Kasus Lakalantas Bangka Tengah Meningkat


Kasus Lakalantas Bangka Tengah Meningkat

KOBA - Berbanding pada tahun sebelumnya, angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) pada tahun 2017 ini yang terjadi di wilayah hukum Polres Bangka Tengah (Bateng) mengalami peningkatan sebanyak delapan (8) kasus.

Dari data rekapitulasi terbaru yang didapat oleh harian ini dari Satlantas Polres Bateng, data Lakalantas dari bulan Januari-Desember 2017 mencapai 39 kasus dengan kerugian material diangka Rp.283.750.000,-.

"Yang meninggal dunia ada 32 orang, luka berat 31 orang dan 21 orang luka ringan. Total korban laka secara keseluruhan pada 2017 ini, sebanyak 84 orang," ujar Kasatlantas Polres Bateng, Iptu Waliyudin didampingi Kanit Lakalantas Bripka Eka Putra kepada harian ini, Senin (18/12).

Kasat Lantas menerangkan, dari data dihimpun pihaknya pada tahun lalu dari Januari hingga Desember 2016 kasus lakalantas sebanyak 31 kasus dengan kerugian material hanya mencapai Rp.131.350.000,-. "Sepanjang tahun 2016 pada kasus lakalantas tersebut, 25 orang kehilangan nyawa, 25 orang mengalami luka berat dan 13 orang mengalami luka-luka ringan," katanya.

Ia menjelaskan, dari banyaknya kasus lakalantas tersebut di wilkum Polres Bateng pada tahun 2017 ada lima titik yang dinyatakan rawan terjadi insiden kecelakaan. "Kelima titik rawan itu di ruas jalan raya Kelurahan Arungdalam, Kenanga Koba, Desa Belilik, Cambai Induk dan Cambai Selatan," katanya.

Beberapa poin dianggap sebagai penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, diungkapkan Iptu Waliyudin seperti kurangnya kesadaran masyarakat saat berkendara, kecepatan tinggi, kendaraan yang digunakan tidak layak jalan, muatan (tonase) kendaraan berlebihan, human eror, banyaknya jalan lurus yang sepi, mengantuk, konsumsi alkohol dan kurangnya pengetahuan akan teknik berkendara.

"Untuk mengurangi angka laka kami akan koordinasi dengan Pemda melalui dinas pu, dishub, rencana pemasangan lampu dan rambu hingga pihak jasaraharja. Kemudian meningkatkan penyuluhan kamsel lalu lintas, patroli rutin, juga pemasangan spanduk di titik rawan laka," pungkasnya.(dev)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Bateng Menghadiri Perayaan Tjhit Ngiat Pan
Bupati Bateng Menghadiri Perayaan Tjhit Ngiat Pan
Senin, 19 Agustus 2019 06:33 WIB
PANGKALANBARU – Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh menghadiri acara Perayaan Tjhit Ngiat Pan (Sembayang Rebut) di Desa Benteng, Batu Belubang
Lomba Kicau Mania Bupati Bangka Tengah Cup Diikuti Ratusan Peserta
Lomba Kicau Mania Bupati Bangka Tengah Cup Diikuti Ratusan Peserta
Senin, 19 Agustus 2019 06:32 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM menghadiri lomba kicau mania yang dilaksanakan dalam rangka
Bupati Ibnu "Kick Off" di Turnamen Sepak Bola Antar RT
Bupati Ibnu "Kick Off" di Turnamen Sepak Bola Antar RT
Senin, 19 Agustus 2019 06:30 WIB
NAMANG - Tendangan Pertama Bupati Bangka Tengah DR Ir H Ibnu Saleh MM sebagai tanda dimulainya final Turnamen Sepak Bola
Bupati Ibnu Letakkan Batu Pertama Masjid Uswatun Hasanah Jelutung
Bupati Ibnu Letakkan Batu Pertama Masjid Uswatun Hasanah Jelutung
Senin, 19 Agustus 2019 06:29 WIB
NAMANG - Bupati Bangka Tengah DR Ir H Ibnu Saleh MM melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Uswatun Hasanah Desa