Bangka Tengah-Unand Jalin Kerjasama Bidang Pendidikan


Bangka Tengah-Unand Jalin Kerjasama Bidang Pendidikan
Bupati Bangka Tengah, Dr Ir Ibnu Saleh, MM dan Rektor Unand Padang, Prof Dr Tafdil Husni,SE,MBA saat penandatanganan nota kesepahaman bidang pendidikan di Padang, Jumat (23/3). (babel.antaranews.com/Ahmadi)

KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjalin kerja sama bidang pendidikan dengan Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman.

"Sebenarnya kerjasama dengan Unand sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu, ini tinggal melanjutkan dan memperkuat komitmen bersama dalam memajukan pendidikan," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh dalam siaran pers yang diterima Antara, Minggu.

Penandatanganan nota kesepahaman antara Bupati Bangka Tengah Dr Ir Ibnu Saleh, MM dan Rektor Universitas Andalas Prof Dr Tafdil Husni,SE,MBA laksanakan di Ballroom Universitas Andalas Padang,Sumatera Barat pada Jumat (23/3).

Ibnu Saleh menjelaskan, Pemkab Bangka Tengah memilih menjalin kerjasama dengan pihak Unand karena perguruan tinggi di Ranah Minang itu merupakan kampus terbaik dengan SDM terbaik secara nasional.

"Kami sekarang sedang fokus membangun bidang pendidikan, perikanan, ekonomi kerakyatan dan kesehatan yang membutuhkan dukungan berbagai pihak termasuk sumber daya manusia yang ada di Unand Padang ini," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ibnu Saleh menjelaskan potensi sumber daya alam di berbagai sektor yang bisa digali dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat di antaranya sektor perkebunan, pertanian, peternakan dan perikanan.

"Dalam mengembangkan dan menggali potensi daerah ini tentu kami tidak bisa berjalan sendiri, mesti bergandengan tangan dengan pihak lain di antaranya orang akademisi. Kami tentu berterimakasih kepada pihak Unand sudah menyambut baik dan bersedia membantu mengembangkan daerah kami," katanya.

Sementara itu, Prof Dr Tafdil Husni, SE, MBA menyambut baik kerjasama bidang pendidikan, penelitian, pengembangan dan pemberdayaan sumber daerah dengan Pemkab Bangka Tengah.

"Unand mengapresiasi kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan ini dalam rangka membantu percepatan pembangunan daerah tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, Unand memiliki SDM yang memadai untuk membantu Pemkab Bangka Tengah dalam mengembangkan daerahnya. Saat ini Unand yang berkampus bukit di Limau Manis itu memiliki 15 fakultas dengan jumlah mahasiswa sekitar? 30 ribu orang.

Selain itu, Universitas Andalas juga memiliki Rumah Sakit Univeritas Andalas yang memiliki fungsi pelayanan, pendidikan, dan penelitian.

"Kerja sama ini tidak hanya formalitas saja tetapi harus cepat diisi dengan memanfaatkan potensi keilmuan yang ada di Universitas Andalas dalam membantu percepatan pembangunan Kabupaten Bangka Tengah," ujarnya. (ant/rb)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Disperindagkop UKM Bateng Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur
Disperindagkop UKM Bateng Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur
Jum'at, 20 Desember 2019 19:15 WIB
KOBA - Di penghujung tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) kembali meraih penghargaan melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi,
Dinas Perikanan Bateng Sampaikan Program Unggulan ke Kementerian Kelautan Perikanan
Dinas Perikanan Bateng Sampaikan Program Unggulan ke Kementerian Kelautan Perikanan
Rabu, 18 Desember 2019 15:05 WIB
KOBA - Guna menyampaikan beberapa program unggulan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), maka Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bateng, Taufik bersama beberapa
Kontraktor Siap Bertanggungjawab Perbaiki Pasar Rakyat Koba
Kontraktor Siap Bertanggungjawab Perbaiki Pasar Rakyat Koba
Rabu, 18 Desember 2019 17:30 WIB
KOBA - Pihak Kontraktor Pembangunan Pasar Rakyat Koba tahun 2017, melalui pengawas lapangan yakni Iwang mengaku pihaknya siap bertanggungjawab memperbaiki
Hj Iriani Ibnu Hadiri Lomba Masak di Desa Tanjungpura
Hj Iriani Ibnu Hadiri Lomba Masak di Desa Tanjungpura
Rabu, 18 Desember 2019 17:00 WIB
SUNGAISELAN - Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Hj Iriani Melita Ibnu Saleh, menghadiri acara lomba memasak nasi goreng