Nah, Dirut PT Koba Tin Temui Bupati


Nah, Dirut PT Koba Tin Temui Bupati

KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng), H Ibnu Saleh mengatakan dirinya telah dikunjungi oleh Dirut PT Koba Tin, Utomo di ruangan kerjanya, Rabu (4/10) siang kemarin.

Usai dijumpai pada pertemuan itu, H Ibnu Saleh mengatakan bahwa kedatangan Utomo itu dalam rangka pembahasan masalah CSR dan aset yang tersisa di eks perusahaan produksi biji timah tersebut.

Ia membeberkan, Pemkab Bateng telah meminta kepada PT Koba Tin untuk menyerahkan CSR kepada pemerintah daerah dengan berpacu pada dokumen pasca tambang yang tertera dengan jelas sesuai kesepakatan yang dibuat pada masa itu. 

"Pertemuannya, kita telah meminta kepada pihak perusahaan merujuk pada dokumen pasca tambang untuk menyerahkan CSR. Nantinya, hal itu akan didistribusikan ke kabupaten bangka tengah," ujarnya kepada harian ini di Koba kemarin. 

Bentuk CSR yang dimaksud sesuai dokumen pasca tambang sangat banyak yang diantaranya berupa ekonomi, umkm, infrastruktur, pendidikan dan kesehatan dan sistemnya nanti uangnya dapat diberikan ke Pemkab Bateng yang mana saat ini masih ada di Kementrian ESDM. "Ya, itu sama dengan statusnya jaminan reklamasi kemarin," kata dia. 

Ia menerangkan, permasalahan tentang pelunasan hak-hak tertinggal bagi mitra dan eks karyawan PT Koba Tin itu semuanya tanggung jawab dari perusahaan. Pemkab Bateng sebagai perpanjangan tangan masyarakat hanya bersifat mendukung agar prosesnya dapat berjalan dengan maksimal.

"Bentuk dukungan kita seperti apa?, ya kita telah bekerja juga. Tidak tutup mata, kita telah membuat surat ke Dirjen ESDM membantu Koba Tin menyelesaikan hutang kepada mitra dan eks karyawan," tambahnya. 

Namun, pihak perusahaan hanya bisa membayar hutang piutang yang masih ada sesuai dengan batas kemampuan karena kondisinya sudah seperti itu sedangkan nominal yang harus dikeluarkan lumayan besar. 

Terakhir, pembahasan antara H Ibnu Saleh dan Dirut PT Koba Tin tentang dokumen pasca tambang sekedar untuk beraudiensi dan membahas aset milik negara. "Kita sudah buat surat untuk sesuai dokumen pasca tambang ke Kementrian Keuangan agar sebagian aset juga bisa beralih ke Pemerintah Daerah," pungkas H Ibnu. (dev)




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Satu Warga Bangka Tengah Positif Covid-19
Satu Warga Bangka Tengah Positif Covid-19
Sabtu, 30 Mei 2020 23:06 WIB
KOBA - Satu warga Desa Terak berinisial IY, 30, perempuan, yang beralamat di Jalan Sungai Selan, kecamatan Simpang Katis, Bangka
Kades Nibung Benarkan Ada Oknum Ketua RT Memungut Biaya ke Penerima BLT, Dengan Alasan Bantu Warga yang tidak Menerima
Kades Nibung Benarkan Ada Oknum Ketua RT Memungut Biaya ke Penerima BLT, Dengan Alasan Bantu Warga yang tidak Menerima
Jum'at, 29 Mei 2020 22:15 WIB
KOBA -- Kepala Desa Nibung Kecamatan Koba Roni Pahrizal membenarkan adanya oknum salah satu Ketua Rukun Tetangga (RT) yang ada
Pemkab Bateng Petakan Wilayah Penyebaran Wabah Virus Corona
Pemkab Bateng Petakan Wilayah Penyebaran Wabah Virus Corona
Jum'at, 29 Mei 2020 02:30 WIB
KOBA- Juru Bicara Percepatan penanggulangan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dr Bahrun R Siregar melakukan pemetaan titik rawan penyebaran virus
Pilkada Serentak, Bawaslu Bangka Tengah Tunggu Juknis
Pilkada Serentak, Bawaslu Bangka Tengah Tunggu Juknis
Jum'at, 29 Mei 2020 02:26 WIB
KOBA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah saat ini menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Bawaslu RI terkait pola