Penjarakan Pemilik Tambang Marbuk


Penjarakan Pemilik Tambang Marbuk

KOBA- Aktivitas tambang bijih timah liar kembali marak di kawasan Marbuk, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kendati sudah ditertibkan aparat gabungan beberapa waktu lalu.

"Sepertinya tindakan penertiban yang dilakukan aparat keamanan beberapa waktu lalu tidak diindahkan, hanya berhenti sementara dan kemudian kembali ditambang," kata Yan, seorang warga Koba, Minggu (28/1).

Kawasan Marbuk merupakan lokasi penambangam bijih timah eks PT Koba Tin dan sekarang menjadi wilayah cadangan negara yang tidak boleh ditambang siapa pun.

"Masyarakat sudah resah, terutama yang tinggal tidak jauh dari lokasi tambang karena risikonya sudah jelas banjir mengingat kawasan tambang itu juga berada di daerah aliran sungai," katanya.

Sementara Doni, warga yang lainnya mengatakan dampak dari aktivitas penambangan bijih timah di kawasan tersebut sangat besar terutama menjadi pemicu banjir.

"Jangan hanya tergiur mendapatkan uang banyak dalam waktu cepat, tetapi masyarakat banyak yang merasakan dampaknya. Kami orang asli daerah yang merasakannya," katanya.

Sementara sebelumnya Wakapolres Bangka Tengah, Kompol Efendi Sugianto sempat menegaskan akan menindak tegas pelaku tambang yang merambah kawasan terlarang yang dilindung undang-undang.

Bahkan Efendi mengancam akan memenjarakan pemilik tambang jika imbauan mereka untuk menghentikan penambangan di kawasan Marbuk tidak diindahkan.

Sementara itu, Ketua MPC Pemuda Pancasila Bateng Deby Ardi meminta Kapolres Bateng segera mengantisipasi sejak dini aktivitas TI rajuk dikawasan eks Kobatin seperti Marbuk, Kenari dan Pungguk.

Dia juga meminta aparat penegak hukum untuk menindak tegas penambang yang membangkang untuk beroperasi meskipun sudah beberapa kali diperingatkan.

" Sekarang mereka kembali beroperasi meskipun agak jauh dari lokasi sebelumnya. Karena TI rajuk dikawasan tersebut sangat dekat dengan pemukiman dan sangat dekat dengan kota, ini sangat meresahkan,"ujar Deby.(ant/dev)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Ibnu Dampingi UMKM Gurih DD Terima Penghargaan Anugrah Pramakarya
Bupati Ibnu Dampingi UMKM Gurih DD Terima Penghargaan Anugrah Pramakarya
Kamis, 28 November 2019 20:40 WIB
BUPATI Bangka Tengah (Bateng) Ibnu Saleh MM mendampingi UMKM Gurih DD Desa Kurau ke Istana Wakil Presiden, beralamat di Jalan
Komisi I DPRD Bateng Kunjungi Kampung KB Desa Belimbing
Komisi I DPRD Bateng Kunjungi Kampung KB Desa Belimbing
Rabu, 27 November 2019 14:00 WIB
LUBUKBESAR - Komisi I DPRD Bangka Tengah (Bateng) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kampung KB Desa Belimbing, Kecamatan Lubukbesar, Kabupaten
Kasubsi Keimigrasian Pangkalpinang; Kedua Yachtres Singgah Miliki Dokumen Lengkap
Kasubsi Keimigrasian Pangkalpinang; Kedua Yachtres Singgah Miliki Dokumen Lengkap
Selasa, 26 November 2019 13:00 WIB
KOBA - Terkait dua orang pelayar asing (Yachtres) yakni Erienne Pierre Jackue alias Ethan (33) asal Pancis dan Carl Johan
Dua Yachtres Terdampar di Perairan Pantai Koba
Dua Yachtres Terdampar di Perairan Pantai Koba
Selasa, 26 November 2019 12:12 WIB
KOBA - Dua orang pelayar warga negara Swedia yakni Charlie (37) dan Ethan (33) asal Prancis, sempat terdampar di perairan