Erzaldi Arahkan DPC Gerindra Dapatkan Kursi Wabup


Erzaldi Arahkan DPC Gerindra Dapatkan Kursi Wabup

Pahlivi : Kami Sedang Buat Yudisial Review

KOBA - Proses pengisian kursi Wabup Bangka Tengah (Bateng) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ternyata juga dibahas dalam Rakercab Partai Gerinda yang digelar DPC Gerindra Bateng beberapa hari yang lalu, Selasa (5/12).

Ketua DPC Gerindra Bateng, Pahlivi Syahrun kepada harian ini menjelaskan, Ketua DPD Gerindra Babel, Erzaldi Rosman, menetapkan apapun yang ada didalam internal tim partai pengusung yang terjadi, DPC Gerindra Bateng diarahkan harus mendapatkan kursi Wakil Bupati Bateng.

Kondisinya saja, kata Pahlivi belum ada kebersamaan sebagai kewenangan di partai pengusung Erzaldi-Ibnu Saleh pada Pilbup 2015 lalu.Untuk itu, bagian hukum Gerindra mengarahkan untuk mengkaji yudisial review sebagai alternatif lain ketika proses tersebut masih menemui jalan buntu.

"Mereka mengarahkan untuk mengkaji yudisial review atas dasar peraturan undang-undang tentang tata cara pemilihan wabup dalam faktor mengisi sisa masa jabatan.Dengan yudisial review, diharapkan menghasilkan calon dua orang," ujarnya.

Pahlivi melanjutkan, arahan Ketua DPD Gerindra Babel tersebut cukup beralasan, pasalnya Ibnu Saleh sebelum menjadi Bupati mendampingi Erzaldi Rosman dari Gerindra sebagai wakil sehingga kursi kekosongan wabup harus diisi oleh orang Gerindra.

Dengan misalkan yudisial review diterbitkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK), sehingga partai pengusung dapat menyerahkan penentuan balon wabup menjadi calon wabup ke bupati dan mengambil kebijakan yang lalu diserahkan ke DPRD Bateng.

Kini, kata dia, proses yudisilal review dalam kajian bagian hukum Gerindra, menyusun kerangka hukumnya dan kemudian membuat langkah mendaftarkannya ke MK.

"Kalau proses selesai, yudisial review sudah kita pegang lalu diserahkan ke bupati, bupati sudah wajib menentukan dua calon itu.Kalau tidak, ia berarti tak melaksanakan peraturan undang-undang, tidak ada alasan lain, kecuali partai pengusung tidak menetapkan calon.Kita kan sudah, namun pilihannya saja berbeda," pungkasnya.(dev)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Ibnu: Pospeda VII Bateng, Ajang Gali Potensi Raih Prestasi
Bupati Ibnu: Pospeda VII Bateng, Ajang Gali Potensi Raih Prestasi
Sabtu, 14 September 2019 22:06 WIB
PANGKALANBARU - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM menghadiri pembukaan pekan olahraga dan seni pesantren daerah
Tiga Hari Dilaporkan Tenggelam, Yono Diketemukan Meninggal Dunia
Tiga Hari Dilaporkan Tenggelam, Yono Diketemukan Meninggal Dunia
Sabtu, 14 September 2019 20:09 WIB
LUBUKBESAR - Setelah dilaporkan hilang tenggelam di kolong Kayuara eks PT Kobatin di Desa Perlang, Kecamatan Lubukbesar, Kabupaten Bangka Tengah
Kembali, Bupati Ibnu Saleh Membuka Diklat Petugas Pengatur Lalulintas
Kembali, Bupati Ibnu Saleh Membuka Diklat Petugas Pengatur Lalulintas
Jum'at, 13 September 2019 15:00 WIB
PANGKALANBARU - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Diklat Petugas Pengatur
Bupati Ibnu Saleh Letakan Batu Pertama AAS
Bupati Ibnu Saleh Letakan Batu Pertama AAS
Jum'at, 13 September 2019 16:00 WIB
SUNGAISELAN - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM meletakkan batu pertama pembangunan Alun-alun Kecamatan Sungaiselan (AAS),