Bupati Himbau Pedagang Tempati Lapak Pasar Moderen


Bupati Himbau Pedagang Tempati Lapak Pasar Moderen

KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) Dr Ir H Ibnu Saleh MM menghimbaukan kepada para pedagang basah yang dikhususkan berpindah ke gedung relokasi pasar moderen Koba, untuk menempati lokasi disediakan terlebih dahulu. 

"Nanti, sembari menempati lapak tersebut baru kita mencari langkah lain untuk menyesuaikan kondisi yang ada di lapangan," kata H Ibnu kepada harian ini, Jumat (2/3).

Proses pemindahan pedagang yang dimaksud itu, ditegaskan H Ibnu, merupakan kegiatan bersifat sementara, mengingat rencana pemerintah daerah sendiri akan melakukan renovasi lagi pada gedung utama dalam kurun waktu 1 tahun ini.

"Dibuatnya relokasi gedung itu dalam rangka renovasi gedung utama, nanti para pedagang ikan, sayur dan basah akan pindah lagi ke gedung utama. Nah untuk gedung relokasi setelah itu, bisa dimanfaatkan untuk aktivitas lain yang menyesuaikan. Bukankah pernah juga terjadi seperti demikian, pada pasar lama yang ada terminalnya dulu," terangnya.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Bateng, Me Hoa MH, pada Jumat (2/3) siang, bersama pihak Disperindagkop UMKM Bateng terjun langsung ke lapangan meninjau kondisi gedung relokasi Pasar Moderen Koba dari anggaran APBN yang berlokasi di belakang gedung utama yang telah diselesaikan pengerjaannya sejak akhir 2017 lalu.

"Ini menindaklanjuti informasi mengenai keresahan seluruh pedagang basah, ikan dan daging karena hingga saat ini terpantau mereka semua belum berpindah ke gedung baru dengan alasan design bangunan tak sesuai harapan," katanya.

Politisi PDI P itu mengungkapkan, dalam waktu dekat mengenai lokasi gedung relokasi itu antara pedagang dan pemerintah dapat menemui sebuah cara dalam kesepakatan bersama mencari jalan keluarnya. Diharapkan pula, para pedagang dapat membuat kekompakan memanfaatkan gedung bangunan yang siap ditempati itu. 

"Kalaupun ada masalah lagi, dengan luas lapak, biaya retribusi dan lain yang memberatkan untuk segera menyampaikan ke DPRD agar dibicarakan bersama mencari solusi terbaiknya," katanya.

Sebelumnya, Taufik, salah satu pedagang di Pasar Moderen Koba menilai memang untuk kepindahan ketempat yang baru lokasinya lebih baik, baru dan bagus. "Kendati kondisinya seperti itu, tetap saja membuat pedagang merasa design pasar tak sesuai karena selain jarak antar lapak dan lorong terlalu sempit," tandasnya. (dev)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Setir Mobil Jenazah, Gubernur Erzaldi Antar Almarhum Mang Jay ke Peristirahan Terakhir
Setir Mobil Jenazah, Gubernur Erzaldi Antar Almarhum Mang Jay ke Peristirahan Terakhir
Sabtu, 29 Mei 2021 14:23 WIB
BELILIK - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, Jumat (28/5/21), mengemudikan mobil jenazah yang membawa almarhum Jailani bin Zakaria (Mang
  Algafry : Peran Stakholder Jadikan Bateng Raih Anugerah Parahita Ekapraya
Algafry : Peran Stakholder Jadikan Bateng Raih Anugerah Parahita Ekapraya
Rabu, 17 Maret 2021 21:36 WIB
KOBA- Bupati Bangka Tengah (Bateng) Algafry Rahman hadiri acara Kegiatan Verifikasi Lapangan dalam rangka Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) secara
Algafry Rahman Minta Rukun Tetangga Jalin Silaturahmi Dengan Baik di Masyarakat
Algafry Rahman Minta Rukun Tetangga Jalin Silaturahmi Dengan Baik di Masyarakat
Rabu, 17 Maret 2021 21:33 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) Algafry Rahman menghadiri kegiatan penyerahan Surat Keputusan (SK) sekaligus honorarium bagi Rukun Tetangga (RT),
Bupati Bateng dan Danlanal Babel Tandatangani NHPD
Bupati Bateng dan Danlanal Babel Tandatangani NHPD
Rabu, 17 Maret 2021 21:30 WIB
KOBA - Dalam upaya mendukung sarana dan prasaran Angkatan Laut Bupati Bangka Tengah (Bateng) Algafry Rahman menandatangani Naskah Perjanjian Hibah