Pemerintah Gelontorkan Dana Rp4,5 Milar Bangun RTH


Pemerintah Gelontorkan Dana Rp4,5 Milar Bangun RTH

KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelontorkan dana Rp4,5 miliar untuk menjadikan Alun-alun Koba sebagai ruang terbuka hijau (RTH).

"Alun-alun Koba itu sebenarnya difungsikan untuk RTH namun belum maksimal, maka ditingkatkan lagi pembangunan berbagai fasilitas yang menelan dana dari APBN sekitar Rp4,5 miliar," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bangka Tengah Ali Imron di Koba, Jumat (18/8).

Ia menjelaskan berbagai fasilitas yang dibangun yaitu jalur pejalan kaki, toilet dan berbagai fasilitas ruang terbuka hijau lainnya.
"Pembangunan itu dilakukan oleh Dirjen Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan harapan mampu menambah luas RTH di daerah ini," katanya.

Saat ini pemerintah daerah baru memiliki 14 persen ruang terbuka hijau dan target untuk satu tahun ke depan akan menambah enam persen lagi.

"Kalau amanat undang-undang yaitu 30 persen ruang terbuka hijau, kita baru mencapai 14 persen dan sisanya tentu dibangun secara bertahap karena membutuhkan waktu dan biaya," ujarnya.

Ia juga mengajak berbagai komponen masyarakat untuk memberikan kontribusi membangun ruang terbuka hijau di daerah itu untuk bisa mencapai 30 persen.

"Selain pemerintah daerah, peran pihak swasta dan masyarakat tentu sangat diharapkan untuk membangun ruang terbuka hijau dalam rangka menciptakan lingkungan yang sehat dan asri," ujarnya. (ant/rb)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Ibnu Hadiri HKG PKK ke-47
Bupati Ibnu Hadiri HKG PKK ke-47
Kamis, 17 Oktober 2019 12:30 WIB
KOBA - Bupati Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM, menghadiri kegiatan puncak Hari Kesatuan Gerakan PKK
Disdukcapil Bateng Sosialisasikan Kebijakan Kependudukan
Disdukcapil Bateng Sosialisasikan Kebijakan Kependudukan
Kamis, 17 Oktober 2019 13:00 WIB
KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mensosialisasikan kebijakan kependudukan melalui penyuluhan pendaftaran
KPU Bateng Audiensi RPP Bersama Pemilih Pemula
KPU Bateng Audiensi RPP Bersama Pemilih Pemula
Rabu, 16 Oktober 2019 11:45 WIB
KOBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) tingkatkan kualitas pendidikan kepemiluan terhadap pemilih pemula melalui program audiensi
Dinkes Bateng Fasilitasi Program Baksos Kejaksaan RI
Dinkes Bateng Fasilitasi Program Baksos Kejaksaan RI
Rabu, 16 Oktober 2019 12:30 WIB
KOBA - Program Nasional Kejaksaan RI Bakti Sosial Operasi Katarak dan Hernia digelar di RSUD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) difasilitasi