Dewan Sayangkan Silpa Anggaran Desa


Dewan Sayangkan Silpa Anggaran Desa

KOBA - Ketua DPRD Bangka Tengah (Bateng) Algafry Rahman menyayangkan adanya Silpa pada serapan dana desa sebesar Rp 7,153 miliar pada 2017 lalu yang ditotalkan pada 56 desa yang ada.

Menurut Algafry, sangat disayangkan anggaran yang sudah disediakan untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat itu tidak terpakai sehingga menghasilkan Silpa dalam penggunaanya.

"Salahnya dimana coba, ini perlu evaluasi. Kalau masalah takut menggunakan anggaran, toh semua harus dijalankan dengan pengawasan dan bimbingan," ujar Algafry kepada wartawan, Rabu (14/3) siang.

Menurutnya, persoalannya bukan ada tidaknya TP4D dalam menggunakan anggaran desa APBDes, sebab dalam kita menganggarakan sebuah penggunaan dana desa kan sudah ada aturan dan tetap digunakan selama dipakai pada aturan itu tidak ada masalah.

Ia menilai, angka Silpa yang demikian cukup lumayan kalau tidak dimanfaatkan. Pihaknya berharap jangan terulang lagi Silpa pada tahub 2018 ini dan penggunaan dana itu harus progeresnya sesuai dengan perencanaan.

"Jangan sampai anggaran tidak terealisasi, saran pengawasan tetap dilaksanakan oleh dinas terkait dan yakin desa semuanya mampu dari segi SDM," terangnya.

Politisi Golkar itu menegaskan, jika terdapat indikasi terulang lagi silpa dengan angka masih tetap seperti ini ataupun lebih dari ini pada tahun 2018 saat data anggaran desa 56 ini direkapitulasi, dewan berharap pemerintah daerah benar harus mengambil sikap dan betul melakukan evaluasi atas kinerja kawan di OPD terkait dan pihak-pihak di Kecamatan dalam hal ini sebagau pembimbing dan pengarah.

Bagi Algafry, apabila didapati serapan dana desa mencapai 100 persen sangat bagus karena artinya kesejahteraan maayarakat dalam peningkatan taraf perekonomian itu benar nyata dirasakan.

"Mari kita diskusikan ajak pihak terkait mengembangkan desa ke dewan, saya rekomendasikan Komisi II sharing dengan dinas terkait," tandasnya. (dev)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Kapolsek Lubuk Besar Bersyukur, Hasil Rapid Test 25 Personil Non Reaktif
Kapolsek Lubuk Besar Bersyukur, Hasil Rapid Test 25 Personil Non Reaktif
Rabu, 03 Juni 2020 21:19 WIB
KOBA - 25 personel Polsek Lubuk Besar dan pekerja harian lepas di Polsek setempat menggelar rapid test, Rabu (03/06/2020). Rapid
Jadi Sekolah Percontohan, SMKN 2 Koba Terapkan Protokol Kesehatan
Jadi Sekolah Percontohan, SMKN 2 Koba Terapkan Protokol Kesehatan
Selasa, 02 Juni 2020 19:13 WIB
KOBA - SMK Negeri 2 Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa (02/06/2020) mulai melaksanakan kegiatan
Datangi SMK Negeri 2, KNPI Bateng Bagi Masker ke Pelajar
Datangi SMK Negeri 2, KNPI Bateng Bagi Masker ke Pelajar
Selasa, 02 Juni 2020 18:36 WIB
KOBA – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Selasa (02/06/2020) pagi mendatangi Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri
Bunda Melati Pastikan Masyarakatnya Hidup Layak
Bunda Melati Pastikan Masyarakatnya Hidup Layak
Selasa, 02 Juni 2020 15:40 WIB
PANGKALAN BARU - Ketua Tim Penggerak Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi menyerahkan bantuan sembako