS, Hasun Ketua DPC Hanura dan Fiskal yang memegang mandat penuh perwakilan NasDem mewakili Ketua DPC Ibnu Saleh.

Ketua Adhoc penetapan calon Wabup Bateng Firmansyah mengatakan rapat partai pengusung yang dilakukan ialah menetapkan dua hal. Pertama hasil penetapan dua nama yang telah disepakati secara sepakat dan mufakat dan yang kedua ialah menjadwalkan penandatangan berita acara secara bersama sekaligus menyampaikan ke Bupati untuk diserahkan ke DPRD.

"Dua nama sudah kita sepakati, tinggal kita menunggu Bupati kapan siapnya untuk mengatur jadwal penandatanganan berita acara sekaligus penyerahan dua nama itu. Penandatanganan secara bersama oleh seluruh ketua partai pengusung. Nanti, acaranya akan diagendakan secara terbuka untuk publik," ujar Firmansyah.

Firmansyah menegaskan, dua nama yang telah ditetapkan secara sepakat dan mufakat itu belum bisa dipublish lantaran merupakan kesepakatan oleh partai pengusung dengan tujuan pemberitahuan dua nama yang telah ditetapkan itu inlcude pada saat acara penandatanganan berita acara nantinya.

Akan tetapi, pihaknya tetap mengharapkan acara penandatangan berita acara tersebut dapat dilakukan dalam waktu dekat, direncanakan akan berlangsung pada pekan depan. Pasalnya, kursi wabup Bateng sudah lama kosong sehingga kekosongan kursi orang nomor dua di Pemerintah Bateng dapat terisi kembali.

"Kami berharap dua nama ini sesuai dengan apa yang telah di sepakati. Agar, nanti setelah terpilih satu orang setalah dipilih di dewan dapat membawa Bateng menjadi lebih baik lagi," ungkapnya. (dev)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Kapolsek Lubuk Besar Bersyukur, Hasil Rapid Test 25 Personil Non Reaktif
Kapolsek Lubuk Besar Bersyukur, Hasil Rapid Test 25 Personil Non Reaktif
Rabu, 03 Juni 2020 21:19 WIB
KOBA - 25 personel Polsek Lubuk Besar dan pekerja harian lepas di Polsek setempat menggelar rapid test, Rabu (03/06/2020). Rapid
Jadi Sekolah Percontohan, SMKN 2 Koba Terapkan Protokol Kesehatan
Jadi Sekolah Percontohan, SMKN 2 Koba Terapkan Protokol Kesehatan
Selasa, 02 Juni 2020 19:13 WIB
KOBA - SMK Negeri 2 Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa (02/06/2020) mulai melaksanakan kegiatan
Datangi SMK Negeri 2, KNPI Bateng Bagi Masker ke Pelajar
Datangi SMK Negeri 2, KNPI Bateng Bagi Masker ke Pelajar
Selasa, 02 Juni 2020 18:36 WIB
KOBA – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Selasa (02/06/2020) pagi mendatangi Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri
Bunda Melati Pastikan Masyarakatnya Hidup Layak
Bunda Melati Pastikan Masyarakatnya Hidup Layak
Selasa, 02 Juni 2020 15:40 WIB
PANGKALAN BARU - Ketua Tim Penggerak Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi menyerahkan bantuan sembako