Tindakan Preventif Timgab Terindikasi Bocor


Tindakan Preventif Timgab Terindikasi Bocor

KOBA - Sebanyak 170 personel tim gabungan (timgab) dipimpin Satpol PP Bangka Belitung (Babel), anggota Dalmas Polda Babel, Korem 045/Gaya, Satpol PP Bateng dan Polsek Koba kembali diturunkan dalam melakukan upaya penertiban Tambang Inkonvention (TI) ilegal di seluruh titik eks Kontrak Karya (KK) PT Koba Tin, sebagaimana menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Gubernur Kepulauan Babel, Jum'at (11/8) pagi. 

    Namun upaya yang dilakukan tersebut tidak membuahkan hasil maksimal, karena aktivitas di beberapa titik tersebar dibelakang kolong marbukh, kenari dan ponggok serta sepanjang kawasan bemban short tak dijumpai satu pun alat berat eksavator (PC). 

    Kendati demikian, walau dalam rangka menggelar upaya preventif (sosialisasi) penyelamatan aset Eks KK Kobatin, Timgab tak segan membawa temuan pada titik yang tersebar tadi seperti mesin dompeng, mesin kecil, pipa penyedot ataupun Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar sebagai barang bukti hasil razia. 

    Cipto Nugraha, Kabid Operasional Penegakan Perda Pol PP Babel mewakili tim dari provinsi kepada awak media, Jumat (11/8) siang mengatakan, langkah awal yang dilakukan pada penertiban kali ini baru sebatas sosialisasi sesuai saran pihak Polda Babel, berjenjang serta siap benar menertibkan jika upaya jalur baik-baik ini tidak sedikitpun digubris oleh oknum pemilik maupun pekerja di lapangan. 

    "Kalau mau angkat semua, siap dulu peralatan dan penambahan personel gabungan, apapun yang terjadi bb dilapangan tetap diamankan," kata Cipto.

    Selain berpedoman pada SE, kegiatan itu sebagai perintah langsung Gubernur Babel H Erzaldi Rosman yang merekomendasi atas laporan dari masyarakat Koba mengenai dampak buruk pada aktivitas tambang ilegal. "Kali ini, kita mengimbaukan saja terlebih dahulu sesuai SOP," katanya.

    Dari pihak Pemkab Bateng, Kasat Pol PP Irwan menambahkan kegiatan preventif kali ini diduga ada kebocoran karena dua hari sebelumnya masih ada aktivitas tambang dengan alat berat eksavator. "Sementara barang bukti berupa mesin peralatan TI yang diamankan tanpa pemilik dari lokasi bisa dikembalikan ke pemiliknya asalkan tidak mengulangi lagi kegiatan tambang," pungkasnya. (dev) 




Banner

Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati H. Ibnu Saleh Terima Penghargaan ASPEKSINDO 2020
Bupati H. Ibnu Saleh Terima Penghargaan ASPEKSINDO 2020
Selasa, 11 Agustus 2020 20:10 WIB
KOBA - Dibawah Kepemimpinan Bupati Ibnu Saleh Prestasi tingkat nasional kembali diraih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah. Yang terbaru,
Gaji Ke 13 ASN Cair, Pemkab Bateng Anggarkan 11,5 M
Gaji Ke 13 ASN Cair, Pemkab Bateng Anggarkan 11,5 M
Selasa, 11 Agustus 2020 20:10 WIB
KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Kepala DPPKAD Bangka Tengah, Cherlini menyebutkan pembayaran gaji ke-13 atau tunjangan pendidikan bagi
Pondok Rumah Anak Yatim Almarkazul Yatama, Harapan Desa Sungai Selan Bangun Dunia Pendidikan
Pondok Rumah Anak Yatim Almarkazul Yatama, Harapan Desa Sungai Selan Bangun Dunia Pendidikan
Selasa, 11 Agustus 2020 16:02 WIB
SUNGAI SELAN - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pondok Rumah Anak Yatim
Pra Rakercab PCNU Bateng Gelar Silaturahim dan Konsolidasi Kader
Pra Rakercab PCNU Bateng Gelar Silaturahim dan Konsolidasi Kader
Senin, 10 Agustus 2020 14:30 WIB
KOBA – Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bangka Tengah gelar silaturahmi dalam rangka membangun soliditas dan konsolidasi