Penyusunan APBD Harus Sesuai Permendagri


Penyusunan APBD Harus Sesuai Permendagri

PANGKALANBARU - Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 33 tahun 2017 dikalangan Aparatur Sipil (ASN), terutama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Tim Penyusun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2018 di pandang perlu.

Untuk itulah, Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa (11/7), dalam menyelenggarakan sosialisasi di Hotel Soll Marina.

Kegiatan sehari dan diikuti 125 peserta yang terdiri dari Kepala Bappeda dan Bakuda Provinsi, Kabupaten/Kota se Babel, serta pejabat yang membidangi perencanaan/anggaran OPD di Lingkungan Pemprov Babel beserta staf tersebut, dibuka Gubernur Babel, H. Erzaldi Rosman, yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Babel, KA. Tajuddin, SH.

Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Setda Babel, KA. Tajuddin KA. Tajuddin mengatakan, sesuai arahan pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), untuk memaksimalkan Peran Pemerintah Daerah, diharapkan untuk memberikan Sosialisasi Permendagri Nomor 33 tahun 2017 di wilayah masing-masing.

Sosialisasi itu dilaksanakan dengan harapan terwujud persamaan persepsi dan peningkatan wawasan terkait peraturan yang di maksud, sehingga dalam Penyusunan APBD tahun 2018 benar-benar disusun dengan mempedomani prinsip-prinsip seperti diatur dalam Permendagri tersebut, diantaranya efisiensi, tranparan, tepat waktu, sesuai kebutuhan, taat pada peraturan perundang-undangan, melibatkan partisipasi masyarakat dan tidak melangkahi aturan diatasnya.

Dalam Permendagri tersebut, disampaikan Tajuddin, terdapat poin penegasan yang harus menjadi perhatian Pemda, baik Sinkronisasi Kebijakan Pemerintah Daerah dengan Kebijakan Pemerintah, Prinsip penyusunan APBD, Kebijakan penyusunan APBD, teknis penyusunan APBD, dan hal khusus lainnya.

Dalam kesempatan itu KA. Tajuddin juga mengucapkan terimakasih dan apresiasinya kepada  Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang telah mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2016. Bagi Pemerintah Daerah yang belum mencapainya, diharapkan agar meningkatkan pengelolaan keuangan daerahnya.

Khusus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, kepada Pengguna Anggaran untuk bekerja keras, menertibkan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar di OPD dalam rangka mewujudkan Opini WTP terhadap LKPD Pemprov Babel.

Di penghujung sambutannya, Tajuddin berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya utuk menambah bekal dan wawasan, khususnya dalam penyususnan APBD 2018. Dan dalam penyusunan APBD 2018 itu pula diharapkan dapat disetujui bersama antara Pemda dan DPRD secara tepat waktu dan berkualitas serta mendapat dukungan yang baik dari masyarakat.(rel/wah)





Berikan Komentar

Koba Lainnya
Bupati Ibnu: Pospeda VII Bateng, Ajang Gali Potensi Raih Prestasi
Bupati Ibnu: Pospeda VII Bateng, Ajang Gali Potensi Raih Prestasi
Sabtu, 14 September 2019 22:06 WIB
PANGKALANBARU - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM menghadiri pembukaan pekan olahraga dan seni pesantren daerah
Tiga Hari Dilaporkan Tenggelam, Yono Diketemukan Meninggal Dunia
Tiga Hari Dilaporkan Tenggelam, Yono Diketemukan Meninggal Dunia
Sabtu, 14 September 2019 20:09 WIB
LUBUKBESAR - Setelah dilaporkan hilang tenggelam di kolong Kayuara eks PT Kobatin di Desa Perlang, Kecamatan Lubukbesar, Kabupaten Bangka Tengah
Kembali, Bupati Ibnu Saleh Membuka Diklat Petugas Pengatur Lalulintas
Kembali, Bupati Ibnu Saleh Membuka Diklat Petugas Pengatur Lalulintas
Jum'at, 13 September 2019 15:00 WIB
PANGKALANBARU - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Diklat Petugas Pengatur
Bupati Ibnu Saleh Letakan Batu Pertama AAS
Bupati Ibnu Saleh Letakan Batu Pertama AAS
Jum'at, 13 September 2019 16:00 WIB
SUNGAISELAN - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM meletakkan batu pertama pembangunan Alun-alun Kecamatan Sungaiselan (AAS),