Polres Bateng Luncurkan Aplikasi E-Binmas


Polres Bateng Luncurkan Aplikasi E-Binmas

KOBA - Untuk pertama kalinya Kepolisian Resor Bangka Tengah (Bateng) Polda Bangka Belitung (Babel) menerapkan penggunaan aplikasi Sistem Laporan Gangguan Kamtibmas (SISLAP GK) yang dinamakan E-Binmas, Rabu (18/10).

Kapolres Bateng, AKBP Frenky Yusandhy ketika dikonfirmasi harian ini mengatakan bahwa pada saat ini diseluruh Kepolisian Resor di Polda Babel baru Polres Bateng yang menerapkan penggunaan aplikasi berbasis android itu.
 
Perwira melati dua ini menjelaskan, aplikasi tersebut dapat diakses melalui  smartphone untuk memudahkan para Bhabinkamtibmas dan Staf Sat Binmas Polres dalam membuat, merekap dan mengirimkan laporannya dengan cepat dan mudah tanpa harus bekutak dengan kertas lagi.

"Aplikasi ini aktif 1 Oktober 2017 nanti, kita launching ya kan nanti.Sangat mudah penggunaanya.Setelah didownload E-Binmas di aplikasi playstore dapat digunakan dengan menginput nama dan memasukkan NRP para Bhabinkamtibmas," ujarnya. 

Ia mengatakan, setelah proses input nama dan memasukkan NRP, aplikasi E-Binmas akan muncul bebrapa kolom petak pengisian yang harus diisi.Kolom itu yaitu DDS (Door to Door System), sambang duka, kegiatan menonjol, dan masih banyak lainnya. 

Kemudian para Bhabinkamtibmas hanya tinggal mengisi kolom data yang dibutuhkan dan mengunggah foto kegiatannya sebagai sistem cara penggunaan laporan yang dimaksud.

Aplikasi ini tidak membutuhkan smarthphone yang canggih agar bisa digunakan.Pasalnya, cukup dengan sistem android versi. 5.0.0 para bhabin bisa mendownload dan menginstal aplikasi tersebut yang telah di searching di Playstore.

"Selain untuk memudah para bhabinkamtimas, aplikasi ini sebagai representasi dari visi kapolri, Jendral Tito Karnavian pada bidang modernisasi dalam layanan publik yang didukung dengan teknologi," kata Kapolres.

Sebelumnya, Kapolres juga sangat paham bahwasannya pekerjaan seorang Bhabinkamtibmas saat ini sangat penting dalam mewujudkan situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif.

Bhabinkamtimas dikehidupan masyarakat dari tubuh Polri itu bak ujung tombak kehadirannya ditengah masyarakat yang dituntun.Mereka yang ditugaskan mampu menyelesaikan segala permasalahan didesa binaannya sebagai bentuk tanggung jawab.
Beban ini semakin berat manakalah Bhabinkamtibmas masih dibebani dengan harus membuat laporan dan secara bersamaan terkadang juga mendapat tugas rangkap di Polsek nya karena kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Polri ditingkatan Polsek jajaran.

Selain daripada itu, para pejabat pemangku Bhabinkamtibmas mulai dari Kanit Binmas Polsek hingga personil Sat Binmas harus merekap laporan para Bhabinkamtibmas seluruh polsek yang berjumlah puluhan dan sebagaimana laporannya, dalam kegiatan sehari satu mereka harus dan dapat mengirim 5-6 kegiatan menonjol sesuai kondisi didesanya.

"Menilik dari latar belakang tersebutlah, kita gegaskan untuk mengaplikasikan E-Binmas bagi Bhabinkamtibmas.Saya berharap banyak, dengan aplikasi ini para Bhabin yang bertugas didesa semakin bersemangat dalam mengemban tugas, bukan malah sebaliknya. Karena aplikasi ini memudahkan bukan," pungkasnya. (dev)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Ratusan Warga Geruduk Kantor Desa Sungkap, Desak Kades Mundur
Ratusan Warga Geruduk Kantor Desa Sungkap, Desak Kades Mundur
Jum'at, 07 Agustus 2020 21:34 WIB
KOBA - Ratusan warga Desa Sungkap Kecamatan Simpangkatis, Kabupaten Bangka Tengah. Mendatangi kantor Desa Sungkap dan menggelar aksi demonstrasi di
Pemkab Bateng Tingkatkan Pembinaan Pelaksanaan Reformasi dan Birokrasi Budaya Kerja
Pemkab Bateng Tingkatkan Pembinaan Pelaksanaan Reformasi dan Birokrasi Budaya Kerja
Jum'at, 07 Agustus 2020 15:55 WIB
KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) mengadakan Pembinaan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Budaya Kerja di Ruang Rapat VIP Pemkab
Awasi Coklit Di C2, Bawaslu Bateng Pastikan Tidak Ada Data Pemilih Ganda
Awasi Coklit Di C2, Bawaslu Bateng Pastikan Tidak Ada Data Pemilih Ganda
Jum'at, 07 Agustus 2020 15:21 WIB
KOBA - Dalam rangka pengawasan pencocokan dan penelitian data pemilih Pemilihan Serentak tahun 2020, Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja
Anak Usia 13 Tahun "Diembat" Paman Tiri
Anak Usia 13 Tahun "Diembat" Paman Tiri
Jum'at, 07 Agustus 2020 00:14 WIB
KOBA – Seorang anak cewek berumur 13 tahun "diembat" oleh paman tirinya inisial RL (31) di Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten